10 Cara Mengatasi Gejala Flu Sebelum Jadi Lebih Parah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 23 September 2019 14:48
10 Cara Mengatasi Gejala Flu Sebelum Jadi Lebih Parah
Flu jadi salah satu penyakit yang paling umum dan sering menyerang siapa saja. Sebelum flu menjadi parah, cob acara mengatasi gejala flu berikut ini.

Dream- Gejala flu hampir serupa dengan batuk dan pilek. Bedanya, flu akan terus berkembang dan menjadi semakin parah jika tak segera diobati. Parahnya lagi, gejala flu datang secara tiba-tiba dan membutuhkan waktu penyembuhan cukup lama.

Walau tidak berbahaya dan wajar terjadi, kondisi tubuh yang terserang flu akan menjadi mudah lelah dan lemas. Akibatnya, aktivitas sehari-hari akan terganggu.

Selain batuk dan pilek, gejala flu juga berupa hidung tersumbat, sering bersin, demam, sakit kepala, nyeri otot, mual, menggigil hingga tidak ada nafsu makan. Apabila tubuh mulai mengalami beberapa gejala flu tersebut, segera lakukan penanganan.

Sebelum gejala flu menyerang dan bertambah parah, penanganan yang tepat sangat diperlukan.

Berikut cara mengatasi gejala flu sebelum flu bertambah menjadi lebih parah.

 

1 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Gejala Flu, Cegah Sebelum Terjadi

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Nasihat tersebut berlaku untuk mengatasi gejala flu jauh sebelum ia menyerang. Cara ampuh mencegah flu ialah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, minum suplemen vitamin, dan rutin melakukan aktivitas fisik.

Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan supaya kekebalan tubuh meningkat, dan risiko terserang flu berkurang.

 Cara Mengatasi Gejala Flu


2. Antisipasi Gejala Flu

Apabila tubuh mulai terserang gejala flu, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengenal gejala yang dialami. Misalnya batuk dan pilek, jangan sepelakan. Segera antisipasi dengan minum obat pereda batuk dan pilek, supaya gejala flu tidak bertambah buruk.

Begitu pula dengan gejala flu lain, seperti kepala pusing dan nyeri otot, segera lakukan penanganan dengan meminum jahe yang hangat, dan istirahat yang cukup.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Gejala Flu dengan Menjaga Kebersihan

3. Menjaga Kebersihan

 Cara Mengatasi Gejala Flu


Ketika sudah merasakan gejala flu, penanganan yang tepat ialah tetap menjaga kebersihan. Penanganan ini dapat mencegah berkembangnya virus penyebab flu. Salah satu caranya yaitu dengan rajin mencuci tangan. Dilansir dari The Healthy, dengan mencuci tangan dapat mengurangi risiko gejala flu berkembang.

4. Jangan Mengonsumsi Antibiotik

Mengonsumsi obat jadi solusi terakhir untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Begitu pula dengan flu, untuk mengurangi gejala flu supaya tidak memburuk. Tapi, perlu diketahui kalau antibiotik tidak disarankan untuk mengobati flu.

Hal ini dikarenakan flu disebabkan oleh virus, dan virus tidak akan hilang dengan antibiotik. Akan lebih baik bila mengonsumsi bahan alami seperti jahe atau kunyit.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Gejala Flu dengan Meredakan Rasa Sakit

5. Meredakan Flu dengan Bahan Alami

Saat terserang gejala flu, kondisi tubuh akan menjadi lemas dan terasa sakit. Untuk meredakan rasa sakit karena batuk atau meriang, kita bisa menggunakan minyak alami untuk memijat bagian tubuh yang sakit. Untuk meredakan batuk, oleskan minyak alami ke leher hingga dada. Minyak alami yang bisa digunakan seperti minyak chamomile, minyak zaitun dan minyak alami lainnya.

6. Istirahat yang Cukup

 Cara Mengatasi Gejala Flu


Setelah semua cara mengatasi gejala flu di atas dilakukan, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Saat tubuh merasa lemas dan tidak bertenaga, perbanyak tidur. Cara ini baik untuk mengistirahatkan tubuh, mengembalikan energi dan mencegah kondisi flu yang semakin memburuk. Selain dengan memperbanyak tidur, mengurangi aktivitas fisik dan memperbanyak istirahat.

Membuat tubuh lelah justru akan menurunkan kekebalan tubuh dan membuat virus penyebab flu bisa berkembang dengan pesat.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Gejala Flu dengan Vitamin dan Makanan

7. Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin secara rutin, terutama vitamin C memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit seperti flu. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin C ya, Sahabat Dream, karena dapat menyebabkan diare.

8. Konsumsi Banyak Makanan Sehat

 Cara Mengatasi Gejala Flu

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperbanyak porsi makan jadi cara yang paling mudah. Namun, akan terasa sulit saat terserang flu. Tantangannya ada di sini, saat terserang gejala flu, nafsu makan akan berkurang dan membuat kekebalan tubuh menurun.

Cara mengatasinya ialah dengan tetap makan dan menambah porsi makanan dengan makanan yang bernutrisi. Perbanyak konsumsi makanan seperti brokoli dan blueberry untuk meningkatkan imunitas tubuh.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Gejala Flu dengan Minuman yang Tepat

9. Perbanyak Konsumsi Air Putih

 Cara Mengatasi Gejala Flu

Minum air putih yang cukup akan membuat tubuh tetap segar dan terhidrasi dengan baik. Begitu pula saat flu, mengonsumsi banyak air putih juga disarankan. Tidak hanya membuat terhidrasi, dengan meminum air putih, gangguan gejala flu seperti lendir di tenggorokan akan lebih mudah dikeluarkan dan membuat tubuh merasa jauh lebih baik.

10. Menghindari Kafein

Saat flu, perbanyak air putih dan hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Kandungan kafein dalam dua minuman ini justru akan membuat tubuh dehidrasi dan membuat gejala flu semakin memburuk dan berkepanjangan.


Tah masih bisa diberikan, namun campur dengan minyak alami atau madu dan jangan gunakan gula tambahan.

(Sah, Sumber: The Healthy)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting