10 Fungsi Ginjal Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui Beserta Cara Kerjanya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 3 September 2020 17:43
10 Fungsi Ginjal Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui Beserta Cara Kerjanya
Sayangi ginjalmu.

Dream – Tubuh tidak bisa berdiri sendiri tanpa organ-organ yang berfungsi dengan sempurna. Salah satunya yang harus menjadi perhatian setiap orang adalah menjaga kesehatan ginjal. Organ kecil di dalam tubuh ini terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang.

Ginjal di dalam tubuh ada dua buah yaitu di bagian kanan dan bagian kiri. Ukuran ginjal sekitar 10 hingga 12 sentimeter atau sebesar kepalan tangan.

Tak hanya itu, ginjal juga merupakan organ dalam yang vital karena fungsinya yang beranekaragam demi kelangsungan hidup manusia, mulai dari menyaring darah hingga membuang racun yang masuk ke dalam tubuh.

Setiap orang perlu menjaga kesehatan ginjalnya dengan memperbanyak minum air putih, olahraga secara rutin, makan makanan yang sehat, dan rutin mengontrol berat badan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang fungsi ginjal bagi tubuh, berikut ini terdapat 10 fungsi ginjal yang berhasil dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 11 halaman

Cara Kerja Ginjal

Ilustrasi© freepik.com

Sebelum membahas fungsi ginjal, kita ketahui terlebih dahulu bagaimana kerja ginjal. Jumlah ginjal ada dua unit, yang mana masing-masing memiliki jutaan unit penyaringan yang disebut nefron. Dilansir dari SehatQ, setiap nefron berisi pembuluh darah halus yang disebut glomerulus yang tersambung ke tubula.

Saat mengalir menuju glomerulus, darah akan disaring dan racun-racun serta cairan sisanya akan tetap mengalir lewat tubula. Nah, di dalam tubula itu cairan sisa darah akan disaring lagi untuk menyerap mineral yang diperlukan oleh tubuh dan membuang racun.

Kemudian tubula akan menambah atau mengurangi air pada sisa saringan sesuai kebutuhan tubuh kita. Produk terakhir dari kerja ginjal adalah urine yang dikeluarkan dari tubuh.

Ginjal bekerja untuk menyaring air dan racun dari 113 hingga 144 liter darah dengan memproduksi 1 hingga 2 liter urine dalam waktu 24 jam. Namun jika tidak dijaga dengan baik, fungsi ginjal bisa mengalami gangguan seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

2 dari 11 halaman

Mengontrol Kadar Gula Darah

Ilustrasi© freepik.com

Dilansir dari merdeka.com, fungsi ginjal yang akan kita ulas pertama kali adalah kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah. Fungsi ini erat kaitannya dengan produksi hormon insulin dan adrenalin di dalam tubuh.

Kedua hormon itu berfungsi untuk menstabilkan kadar gula yang tinggi dan meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.

3 dari 11 halaman

Jaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi© freepik.com

Fungsi ginjal bagi tubuh tidak hanya berkaitan dengan hormon insulin, tapi juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Salah satu fungsi ginjal adalah dapat memproduksi calcitriol atau zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.

Selain itu, ginjal juga memproduksi bentuk aktif vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

4 dari 11 halaman

Menghasilkan Urin

Ilustrasi© freepik.com

Menghasilkan urin adalah fungsi ginjal yang sudah umum dan banyak diketahui orang. Urin terdiri dari air, urea, dan ammonia.

Urin mengandung zat dan senyawa buangan yang sudah tidak berguna lagi oleh tubuh, sehingga harus dikeluarkan dari tubuh.

Demi menjaga kelancaran sekresi tubuh maka kamu perlu menjaga kesehatan ginjalmu dengan rutin berolahraga dan perbanyak minum air putih.

5 dari 11 halaman

Kontrol Tekanan Darah

Ilustrasi© freepik.com

Ginjal akan menghasilkan dua hormon bernama renin dan angiotensin. Kedua hormon itu berfungsi untuk mengatur tingkat keregangan dan kontraksi pembuluh darah dalam tubuh.

Fungsi kedua hormon ini juga sangat berkaitan dengan tekanan darah di dalam tubuh.

Memerhatikan fungsi ginjal adalah cara tepat untuk menjaga fungsinya supaya bisa menjaga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

6 dari 11 halaman

Mengontrol Jumlah Air

Semakin banyak jumlah air di dalam tubuh akan semakin baik. Ternyata tidak selamanya demikian, Sahabat Dream.

Jumlah air di dalam tubuh tetap akan disesuaikan dengan kebutuhan. Kebanyakan jumlah air di dalam tubuh justru akan memengaruhi konsentrasi darah.

Dalam hal ini fungsi ginjal adalah osmoregulasi yaitu membuang kelebihan air dengan cara mengeluarkannya dalam bentuk urin.

7 dari 11 halaman

Mendaur Ulang Zat Pada Tubuh

Fungsi ginjal bagi tubuh yang perlu kamu ketahui juga adalah kemampuannya untuk mendaur ulang zat yang ada di dalam tubuh kita.

Terdapat banyak zat yang perlu didaur ulang oleh ginjal seperti glukosa, asam amino, dan garam. Apabila zat-zat tersebut sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh, maka zat itu akan dibuang bersama urin yang keluar saat sekresi.

Akan tetapi apabila zat tersebut masih dibutuhkan maka langsung diedarkan bersama dengan darah. Hal ini menunjukkan betapa vitalnya fungsi ginjal bagi tubuh.

8 dari 11 halaman

Mengontrol Kadar Asam dan Basa

Kesehatan ginjal perlu dijaga supaya ia bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga keseimbangan tubuh bisa tetap terjaga dan berjalan semestinya.

Maka dari itu fungsi ginjal yang selanjutnya adalah mengontrol kadar asam dan basa di dalam tubuh.

Di saat kadar salah satunya melebihi batas normal, maka fungsi ginjal adalah membuangnya bersama dengan keluarnya urin.

9 dari 11 halaman

Merangsang Terbentuknya Sel Darah Merah

Ilustrasi© freepik.com

Fungsi ginjal yang tak kalah pentingnya adalah kemampuannya untuk merangsang terbentuknya sel darah merah. Sebab ginjal mampu memproduksi hormon eritropoietin. Hormon tersebut berfungsi merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.

10 dari 11 halaman

Menyaring Darah

Fungsi ginjal yang sudah diketahui banyak orang adalah dalam hal penyaringan darah. Ginjal bekerja untuk menyaring darah dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh ketika kita mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari.

Darah terlebih dahulu disaring di dalam ginjal tepatnya pada bagian nefron kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Sementara itu sisanya akan dibuang bersamaan dengan urin.

11 dari 11 halaman

Mengontrol Kadar Kalium dalam Darah

Ilustrasi© freepik.com

Jumlah kalium yang terlalu tinggi atau rendah tidak baik bagi kesehatan tubuh.  Ketika jumlah kalium terlalu tinggi maka tubuh akan mengalami sebuah kondisi yang disebut hiperkalemia yang dapat menyebabkan kerja otot jantung melambat, hingga berujung kematian.

Namun jika kadar kalium terlalu rendah, otot di dalam tubuh akan melemah sehingga tubuh akan rentan mengalami kelelahan. Sehingga fungsi ginjal dalam hal ini adalah mengontrol kadar kalium di dalam darah supaya seimbang sehingga tubuh bisa bekerja dengan baik.

Beri Komentar