10 Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Reporter : Arini Saadah
Minggu, 5 Desember 2021 08:01
10 Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari
Banyak orang menyukai daging sapi karena selain nikmat, daging sapi juga kaya manfaat.

Dream - Sumber pangan hewani yang memiliki segudang manfaat, sebagai asupan protein. Salah satunya dari daging sapi.

Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas yang terbuat dari daging sapi, seperti rendang yang sudah mendunia. Selain itu, dendeng, sate sapi, semur daging sapi, dan sup iga menjadi varian masakan yang memiliki banyak penggemar dan sering ditemui di berbagai restoran di Indonesia.

Banyak orang menyukai daging sapi karena selain nikmat, daging sapi juga kaya manfaat, seperti memperkuat massa otot dan memperkuat massa tulang.

Mengonsumsi daging sapi sangat bermanfaat jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jika tidak dikontrol, terlalu banyak makan daging sapi malah berakibat buruk bagi tubuh. Terutama karena kandungan kolesterolnya yang terbilang tinggi.

Agar mendapatkan manfaat dari daging sapi, kamu juga harus memperhatikan cara memasaknya. Menggoreng daging sapi dengan minyak akan membahayakan untuk tubuh.

Kali ini Dream akan mengulas tentang manfaat daging sapi bagi kesehatan yang jarang disadari, dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Menguatkan Massa Otot

Manfaat daging sapi yang pertama adalah mampu menguatkan massa otot. Dengan mengonsumsi daging sapi sesuai anjuran, kamu akan mendapatkan massa otot yang diinginkan. Hal ini dikarenakan daging sapi memiliki senyawa yang terbentuk dari banyak asam amino.

Senyawa tersebut dapat merangsang dan meningkatkan serat otot, membuatnya lebih kuat, dan memperbaiki sel dan jaringan otot itu sendiri. Asam amino tidak hanya dapat membangun massa otot, namun juga memberikan nutrisi yang sangat menyehatkan bagi kulit, rambut, dan kuku.

BEEF UP! Chef Marco Braun Siap Unjuk Skill Masak Rendang di Indonesian Meat Cuis© MEN

2. Mengurangi Risiko Terkena Diabetes

Ternyata manfaat daging sapi bisa membantu mengurangi risiko diabetes, lho. Manfaat ini berasal dari fungsi daging sapi yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Fungsi ini berasal dari kandungan asam linoleat terkonjugasi daging sapi.

Daging sapi juga mengandung L-carnitine. Menurut penelitian, asupan L-carnitine membantu memperbaiki kadar glukosa. Termasuk profil kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes tipe 2.

2 dari 5 halaman

3. Memberi Tambahan Energi

Ilustrasi© Pexels.com

Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin sesuai porsi yang tepat, dan dengan pengolahan sehat akan memberikan tambahan energi yang membuat hari kamu menjadi lebih produktif.

Nutrisi yang terkandung di dalam daging sapi seperti vitamin B dan B12, yang menjaga aliran sel darah merah dan saraf Anda agar tetap aktif dan sehat.

Daging sapi juga mengandung niacin yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan vitamin B6, serta riboflavin nutrisi yang dapat mengubah makanan Anda menjadi energi.

4. Menguatkan Tulang

Sumber fosfor yang baik untuk memperkuat tulang dan gigi salah satunya datang dari daging sapi. Pembentukan tulang sangat dibantu dengan mengonsumsi daging sapi.

Jika kamu masih muda dianjurkan memasukkan daging sapi ke daftar makanan agar tulang dan gigi terbentuk dengan sempurna dan membuatnya lebih kuat.

3 dari 5 halaman

5. Mencegah Kelelahan

Zat besi yang terkandung di dalam daging sapi sangat membantu tubuh untuk mengurangi kelelahan. Zat besi yang berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal tersebut berarti makin banyak zat besi yang didapat, makin banyak oksigen yang dibawa ke semua sel dan otot tubuh di seluruh tubuh.

Pada akhirnya mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi yang lebih, dan menjauhkan kita dari kelelahan. Zat besi dari daging sapi juga merupakan sumber makanan yang baik untuk pasien anemia karena meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

6. Cegah Penyakit Jantung

Daging merah merupakan sumber asam lemak DHA dan Lipid yang sangat berguna untuk mengurangi risiko seseorang terkena penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Mengonsumsi daging sapi yang kaya lemak trans dan vitamin B12 itu juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan kardiovaskular lainnya, serta menjaga jantung agar tetap sehat. Jika ingin jantungmu kuat dan sehat, konsumsilah daging sapi sesuai kebutuhan ya.

4 dari 5 halaman

7. Mengatasi Anemia

Ilustrasi© Unsplash.com

Anemia merupakan masalah yang kerap dikeluhkan oleh para wanita. Penyakit ini bisa ditangani dengan mengonsumsi daging sapi. Anemia ialah kondisi ketika terjadi penurunan jumlah sel darah merah, kemudian berkurangnya kemampuan darah dalam membawa oksigen.

Kekurangan zat besi merupakan satu di antara penyebab paling umum dari anemia. Pengidapnya akan mengalami kelelahan dan kelemahan. Sementara daging sapi adalah sumber zat besi yang cukup kaya dan efektif untuk meningkatkan produksi hemoglobin darah.

8. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Manfaat daging sapi jika dikonsumsi sewajarnya bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan fondasi yang sangat penting agar tubuh tidak mudah dimasuki virus dan bakteri, yang membawa penyakit.

Kandungan seng dalam daging sapi berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan itu juga bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat serta mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

5 dari 5 halaman

9. Menjaga Berat Badan

Manfaat daging sapi yang tak kalah penting adalah mampu menjaga berat badan. Mengonsumsi daging sapi yang tidak berlebihan dapat membantu kamu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Meski daging sapi mengandung kolesterol yang tinggi, kandungan lainnya, seperti inoleat terkonjugasi dan L-carnitine, dipercaya oleh berbagai peneliti sebagai pembantu tubuh agar berat badan tetap stabil.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat daging sapi yang jarang disadari adalah kemampuannya yang baik untuk kesehatan mata. Sumber vitamin A biasanya identik dengan wortel. Padahal, kandungan vitamin A juga bisa diperoleh dari hati sapi juga lho. Selain itu, ada pula zat besi, zinc, tembaga yang merupakan mineral penting bagi mata.

Laporan klinis menunjukkan suplemen vitamin dan mineral tersebut dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia hingga sebesar 25 persen. Artinya kamu bisa mengonsumsi hati sapi untuk mendapatkan manfaat setara suplemen vitamin A. (mut)

Beri Komentar