10 Manfaat Melakukan Senam Irama yang Penting untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental

Reporter : Arini Saadah
Senin, 6 Desember 2021 12:35
10 Manfaat Melakukan Senam Irama yang Penting untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental
Senam irama selalu diawali dari pemanasan, gerakan inti, dan diakhiri dengan gerakan pendinginan.

Dream - Apa manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh manusia? Pertanyaan ini umum dilontarkan mengingat sudah banyak masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya menjaga olahraga. Senam irama merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan karena diiringi musik atau irama dalam setiap gerakannya.

Cabang olahraga satu ini cukup populer di kalangan banyak orang. Mulai dari anak sekolah kanak-kanak, SD, hingga pekerja kantoran, dan pegawai rumah sakit, menjadikan senam irama sebagai aktivitas rutin seminggu sekali.

Senam irama ini rupanya digagas oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18. Lalu, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau, mengembangkan gerakan senam irama hingga jadilah senam irama yang kita kenal sekarang.

Senam irama selalu terdiri dari pemanasan, gerakan inti, dan diakhiri dengan gerakan pendinginan. Adapun unsur-unsur yang ada dalam senam irama ialah keluwesan, gerakan, dan ketepatan irama. Gerakan senam irama tidak hanya dapat membuat otot lebih luwes, tetapi juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Lantas apa manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh kita? Ternyata di balik keriangan yang dihasilkan dari aktivitas senam irama, terdapat manfaat senam irama terhadap kesehatan fisik maupun mental.

Kali ini Dream berhasil merangkum dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan apa manfaat melakukan senam irama bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat melakukan senam irama yang pertama dan penting untuk diketahui adalah mampu mengoptimalkan fungsi otak. Manfaat senam irama juga bisa membantu merawat kinerja otak agar berfungsi maksimal. Gerakan senam irama yang diiringi alunan musik dianggap efektif menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol.

Kedua hormon tersebut merupakan penyebab utama timbulnya stres. Dengan melakukan senam irama, hormon stres itu kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin. Selain itu, Sahabat Dream juga dapat terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

2. Perbaiki Bentuk Fisik

Manfaat melakukan senam irama yang selanjutnya bagi kesehatan tubuh kita adalah mampu memperbaiki bentuk fisik. Senam irama bisa mengencangkan otot tubuh, khususnya di bagian lengan, perut pinggul, dan paha. Dengan demikian, rutin menjalankan senam irama akan menghasilkan bentuk tubuh yang proporsional.

2 dari 5 halaman

3. Jaga Kesehatan Tulang

Selain jaga bentuk tubuh, manfaat melakukan senam irama juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang kamu, lho. Saat melakukan gerakan senam irama, kamu akan bertumpu sendiri guna menopang beban tubuh. Secara tak langung, hal ini membantu tulang tetap bugar dan mencegah kerapuhan.

4. Menguatkan Otot

Manfaat melakukan senam irama yang tak kalah penting adalah kemampuannya menguatkan otot. Ketika kamu rutin melakukan senam irama, otot-otot tubuh kamu jadi lebih lentur dan kuat. Ketika otot menjadi lentur dan kuat, mampu meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat. Jadi kamu tidak takut mengalami cedera otot saat beraktivitas berat.

 

3 dari 5 halaman

5. Memperbaiki Keseimbangan Fisik

Selai menjaga betuk fisik agar tetap ideal, manfaat melakukan senam irama juga mampu memperbaiki keseimbangan fisik kamu lho, Sahabat Dream. Hal ini lantaran setiap gerakan yang diciptakan oleh senam irama memiliki struktur yang konsisten, di mana memberikan dampak pada peningkatan keseimbangan tubuh.

6. Terhindar dari Cedera

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat melakukan senam irama berkaitan dengan kelenturan dan kekuatan otot. Semakin sering kamu melakukan senam irama, maka semakin kuat pula ototmu. Alhasil tubuhmu semakin lentur dan terbukti memiliki risiko rendah mengalami cedera meski melakukan aktivitas berat.

4 dari 5 halaman

7. Bantu Membakar Kalori

Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat melakukan senam irama dengan gerakannya yang menyenangkan ternyata juga dapat membantu membakar kalori tubuh. Setiap gerakannya membutuhkan keluwesan, keseimbangan fisik, serta kelincahan agar sesuai dengan irama lagu yang mengiringinya.

Saat melakukan senam irama, fisik selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari gerakan senam satu ke gerakan senam lainnya. Pesenam berpotensi menjadi memliki berat badan yang ideal jika melakukan rutinitas yang teratur.

8. Mengatasi Stres

Manfaat melakukan senam irama juga baik untuk menjaga kesehatan mental kamu lho. Sebab melakukan senam irama bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi stres. Penyebab stres cukup beragam, mulai karena urusan pekerjaan, keluarga, asmara, dan sebagainya. Jika stres berlarut-larut dan tidak diatasi, maka bisa menimbulkan terganggunya kesehatan fisik yang serius.

Ketika kamu melakukan senam irama, kamu akan mendapatkan suasana riang dan penuh energi sehingga stres yang dialami mereda. Tunggu apa lagi? Saat stres, lebih kamu segera melakukan senam irama agar otak kembali fresh.

5 dari 5 halaman

9. Jaga Kesehatan Jantung

Senam irama denga gerakannya yang mengikuti alunan musik berdampak baik bagi kesehatan jantung. Hal ini karena gerakan senam irama yang seimbang antara pelan dan cepat.

Jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan senam lincah, dan sebaliknya. Itulah mengapa, biasanya orang yang melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial akan memiliki kesehatan jantung yang baik.

10. Membiasakan Diri Hidup Sehat

Senam irama biasanya sudah dilakukan sejak kita masih duduk di bangku sekolah. Kebiasaan ini sebenarnya sangat baik untuk diteruskan hingga kapanpun. Karena senam irama merupakan salah satu dari penerapan hidup sehat. Terlibat sejak dini dalam senam irama membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

Beri Komentar