11 Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 12 November 2019 11:51
11 Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini Secara Alami
11 Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini Secara Alami

Dream - Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh sebagian besar wanita adalah kanker payudara. Penyakit ini merupakah jenis penyakit yang menyumbang angka kematian cukup besar di Indonesia.

Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker yang cukup ganas karena dapat menyebabkan kematian. Namun tidak hanya wanita saja yang memiliki kemungkinan terkena kanker payudara, tapi pria juga memiliki kemungkinan yang sama.

Banyak faktor yang dapat mejadi penyebab kanker payudara. Faktor itu yakni faktor keturunan atau genetik, faktor usia, faktor kehamilan, dan lain sebagainya.

Untuk itu kita harus mulai waspada dan mengenali penyakit ini agar dapat mencegah kanker payudara.

Berikut rekomendasi cara mencegah kanker payudara sejak dini secara alami: 

1 dari 4 halaman

Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Menjaga kesehatan tubuh tidak bisa kita lakukan hanya saat tubuh kita sudah mengalami sakit. Seperti penyakit lainnya, penyakit kanker payudara juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk itu berikut kami berikan cara mencegah penyakit kanker payudara yang bisa kamu lakukan!

Olahraga

 Rutinitas Perawatan Kulit Sebelum & Setelah Berolahraga

Cara mencegah kanker payudara dapat kamu mulai dengan membiasakan berolahraga. Olahraga adalah kegiatan yang dapat mengurangi risiko munculnya penyakit kanker payudara pada tubuhmu.

Lakukan olahraga secara rutin selama 2 jam 30 menit setiap minggu agar tubuhmu lebih sehat dan kebal terhadap penyakit. 

Hindari minuman alkohol

Cara mencegah kanker payudara dapat kamu mulai dengan menghindari mengonsumsi minuman beralkohol.

Minuman beralkohol dapat mengubah jumlah hormon di tubuhmu sehingga risiko kanker payudara akan semakin meningkat. Untuk itu mulai sekarang kamu harus berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. 

Menjaga pola makan

Cara mencegah kanker payudara dapat kamu mulai dengan menjaga pola makan. Penyakit dapat datang dari apa yang kita konsumsi. Dengan menjaga pola makan sehat, kamu dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini

Saat ini para wanita dan pria harus memahami bahaya dari kanker payudara. Penyakit ini merupakan jenis penyakit mematikan yang dapat dicegah bila kita telah membekali diri kita sejak dini dengan pengetahuan tentang hal tersebut.

Untuk itu berikut kami berikan cara mencegah kanker payudara sejak diri yang bisa kamu lakukan!

Menjaga berat badan

 Mengapa Berat Badan Lebih Mudah Turun Saat Mulai Diet?

Cara mencegah kanker payudara sejak dini dapat kamu lakukan dengan menjaga berat badan. Beberapa orang seringkali mengabaikan berat badan mereka.

Padahal hal ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan terutama bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Orang dengan obesitas memiliki kemungkinan tinggi untuk terkena kanker payudara. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga berat badan kita mulai dari sekarang. 

Menghindari paparan radiasi

Cara mencegah kanker payudara sejak dini adalah dengan menghindari paparan radiasi. Paparan radiasi dapat menjadi penyebab penyakit kanker payudara.

Jenis aktivitas yang dapat membuat kita terpapar radiasi berlebihan adalah pemeriksaan CT Scan, bekerja di fasilitas kesehatan, terkena asap kendaraan, dan terkena bahan kimia berbahaya.

Berhenti merokok

Cara mencegah kanker payudara sejak dini dapat kamu lakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Selain dapat membahayakan pernapasan, merokok juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara pada tubuhmu. Untuk itu segeralah berhenti merokok agar tubuhmu menjadi lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Alami

Mencegah kanker payudara dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Kamu dapat mengubah gaya hidup sekaligus mencari metode secara alami. Untuk itu berikut kami rekomendasikan cara mencegah kanker payudara secara alami yang bisa kamu lakukan!

Mengonsumsi buah-buahan

 1.	Jenis Buah: Apel

Cara mencegah kanker payudara secara alami dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi buah buahan. Kandungan vitamin pada buah-buahan dapat membantu menyehatkan tubuhmu.

Tentunya dengan tubuh yang sehat maka kamu juga akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. 

Mengonsumsi sayuran

Cara mencegah kanker payudara secara alami dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi sayuran. Sudah bukan rahasia lagi jika sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Sayuran memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pemicu kanker payudara. Untuk itu mulai sekarang kamu harus membiasakan mengonsumsi sayur setiap hari.

4 dari 4 halaman

Cara Alami Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Namun rasa takut tidak akan ada artinya jika kamu tidak segera mengantisipasi penyakit kanker payudara dengan segera.

Untuk itu berikut kami rekomendasikan cara alami mencegah kanker payudara yang bisa kamu lakukan!

Memilih makanan sehat

 Coba 10 Makanan Sehat Ini, Ampuh Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Cara alami mencegah kanker payudara adalah dengan memilih makanan sehat. Kamu harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh melalui buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan untuk menghindari resiko kanker payudara.

Hindari konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan. Mulailah membiasakan diri untuk memilih makanan sehat agar terhindar dari penyakit kanker payudara.

Menyusui bayi

Cara alami mencegah kanker payudara bagi ibu yang telah memiliki bayi adalah dengan menyusui bayi dengan teratur.

Menyusui diduga dapat menyeimbangkan hormon, mencegah zat pemicu kanker, dan kerusakan sel payudara. Sehingga dengan menyusui maka ibu akan terhindar dari resiko kanker payudara. 

Membatasi terapi hormon

Cara alami mencegah kanker payudara adalah dengan membatasi terapi hormon. Terapi hormon yang dilakukan oleh wanita biasanya bersifat jangka panjang.

Sehingga terapi hormon dapat memicu resiko kanker payudara pada wanita. Untuk itu sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter agar kadar hormon dapat dikurangi. 

(ism, Laporan: Audila Rima Ndani)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara