11 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Ibu Hamil

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 19 Desember 2019 11:41
11 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Ibu Hamil
Dibalik rasanya yang manis dan enak, buah sirsak menyimpan banyak manfaat baikuntuk tubuh.

Dream - Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat. Disamping memiliki banyak khasiat, buah-buahan memiliki rasa yang manis dan enak sehingga banyak yang menyukainya.

Salah satu buah yang memiliki banyak khasiat sertanya rasanya yang enak adalah buah sirsak. Buah yang memiliki permukaan hijau berduri dengan daging berwarna putih ini memiliki banyak manfaat.

Disamping itu, rasanya yang manis dan juga asam membuat banyak orang menykainya. Maka tidak ada alasan lagi jika kamu tidak mau mengonsumsi buah tersebut.

Bermacam-macam manfaat bisa kamu dapatkan pada buah sirsak. Berikut ini adalah 11 manfaat buah sirsak untuk kesehatan ibu hamil.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

 © Dream

Buah sirsak memiliki banyak khasiat dalam kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan pertama yaitu dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah sirsak mampu membunuh kanker dengan cara memasuki metabolisme sel kanker.

Kemudian menghentikan perkembangan sel kanker tersebut secara total. Jus sirsak dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada kulit pasien yang menderita penyakit kanker payudara. Tentunya tanpa merusak jaringan payudara yang masih sehat.

Kesehatan pencernaan

Salah satu manfaat buah sirsak untuk kesehatan yaitu dapat menjaga kesehatan pencernaan. Tiap 100 gram daging sirsak mengandung 3,3 gram serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Dengan kandungan seratnya mampu melancarkan pencernaan dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah sirsak mampu mencegah penyakit akibat serangan virus sperti flu, herpes dan lainnya. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah sirsak mampu meminimalkan resiko terkena flu. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara rutin dipercaya mampu memperbaikin sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Memperkuat tulang

Manfaat buah sirsak juga dapat memperkuat tulang. Dalam buah sirsak terdapat mineral kalsium dan fosfor yang mampu mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Buah ini juga sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami menopause. Hal ini adalah cara terbaik untuk melindungi tulang dari penipisan estrogen.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

 © MEN

Buah sirsak juga memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil.

Merangsang produksi ASI

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang pertama yaitu dapat merangsang produksi ASI. Jika kamu ingin langsung bisa memperoleh kolostrum dari ASI yang keluar pertama kali, maka mengonsumsi buah sirsak adalah pilihan yang tepat.

Mencegah mual di awal kehamilan

Manfaat buah sirsak juga bisa mencegah mual di awal kehamilan. Rasa amas manis yang dimiliki oleh buah sirsak dapat merangsang produksi air liur sehingga rasa mual akan hilang setelah meminumnya.

Mengatasi sembelit saat kehamilan

Ibu hamil biasanya mengalami konstipasi atau sembelit terlebih ketika sudah memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga. Salah satu manfaat buah sirsak yaitu dapat mengatasi masalah tersebut. Sesekali makan buah sirsak karena baik untuk merangsang sistem pencernaan agar bisa bekerja lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kolesterol

 © MEN

Tidak hanya buah sirsak yang bermanfaat bagi kesehatan. Daun buah sirsak juga tidak kalah berkhasiat, terutama untuk mengobati kolesterol. Caranya pun juga sangat mudah, kamu tinggal meminum air rebusan daun sirsak.

Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Sirsak untuk Kecantikan

 © Dream

Tidak hanya untuk kesehatan saja, buah sirsak juga berkhasiat untuk kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan.

Melawan tanda penuaan

Buah sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan itu berfungsi antioksidan dalam tubuh kita yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan pigmentasi pada kulit.

Menyembuhkan gangguan pada kulit

Manfaat buah sirsak juga dapat menyembuhkan gangguan pada kulit. Daun sirsak memiliki kualitas penyembuhan yang efektif, karena itu cocok digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Jika kamu menempelkan daun sirsak segar pada kulit yang bermasalah, maka penyakit kulit akan lebih cepat sembuh.

Mencegah rambut rontok

Sirsak, dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rajin mengonsunsi buah sirsak akan menjadikan rambut lebih sehat dan kuat.

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar