12 Manfaat Madu Hitam Asli untuk Wajah dan Kecantikan

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 16 Desember 2019 11:13
12 Manfaat Madu Hitam Asli untuk Wajah dan Kecantikan
12 Manfaat Madu Hitam dan Asli untuk Wajah dan Kecantikan

Dream - Siapa yang tidak pernah mencicipi manisnya madu? Semua orang pasti pernah mengetahui bahan alami satu ini.

Madu berasal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Kandungan monosakarida fruktosa dan glukosa membuat madu memiliki rasa manis yang khas.

Selain itu madu juga mengandung chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin yang berperan sebagai antioksidan.

Madu adalah salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk merawat tubuh dan menjaga kesehatan. Selain diolah menjadi produk perawatan dan kesehatan, madu juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi.

Penasaran dengan manfaat madu lainnya? Berikut kami berikan informasi manfaat madu untuk kamu:

1 dari 4 halaman

Manfaat Madu untuk Wajah

Ingin mengatasi masalah wajah yang sering mengganggu penampilanmu? Kamu bisa memanfaatkan madu sebagai solusinya! Berikut kami berikan manfaat madu untuk wajah!


Mengatasi Jerawat Batu

 

 Cara Mengempeskan Jerawat Batu dan Meradang dalam 1 Malam© MEN

Manfaat madu untuk wajah adalah dapat membantu mengatasi jerawat batu. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Siapkan 2 sdm madu
- Siapkan kunyit secukupnya
- Siapkan jeruk nipis
- Tumbuk kunyit hingga halus
- Tambahkan jeruk nipis
- Campurkan 2 sdm madu yang telah disiapkan
- Aduk hingga rata dan berubah menjadi pasta
- Aplikasikan pada wajah sebagai masker
- Biarkan selama 10 menit
- Bilas wajah dengan air bersih

 

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat madu untuk wajah adalah dapat membantu mengatasi kulit kering. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Lakukan cara ini sebelum kamu mandi
- Siapkan madu
- Aplikasikan madu pada bagian wajah secara merata
- Diamkan selama 5-10 menit
- Bilas dengan air bersih
- Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal

 

Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Manfaat madu untuk wajah adalah mampu menghilangkan bekas luka di wajah. Antioksidan dan antibakteri pada madu dapat efektif membantu memulihkan bekas luka hitam pada wajah. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Siapkan madu
- Cuci wajah terlebih dahulu
- Letakkan handuk panas pada wajah agar pori-pori dapat terbuka
- Aplikasikan madu pada wajah terutama pada bagian bekas luka yang hitam
- Diamkan selama 10 menit
- Bersihkan dengan air

2 dari 4 halaman

Manfaat Madu Hitam

Madu hitam adalah madu yang diambil dari bunga mahoni. Madu ini cenderung memiliki rasa yang pahit jika dibandingkan dengan madu yang selama ini kita ketahui. Namun madu hitam memiliki manfaat bagi tubuh loh! Penasaran? Berikut kami berikan manfaat mau hitam!

 

Mengobati Maag

 Waspadai 6 Tanda Sakit Perut Tak Normal, Bukan Soal Pencernaan Saja!© MEN

Manfaat madu hitam adalah sebagai bahan alami untuk mengobati maag. Madu hitam dapat membantu meredakan gejala sakit maag seperti rasa mual dan nyeri pada perut.

Kandungan antibiotik dalam madu hitam bermanfaat untuk mengurangi gejala tukak lambung. Konsultasikan dengan dokter jika kamu ingin mencobanya.

 

Mengatasi Diabetes

Manfaat madu hitam adalah sebagai bahan alami untuk mengatasi diabetes. Madu ini memiliki kandungan alkaloid yang baik dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

Selain itu madu hitam juga memiliki kandungan glukosa yang rendah sehingga mengonsumsi madu hitam kemungkinan tidak menyebabkan kenaikan gula darah. Sebelum menggunakannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

 

Meredakan Batuk

Manfaat madu hitam adalah untuk meredakan batuk. Madu hitam baik untuk mengurangi gejala batuk. Namun sebaiknya kamu juga mengonsumsi obat batuk untuk penyembuhan secara maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Masker Madu

Selain untuk dikonsumsi secara langsung, madu juga bisa kamu gunakan sebagai masker wajah loh! Penasaran manfaat apa saja yang bisa diberikan masker madu? Berikut kami berikan manfaat madu sebagai masker!

 

Mengencangkan Kulit Wajah

 Riasan Wajah ke Kampus, Simpel & Flawless© MEN

Manfaat madu sebagai masker adalah untuk mengencangkan kulit wajah. adu dapat menjadi pelembab alami yang berfungsi untuk melakukan regenerasi kulit dan membuat wajah lebih kencang. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan 1 sdm madu
- Aplikasikan pada wajah secara merata sebagai masker
- Biarkan selama 30 menit
- Bersihkan dengan air

 

Mengatasi Masalah Pori-Pori

Manfaat madu sebagai masker adalah untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah. Kandungan antioksidan pada madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori wajah. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan 1 sdm madu
- Aplikasikan pada wajah sebagai masker
- Biarkan selama 30 menit
- Bersihkan wajah dengan air

 

Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat madu sebagai masker adalah untuk menghilangkan jerawat. Madu mengandung antibiotik yang dapat memudarkan bekas jerawat. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

- Siapkan madu
- Aplikasikan pada bekas jerawat
- Diamkan hingga madu mengering
- Bersihkan dengan air bersih

4 dari 4 halaman

Manfaat Madu Asli

Mengonsumsi madu asli tentunya akan lebih memberikan banyak manfaat dari pada mengonsumsi madu yang telah diolah. Banyak manfaat madu asli yang baik untuk kesehatan. Penasaran dengan manfaat madu asli? Berikut kami berikan informasinya!

 

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

 Olahraga bahu© Shutterstock

Manfaat madu asli adalah untuk memperkuat sistem kekebalah tubuh. Jika kamu ingin menjaga kesehatan tubuhmu maka kamu harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Mengonsumsi madu asli dapat meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh. Selain itu madu juga dapat melawan bakteri yang dapat menyerang tubuh.

 

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat madu asli adalah untuk menurunkan berat badan. Madu banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu bisa mengonsumsi madu secara rutin untuk melengkapi program dietmu. Madu dapat membuat pembakaran lemak menjadi lebih efektif.

 

Mencegah penyakit Jantung

Manfaat madu asli adalah untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada madu dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu madu juga bisa mencegah terbentuknya gumpalan darah sehingga kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.


(Laporan: Audila Rima Ndani/Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar