13 Manfaat Jambu Bol atau Jamaika untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 26 Januari 2022 12:35
13 Manfaat Jambu Bol atau Jamaika untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan
Jambu bol mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Dream - Jambu bol alias jambu jamaika sekilas mirip jambu air namun ukurannya lebih besar. Kulit buah jambu bol berwarna merah segar, ada pula sebagian jenisnya yang berwarna putih dan merah muda.

Pemilik nama latin Syzygium malaccense ini tidak memiliki rasa manis seperti halnya jambu air. Rasa jambu jamaika cenderung hambar dan kering.

Namun demikian, manfaat jambu bol untuk kesehatan sangatlah penting untuk diketahui. Manfaat jambu jamaika bisa diperoleh dengan mengonsumsi secara langsung atau diolah menjadi rujak buah dan selai.

Manfaat jambu bol untuk kesehatan diperoleh dari kandungan nutrisinya yang banyak. Jambu yang satu ini mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Jambu bol mengandung protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, B2, B3, C dan lainnya. Kandungan gula pada jambu bol juga tidak tergolong tinggi. Sehingga jambu ini diklaim cocok untuk mengontrol gula darah dan mencegah diabetes.

Agar kamu lebih tahu manfaat jambu bol untuk kesehatan lainnya, simak ulasannya berikut ini dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan

Ilustrasi© Shutterstock.com

1. Menyehatkan Indera Penglihatan

Manfaat jambu bol untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya sangat baik untuk mata. Apalagi jika terlalu sering menatap layar gadget, mata cenderung akan lelah dan tegang. Dengan mengonsumsi vitamin A yang banyak, mata kamu akan terjaga kesehatannya dan membuat penglihatan menjadi lebih jelas.

2. Mengobati Disentri

Manfaat jambu bol untuk kesehatan yang kedua adalah bisa mengobati disentri. Disentri merupakan infeksi pada usus yang menyebabkan diare berair disertai darah atau lendir. Disentri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit, dimana kondisi ini sangat menular dan dapat menyebabkan komplikasi.

Jika tidak mau menggunakan produk kimia, Sahabat Dream bisa mengonsumsi obat alami salah satunya adalah jambu jamaika.

3. Cegah Diabetes

Manfaat jambul bol untuk kesehatan didapat karena rendah gula sehingga mampu mencegah diabetes. Meskipun rendah gula, namun jambu bol masih bisa mencukupi kebutuhan gula harianmu. Sehingga kebutuhan gula dalam tubuh akan tetap terpenuhi sehingga kadar gula darah tetap stabil.

2 dari 5 halaman

4. Bagus untuk Kulit

Manfaat jambu bol juga bagus untuk melembutkan kulit secara alami. Kandungan vitamin C dan A serta ineral pada jambu bol berperan menghindarkan tubuh dari penuaan dini dan penyakit kulit, seperti kanker kulit.

5. Menurunkan Demam

Manfaat jambu bol untuk kesehatan bisa menurunkan demam. Seduh jambu bol yang sudah diiris tipis ke dalam air panas. Saat badanmu sedang demam, minumlah air seduhan tersebut secara berkala. Cara ini dipercaya ampuh mengatasi demam.

6. Menguatkan Tulang

Manfaat jambu bol untuk kesehatan yang tak kalah penting untuk diketahui adalah kemampuannya menguatkan tulang. Per 100 gram Jjambu bol mengandung zat bezi 0,2-0,82 mg yang bermanfaat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Sering mengonsumsi jambu ini juga mencegah tubuh dari penyakit osteoporosis.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan

Ilustrasi© Freepik.com

7. Mengatasi Sembelit

Tak hanya mengobati disentri seperti yang telah dijelaskan di atas, manfaat jambu bol untuk kesehatan juga dipercaya bisa mengatasi sembelit. Kandungan serat di dalamnya berperan melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Pencernaan yang lancar membuat tubuh terhindari dari penyakit seperti konstipasi (sembelit).

8. Baik untuk Kesehatan Mulut

Manfaat jambu bol selanjutnya adalah bisa membunuh kuman di mulut penyebab penyakit. Masalah mulut seperti gusi bengkak, sariawan, dan luka bisa disembuhkan dengan mengonsumsi vitamin C. Nah, jambu jamaika ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk menangkal bakteri dan kuman penyebab penyakit mulut tersebut.

9. Membantu Program Diet

Manfaat jambu bol untuk kesehatan didapatkan karena kandungan kalorinya yang rendah, sehingga bagus untuk camilan ketika sedang diet. Meskipun kalorinya rendah, namun buah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jadi meskipun sedang diet, kamu masih bisa ngemil sehat di sela-sela waktu makan utama dengan mengonsumsi jambu yang satu ini.

4 dari 5 halaman

10. Cegah Tanda Penuaan Dini

Manfaat jambu bol juga bagus untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini yang paling ditakutkan oleh para wanita. Dikutip dari Mayo Clinic, cara memperlambat penuaan yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, makanan berserat tinggi, dan protein tanpa lemak.

Sementara jambu bol mengandung banyak vitamin dan serat serta protein yang baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah penuaan dini.

11. Jaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat mampu mencegah dari penularan berbagai penyakit. Cara meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C. Nah buah jambu bol atau jamaika ini bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan imunitas karena mengandung vitamin C dan antioksidan. Keduanya berperan dalam menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuh akan terhindari dari flu atau pilek yang banyak menyerang kala musim hujan.

5 dari 5 halaman

12. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat jambu bol untuk kesehatan yang tak kalah penting adalah bisa meningkatkan kinerja otak. Tak hanya belajar dan membaca banyak buku, kecerdasan otak juga dipengaruhi oleh makanan-makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang bagus untuk otak salah satunya mengandung vitamin B3 dan B6. Kedua vitamin tersebut salah satunya ada pada jambu bol atau jamaika. Sehingga mengonsumsi jambu ini bisa membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

13. Redakan Nyeri Haid

Menstruasi adalah hal yang wajar dialami oleh wanita setiap bulannya. Meskipun kondisi ini normal, namun sebagian wanita mengalai gejala PMS yang menyakitkan, seperti nyeri yang berlebihan, mual, sakit pinggang, kram perut, dan tubuh lemas.

Ternyata manfaat jambu bol ini bisa membantu meredakan gejala PMS tersebut. Meskipun tidak sepenuhnya hilang, namun setidaknya rasa sakit saat menstruasi bisa berkurang.

Beri Komentar