15 Manfaat Buah Naga, Plum, Nanas dan Avokad Bagi Tubuh

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Kamis, 26 Desember 2019 06:45
15 Manfaat Buah Naga, Plum, Nanas dan Avokad Bagi Tubuh
Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari pastinya memberikan manfaat untuk tubuh. Setiap buah memiliki manfaat yang berbeda.

Dream  - Buah-buahan merupakan salah satu sumber nutrisi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, sebagian besar orang kurang menyadari akan pentingnya mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.

Padahal, banyak sekali manfaan buah yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh. Pastinya, kamu bisa mengkonsumsi berbagai buah-buhaan yang berbeda setiap harinya.

Sebab, tiap jenis buah memiliki berbagai manfaat yang berbeda. Ada yang dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan, meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan ada yang dapat memperlancar pencernaan. Untuk itu, perhatikan beberapa manfaat buah berikut agar kamu dapat mengkonsumsinya dengan tepat.

1 dari 5 halaman

Manfaat Buah Naga

 © Dream

Berasal dari pohon kaktus membuat buah naga memiliki bentuk yang cukup unik. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini memiliki daging buah yang putih ataupun merah keunguan dengan biji-biji kecil yang bisa dimakan.

Membantu masalah pencernaan

Buah naga memiliki kandungan fiber atau serat tinggi yang bisa membantu memperlancar pencernaaan. Konsumsi buah naga secara rutin juga dapat mencegah konstipasi atau sembelit. Selain dikonsumsi secara langsung, buah naga juga bisa dibuat jus atau campuran salad.

Meringankan batuk dan asma

Buah naga memiliki banyak biji yang tersebar pada daging buahnya. Biji ini mengandung lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu respirasi. Sehingga, bagi yang memiliki gangguan pernapasan atau asma, kamu bisa mengkonsumsi buah naga untuk meringankannya. 

Mencegah diabetes

Buah naga mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah terjadinya diabetes melitus. Antioksidan ini mampu membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Selain itu, kandungan gula yang rendah pada buah naga menyebabkan buah ini aman dikonsumsi untuk kamu yang level gula darah tinggi.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Nanas

 © Dream

Buah berwarna kuning ini memiliki rasa segar yang sedikit asam dan manis. Mudah ditemukan di Indonesia membuat nanas sering diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Seperti es nanas, es buah bahkan rujak nanas.

Meningkatkan kesehatan mata

Nanas kaya akan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, sel-sel mata cenderung rusak. Agar tetap sehat, tingkatkan asupan vitamin A salah satunya dengan rajin mengkonsumsi jus nanas. Kandungan beta karoten pada nanas akan diubah menjadi vitamin A oleh hati.

Memperkuat tulang

Nanas memiliki kandungan mineral mangan yang dapat memperkuat tulang. Selain itu, manfaat nanas juga bisa memperbaiki jaringan-jaringan tulang yang sudah mulai rusak. Secangkir jus nanas mengandung 3/4 mangan yang kamu butuhkan setiap hari.

Mencegah jerawat

Nanas juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat pada kulit. Selain itu nanas juga dapat mencegah munculnya bintik bekas jerawat, mengecilkan pori-pori dan menghilangklan komedo. Gunakan nanas sbagai masker wajah secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Plum

 © Dream

Prunus Domestica atau sering dikenal dengan buah plum ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral, flavanoid, fitonutrien dan juga antioksidan. Tidak hanya berwarna ungu kehitaman, buah plum juga memiliki berbagai macam jenis, yaitu plum kuning dan plum merah.

Mengatasi rambut rontok

Manfaat buah plum yang jarang diketahui orang yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Sebab plum dapat memperbaiki kelenjar adrenal yang dapat menghentikan kerontokan pada rambut. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi juga membuat peredaran darah di area kepala akan lebih lancar sehingga membuat rambut tumbuh subur.

Memudarkan bekas luka

Plum mampu meningkatkan sirkulasi darah pada bagian bawah kulit. Oleh sebab itu, plum mampu menghilangkan bekas luka dan menumbuhkan sel kulit baru yang pada akhirnya membuatkulit terlihat mulus kembali. Selain iut, mengkonsumsi plum secara rutin juga dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Baik dikonsumsi ibu hamil

Mengkonsumsi plum ketika masa kehamilan sangat baik untuk ibu hamil. Sebab buah ini dapat meningkatkan penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk tulang dan jaringan serta meningkatkan kesehatan sel untuk ibu dan bayi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Naga Merah

 © Dream

Selain daging buah yang berwarna putih, buah naga juga memiliki jenis lain yaitu dengan daging buah berwarna merah. Bedanya, buah naga merah memiliki kandungan lycopene yang baik untuk berbagai macam gangguna pada tubuh.

Mencegah kanker

Kandungan lycopene pada buah naga merah ternyata mampu mencegah kanker. Lycopene merupakan zat penyedia warna merah pada buah naga dan sudah terbukti dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Selain lycopene, antioksidan hytoalbumin juga berperan untuk melawan radikal bebas pada tubuh sehingga terhindar dari kanker.

Mencegah tekanan darah tinggi

Selain bisa mencegah kanker, lycopene pada buah naga juga bisa mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga juga bisa meringankan gangguan kardiovaskular penyebab berbagai macam penyakit jantung.

Camilan untuk diet

Jika ingin melakukan diet, kamu bisa mengkonsumsi buah naga sebagai camilan. Sebab buah naga mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh. Mengkonsumsi buah naga secara teratur juga membuat perut terasa kenyang tanpa takut tubuh akan melar.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Avokad

 © Dream

Memiliki kandungan karbohidrat, lemak, serat diet dan protein membuat avokad banyak diminati orang. Selain karena kandungannya, buah yang satu ini juga bisa diolah menjadi makanan manis atau makanan asin.

Menurunkan kolestrol

Manfaat buah avokad yang pertama yaitu dapat menurunkan kolestrol LDL atau kolestrol jahat. Selain itu, manfaat buah avokad juga bisa menaikkan kolestrol HDl yaitu kolestrol baik.

Mencegah peradangan

Selain nikmat, avokad juga memiliki nutrisi yang dapat mencegah peradangan. Manfaat ini tentunya bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh.

Meningkatkan berat badan

Jika kamu ingin gemuk, manfaat buah avokad yang satu ini pastinya sangat menguntungkan. sebab, avokad mengandung kalori yang cukup, serta nutrisi yang dapat menaikkan berat badan. (mut)

( Jossi Andriani/ dikutip dari Liputan6.com dan Merdeka.com)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'