16 Manfaat Banyak Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Rabu, 18 Desember 2019 18:36
16 Manfaat Banyak Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur
Beribu-ribu alasan kenapa kamu harus minum air putih setiap hari.

Dream - Asupan cairan untuk melakukan aktivitas sehari-hari memang sangat diperlukan tubuh. Selain untuk beraktivitas, asupan cairan juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu jangan pernah meremehkan hal tersebut.

Salah satu cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah air putih. Walaupun terlihat sederhana tetapi khasiatnya bagi tubuh sangat berkualitas. Selain itu, kamu tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkannya karena mudah sekali untuk mendapatkannya.

Manfaat air putih untuk tubuh memang sangat banyak. Berikut ini adalah 16 manfaat banyak minum air putih hangat setelah bangun tidur.

1 dari 3 halaman

Manfaat Banyak Minum Air Putih

 © Dream

Seperti dijelaskan di awal, manfaat air putih memang sangat baik untuk tubuh. Maka dari itu tidak alasan bagi kamu untuk tidak minum air putih. Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih yang bisa kamu dapatkan.

Membantu mengeluarkan toksi dalam tubuh

Manfaat air putih yang pertama yaitu dapat membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh. Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kamu serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat. Tak hanya keringat, manfaat air putih juga membantu mempelancar pembuangan toksin melalui urin. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat air putih selanjutnya yaitu untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulitmu. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit dan menyamarkan kerutan. Kekurangan mengonsumsi air putih dapat membuat kulit nampak kering, tidak kencang, serta bersisik yang akibatnya akan timbul kerutan.

Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya yaitu dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebih kuat. Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kantung kemih.

Meningkatkan kinerja daya otak

Meningkatkan kinerja daya otak juga merupakan salah salah satu dari manfaat air putih. Seperti yang kita tahu bahwa otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak. Manfaat air putih bagi otak akan membuatmu lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga dan waspada.

Mengurangi rasa lelah

Rasa lelah dan lesu pada tubuh ada kemungkinan jika tubuh kekurangan cairan atau tanda-tanda dehidrasi. Salah satu manfaat ait putih yait dapat mengatasi rasa lelah dan lesu. Jika tubuhmu kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Meningkatkan mood

Manfaat air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan memengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Putih Hangat

 © Dream

Air putih dalam keadaan hangat juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air putih hangat untuk tubuh.

Menghilangkan racun

Manfaat air putih hangat yang pertama yaitu dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Mengonsumsi air putih hangat mampu mengeluarkan seluruh racun berbahaya yang bersarang di dalam tubuh kalian. Dengan meminumnya secara teratur maka sistem endokrin tubuh menjadi aktif dan membuat kalian berkeringat. Salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan racun dalam tubuh yaitu dengan mengonsumsi air putih hangat setiap harinya terutama pada pagi hari.

Mengatasi sembelit

Manfaat air putih hangat juga bisa mengatasi penyakit sembelit. Sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang membuat buang air besar menjadi sangat sulit serta terkadang bisa sangat menyakitkan. Mengonsumsi air putih hangat di pagi hari dapat mengatasi sembelit tersebut. Manfaat air hangat juga dapat melancarkan buang air besar kalian setiap pagi.

Mengatasi stres

Tidak disangka jika salah satu manfaat air putih hangat yaitu dapat mengatasi stres. Air putih hangat mampu menurunkan kortisol atau hormone penyebab stres di dalam diri kalian. Selain itu, kamu juga akan merasakan tubuh dan pikiran menjadi tenang dan rileks sesaat setelah mengonsumsi air putih hangat.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat air putih hangat yaitu dapat membantu kamu yang sedang program diet. Air hangat mampu memecahkan penumpukan lemak yang bersarang di dalam tubuh. Pada saat meminumnya, suhu tubuh internal kalian akan mengalami penurunan sehingga mampu meingkatkan sistem metabolisme.

Mengurangi nyeri menstruasi

Untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, manfaat air putih hangat dapat mengurangi rasa nyeri menstruasi tersebut. Air hangat mampu mengurangi rasa nyeri bahkan kram akibat mestruasi. Selain itu, air putih hangat juga akan memberikan sensasi menenangkan baik pada diri kalian hingga pada otot-otot perut.

Mengatasi hidung tersumbat

Manfaat air putih hangat tidak harus selalu diminum. Uap dari air putih hangat dapat mengatasi hidung tersumbat. Menghirup uap dari air panas merupakan salah satu cara meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat akibat penyakit sinus.

3 dari 3 halaman

Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

 © Dream

Saat bangun tidur di pagi hari merupakan saat yang tepat untuk minum air putih. Berikut ini adalah beberapa manfaat minum air putih setelah bangun tidur.

Mengurangi sakit kepala

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala. Mengonsumsi air putih di pagi hari merupakan langkah awal agar sakit kepala kamu tidak semakin parah. Sehingga tidak mengganggu performa kerja dan penampilan tentunya.

Mengubah metabolisme tubuh

Meminum segelas air dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen. minum air satu gelas saat perut kosong dapat membuat pencernaan lebih efisien untuk memulai hari.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mngonsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu menyeimbangkan sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan sistem yang berhubungan dengan cairan getah bening di tubuh. Ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di tubuh kita.

Menyediakan energi

Meminum air putih di pagi hari juga bermanfaat untuk menyediakan energi. Energi tersebut digunakan untuk mulai melakukan aktivitas seharian agar tidak mudah cepat kelelahan.

(Andrawira Diwiyoga/Sumber: liputan6 dan fimela)

Beri Komentar