2 Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 6 Agustus 2020 13:35
2 Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut
Atasi kutu tanpa efek samping.

Dream - Rambut berkutu merupakan masalah yang sangat dihindari banyak orang karena bisa menurunkan kepercayaan diri dan terasa sangat gatal. 

Membasmi kutu rambut juga bukan perkara mudah. Kutu sangat mudah berkembang biak, sehingga jumlahnya bisa menjadi sangat banyak di kulit kepala.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kutu rambut. Salah satunya adalah memakai minyak kayu putih.

Dkutip dari Sehatq.com, penelitian di Australia berhasil membuktikan bahwa minyak kayu putih ampuh membunuh semua kutu rambut.

Minyak Kayu Putih© Shutterstock.com

Pemakaian minyak kayu putih untuk menghilangkan kutu bisa diterapkan pada anak-anak maupun dewasa. Cara ini pun sangat nyaman dan tidak memiliki efek samping tertentu.

Bahkan, penelitian di situs American College of Healthcare Sciences mengklaim cara ini lebih efektif daripada obat kutu kimia seperti phenotrin atau pyrethrum.

Meski begitu, pemakaian minyak kayu putih tidak disarankan untuk kulit kepala anak berusia di bawah 6 tahun karena bisa beracun bagi saraf.

Selain memakai minyak kayu putih, kamu bisa mengandalkan sisir kutu. Cara ini dapat membasmi kutu dan telurnya, sehingga kamu dapat mengatasinya lebih cepat.

(Sumber: Sehatq.com)

 

1 dari 5 halaman

5 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Dream - Udara yang lembap menyebabkan kulit kepala menjadi lebih berminyak dan lengket. Akhirnya, pori-pori di kulit kepalamu tersumbat dan menyebabkan jerawat yang terasa sakit serta gatal.

Selain cuaca yang lembap dan kulit kepala berminyak, jerawat bisa disebabkan pemakaian produk berbahan kimia.

Tidak membersihkan rambut secara rutin dan membiarkan rambutmu tertutup ketika berkeringat juga bisa menyebabkan jerawat pada kulit kepala. Dilansir dari Times of India, berikut bahan alami yang bisa mengatasi jerawat pada kulit kepala.

2 dari 5 halaman

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa© Shutterstock.com

Minyak kelapa mengandung bahan anti peradangan dan antimikrobial yang bisa mengatasi jerawat di kulit kepala. Aplikasikan pada kulit kepala dan akar rambut, lalu biarkan selama 1 jam.

Bilas menggunakan sampo berbahan ringan dan lakukan 2 kali seminggu agar lebih efektif untuk kesehatan rambut.

3 dari 5 halaman

Tea Tree Oil

Tea Tree Oil© Shutterstock.com

Tea tree oil juga memiliki bahan yang bersifat anti peradangan dan antimikrobial. Sehingga, kulit kepalamu bebas mikroba yang menyebabkan jerawat pada kulit kepala.

Agar lebih efektif, bersihkan kulit kepala dengan sampo. Lalu, tambahkan 6-7 tetes tea tree oil pada conditioner hingga tercampur sempurna.

Aplikasikan pada kulit kepala dan akar rambut, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini 3 kali seminggu.

4 dari 5 halaman

Jojoba Oil

Jojoba Oil© Shutterstock.com

Jojoba oial sangat kaya akan vitamin C dan sifat antibakteri maupun non komedogenic yang menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala dan membersihkan pori-pori.

Campurkan beberapa tetes jojoba oil pada sampo. Lalu, aplikasikan pada rambit serta kulit kepala. Ini akan meredakan kemerahan pada kulit kepala dan menghindari potensi jerawat.

5 dari 5 halaman

Aloe Vera

Aloe Vera Gel© Shutterstock.com

Aloe vera merupakan kandungan yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Menggunakan aloe vera dapat menenangkan peradangan dan mengatasi jerawat maupun iritasi.

Aplikasikan aloe vera gel pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air dingin dan ulang 2 kali seminggu.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar