3 Bahan Alami Pembasmi Panu

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 21 Desember 2018 11:45
3 Bahan Alami Pembasmi Panu
Punya panu membandel? Bahan alami ini bisa jadi solusinya.

Dream - Panu, atau dalam bahasa ilmia disebut Tinea versicolour, merupakan kelainan kulit akibat infeksi jamur. Kamu yang memiliki penyakit ini, apalagi jika muncul di bagian tubuh yang terlihat jelas, tentu akan sangat malu dan berusaha menutupinya. 

Penyakit ini ternyata dipicu jamur jenis Malassezia yang hidup di permukaan kulit dan menyebabkan perubahan warna. Perubahan ini tidak menyebar ke seluruh tubuh, melainkan berupa bercak pada bagian tertentu.

Gejalanya yang muncul bisa berupa bercak warna merah, cokelat atau merah muda. Panu juga disertai dengan gatal, bersisik serta rasa kering pada kulit.

Melansir dari The Health Site, panu disebabkan melemahnya sistem imunitas tubuh. Kulit berminyak dan perubahan iklim ekstrim semakin memperbesar kemungkinan munculnya panu.

Tak perlu khawatir, panu bisa disembuhkan. Sebelum pergi ke dokter, kamu juga bisa mengobatinya dengan bahan alami di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Baking Soda

 Cara menghilangkan bau ketiak dengan baking sodaCara menghilangkan bau ketiak dengan baking soda © Shutterstock

Baking soda memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik yang dapat mengatasi infeksi kulit. Selain itu, jamur tidak dapat bertahan hidup di lingkungan dengan tingkat keasaman (Ph) rendah.

Caranya, ambil beberapa soda kue dan campurkan air ke dalamnya. Oleskan di area yang terkena jamur lalu diamkan.

Kamu juga bisa minum larutan air dan baking soda untuk membantu proses penyembuhan.

2 dari 3 halaman

Tea Tree Oil

 tea tree oiltea tree oil © shutterstock

Beberapa penelitian klinis mengungkapkan bahwa tea tree oil dapat mengobati infeksi atau penyakit kulit. Sifat anti inflamasinya juga dapat mengurangi rasa gata.

Tapi ingat ya. Untuk menggunakan bahan ini kamu tidak boleh menggunakannya sebelum diencerkan.

Campurkan tea tree oil dengan beberapa tetes minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena jamur, bilas. Lihat perbedaannya!

3 dari 3 halaman

Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus mengandung senyawa yang dikenal sebagai eugenol. Kandungan ini bersifat anti inflamasi dan anti mikroba.

Teteskan minyak eucalyptus dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama. Pijat di area ruam dan bilas setelah kering.

 (Sah, Laporan: Mega Rasmiyati/ Sumber: thehealthsite.com)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak