3 Bahan Alami yang Ampuh Berantas Jamur di Kulit Kepala

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 13 Maret 2020 19:45
3 Bahan Alami yang Ampuh Berantas Jamur di Kulit Kepala
Kamu pernah alami hal ini?

Dream - Jika ingin memiliki rambut tebal, pastikan kulit kepalamu sehat terlebih dulu. Kulit kepala yang kurang sehat dapat menyebabkan berbagai masalah rambut.

Masalah kulit kepala yang paling banyak dialami pria dan wanita adalah munculnya infeksi jamur. Kondisi ini biasanya akan membuat rambutmu sangat berminyak, bercabang dan terasa gatal.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut beberapa bahan alami untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit kepala.

 ilustrasi rambut gatal© shutterstock.com

1 dari 5 halaman

Cuka Apel

Cuka apel sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Bahan ini bersifat anti jamur.

Campurkan secangkir cuka apel ke dalam 4 cangkir air mineral. Lalu, gunakan campuran tersebut untuk keramas. Diamkan selama satu menit sebelum dibilas.

 ilustrasi cuka apel© shutterstock.com

2 dari 5 halaman

Lemon

Lemon merupakan antiseptik alami yang berfungsi mengobati infeksi. Ini dapat membantu menyeimbangkan kadar pH rambut serta menghilangkan bakteri dan jamur.

Campurkan 4-5 sdm tetesan lemon sengan secangkir air mineral. Pakaikan campuran ini di kulit kepala setelah keramas. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

 ilustrasi lemon© shutterstock.com

3 dari 5 halaman

Coconut Oil

Coconut oil dapat melembapkan, menutrisi dan mengatasi infeksi. Selain itu, coconut oil juga bersifat anti bakteri. Hangatkan secangkir coconut oil.

Lalu, dinginkan sebentar sampai bisa dipakaikan ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan coconut oil dan biarkan selama satu jam sebelum memakai sampo.

 Ilustrasi minyak kelapa© shutterstock.com

4 dari 5 halaman

Seberapa Sering Cuci Rambut? Pahami Jenisnya..

Dream - Menggunakan produk perawatan yang salah dan terlalu sering maupun jarang mencuci rambut bisa menyebabkan kerusakan.

Rambutmu bisa mengalami infeksi, berketombe atau peradangan di kulit kepala. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan produk yang tepat dan mencuci rambut sesuai dengan kondisinya.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut seberapa sering kamu harus mencuci rambut berdasarkan jenis dan karakter rambut kamu:

Tipis dan Lurus

Biasanya, rambut yang lurus dan tipis memiliki masalah di kulit kepala atau berketombe. Meskipun kamu ingin mencucinya setiap hari, jangan lakukan hal tersebut. Cucilah rambut 2 atau 3 kali seminggu dengan jeda 1-2 hari.

5 dari 5 halaman

Kering dan Sensitif


  Tipe rambut© shutterstock.com

Jika rambutmu kering akibat sering memakai alat oenata rambut, mungkin kondisinya akan lebih sensitif.

Gunakan sampo yang mampu menutrisi dan aplikasikan hair oil secara rutin. Cuci rambut tidak lebih dari 2 kali seminggu agar tetap lembap.

Tebal dan Berat


  Tipe rambut© shutterstock.com

Terkadang sulit menjaga kesehatan rambut yang tebal dan berat. Polusi maupun sisa produk bisa menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan infeksi.

Gunakan sampo yang mampu membersihkan ekstra dan cucilah rambut paling tidak 2 kali seminggu.

Berminyak

  Tipe rambut© shutterstock.com

Ini merupakan kondisi kulit kepala terburuk. Rambutmu mudah berketombe dan lepek. Jangan mencuci rambut setiap hari. Cucilah paling tidak 3 kali seminggu dengan sampo yang mengandung pelembap

Beri Komentar