3 Penyebab Mimpi Sulit Diingat Saat Bangun Tidur

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 23 Juni 2021 14:32
3 Penyebab Mimpi Sulit Diingat Saat Bangun Tidur
Bagaimana mimpi bisa teringat atau terlupakan?

Dream - Meskipun tidak benar-benar terjadi, mimpi bisa terasa sangat nyata. Bahkan, kamu mungkin terasa sedang berperan di dalamnya.

Terkadang, ingin sekali mengingat mimpi tersebut untuk disimpan atau diceritakan. Namun mimpi seringkali sulit untuk diingat.

Setelah bangun tidur, mimpi pun terlupakan. Ternyata, hal ini sangat wajar terjadi dan mimpi pun cukup sulit diingat. Ingatan soal mimpi akan segera memudar seketika setelah bangun tidur. Dilansir dari Sehatq.com, berikut penjelasan seputar penyebab mimpi sulit diingat.

1. Fase REM tidak terjadi

REM atau rapid eye movement merupakan fase dimana kita seringkali bermimpi. Pada fase tersebut, mata bergerak cepat dan otot tubuh beristirahat.

Meski fase ini sering dialami ketika bermimpi, namun terkadang REM tidak terjadi. Terutama, jika mengonsumsi obat antidepresan atau minum alkohol sebelum tidur. Sehingga, kamu tidak mengingat mimpi.

1 dari 2 halaman

2. Mimpi memudar jelang terjaga

Tidur© Shutterstock

Sudah sewajarnya ingatan tentang mimpi akan hilang setelah bangun atau benar-benar sadar. Mungkin pada beberapa mimpi, kamu bisa mengingatnya karena terdapat satu pengalaman yang berhasil diingat.

Apalagi, jika mimpi tersebut berhasil memicu emosi seperti rasa takut atau sedih. Mimpi yang bisa diingat bisa menimbulkan cerita bersambung ketika kembali terlelap.

 

2 dari 2 halaman

3. Gangguan tidur

Gangguan tidur seperti sleep apnea bisa mengganggu terjadinya fase REM. Sehingga, kamu pun akan lebih sulit mengingat mimpi.

Narkolepsi juga bisa menyebabkan halusinasi atau sleep paralysis. Selain itu, kebiasaan tidur yang buruk, gangguan psikologis serta stres juga bisa menjadi penyebab kesulitan mengingat mimpi.

Beri Komentar