3 Vitamin yang Bisa Bantu Mengurangi Level Stres

Reporter :
Selasa, 10 Desember 2019 12:03
3 Vitamin yang Bisa Bantu Mengurangi Level Stres
Ada yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu atau suplemen khusus.

Dream - Pemicu stres setiap individu tentunya berbeda-beda. Ketahanan tubuh dan pikiran tiap orang dalam menghadapi tekanan juga tidak sama. Setiap orang memiliki pemicu stres yang spesifik.

Bisa berupa tekanan pekerjaan, uang, kesehatan, dan hubungan pribadi. Stres dapat bersifat akut atau kronis dan menyebabkan kelelahan, sakit kepala, sakit perut, gugup, dan emosi yang tak stabil.

Olahraga teratur, tidur yang cukup, dan nutrisi yang baik adalah cara terbaik untuk mengurangi level stres. Sahabat Dream juga bisa mengonsumsi suplemen tertentu saat merasa pikiran dan tubuh sedang sangat stres.

Berikut tiga vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat stres.

 

1 dari 6 halaman

Melatonin

Tidur dengan cukup dan berkualitas jadi hal yang sangat penting untuk menghilangkan stres. Stres sangat terkait dengan insomnia, kelainan tidur yang ditandai dengan kesulitan tidur.

 Jurus Jitu Usir Galau dan Stress, Layak Dicoba Hijabers!

Mendapat kualitas tidur yang memadai bukan hal mudah saat sedang dilanda, justru dalam sehari bisa hanya tidur 2 hingga 3 jam saja. Dalam kondisi ini, cobalah untuk mengonsumsi suplemen melatonin.

Penelitian menunjukkan konsumsi suplemen ini bisa meningkatkan waktu tidur. Dosisnya antara 0,3 hingga 10 mg per hari. Akan lebih baik jika berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapat dosis yang tepat. Berjemur pagi hari juga bisa membantu meningkatkan hormon melatonin dalam tubuh.



2 dari 6 halaman

L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang paling umum ditemukan dalam daun teh. Zat tersebut terbukti bisa meningkatkan efek relaksasi dan mengurangi stres tanpa menggunakan efek obat penenang.

 8 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Sebuah tinjauan terhadap 21 studi yang melibatkan hampir 68.000 orang menemukan bahwa minum teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan dan peningkatan daya ingat dan perhatian.

Jadi saat stresn, cobalah buat secangkir teh hijau. Duduk tenang dan nikmati tiap tegukannya. Tarik napas panjang dan sugesti pikiran kalau semuanya akan membaik. Lakukan secara rutin agar level stres berkurang.

 

3 dari 6 halaman

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks biasanya mengandung semua delapan vitamin B. Vitamin ini memainkan peran penting dalam metabolisme dengan mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan. Vitamin B juga penting untuk kesehatan jantung dan otak.

 Awas, Terlalu Banyak Vitamin Bisa Memicu Kanker!

Sumber makanan vitamin B termasuk biji-bijian, daging, kacang-kacangan, telur, produk susu, dan sayuran hijau. Saat stres, perbanyak konsumsi makanan-makanan tersebut.

Sesekali bisa juga mengonsumsi suplemen vitamin B, tapi pastikan dosisnya tidak terlalu tinggi.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter agar diresepkan vitamin B dengan dosis yang tepat. Pasalnya, dosis vitamin B yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sumber: HealthLine

4 dari 6 halaman

Kabar Buruk, Berat Badan Bisa Naik Drastis Saat Stres

 Dream - Menyelesaikan deadline pekerjaan, menghadapi macet, belum lagi masalah pribadi yang datang bersamaan pastinya akan membuatmu stres serta kelelahan secara fisik. Hal ini tak boleh dibiarkan.

Pasalnya, stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan penyakit serius, bahkan dapat membahayakan kesehatan mental. Tak hanya itu, stres juga bisa merusak usahamu menurunkan berat badan.

 Musim Kemarau, Awas Tubuh Lemas

Beberapa orang sampai mengalami kenaikan berat badan secara drastis saat stres. Mungkin Sahabat Dream merasa bingung, karena biasanya stres membuat nafsu makan dan tubuh jadi kurus. Ternyata tak selalu demikian.

Berikut alasan mengapa stres berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mempersulit penurunan berat badan.

5 dari 6 halaman

Makan Berlebihan

 Meningkatnya Nafsu Makan Berlebih

Banyak orang yang mengatasi stres dan mencari kenyamanan dengan makanan. Ini terjadi karena stres memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol.

Ketika tingkat stres meningkat, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon-hormon ini. Adrenalin mempersiapkan tubuh kita untuk bertindak dan mengurangi keinginan kita untuk makan.

Setelah efek adrenalin berkurang, kortisol mengambil alih. Kelebihan kortisol dalam sistem dapat meningkatkan keinginan untuk makanan yang tidak sehat. Jika dituruti, emotional eating ini bisa berbahaya jika tidak memperhatikan asupan kalori.

6 dari 6 halaman

Sulit Tidur

Saat stres, secara otomatis kita akan merasa sulit untuk tidur di malam hari. Kurang tidur membuatmu merasa kesal dan lelah. Hal itu menyebabkan kamu tidak berolahraga dan emotional eating yang tidak baik ketika sedang mencoba mengurangi berat badan.

 3 Cara Mudah Atasi Si Insomnia

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Ohio State University pada 2015, stres dapat memperlambat metabolisme pada wanita. Stres juga dapat meningkatkan kadar insulin yang mengarah pada penyimpanan lemak di daerah perut. Jadi walaupun pola makanmu benar, tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian