3 Zat untuk Tingkatkan Imunitas dan Kekebalan Tubuh

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 31 Maret 2020 15:12
3 Zat untuk Tingkatkan Imunitas dan Kekebalan Tubuh
Kombinasi ketiganya dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Dream - Wabah virus corona menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Di penghujung 2019, virus terbaru dari jenis Human Coronavirus terdeteksi untuk pertama kalinya di Wuhan, Tiongkok. Jenis virus dari gugus Coronavirus itu disebut Covid-19.

Hanya dalam hitungan bulan, Covid-19 telah menginfeksi banyak orang di berbagai negara. Virus ini sangat mudah menular lewat kontak dekat dengan pasien. Tepatnya lewat droplets atau percikan dari batuk dan bersin.

Sistem kekebalan dan imunitas tubuh yang prima berperan penting dalam melawan mikroorganisme asing seperti virus, terutama dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kecukupan nutrisi. Vitamin, mineral dan zat-zat esensial lainnya sangat perlu perhatikan dalam setiap makanan atau suplemen yang dikonsumsi.

Secara umum, banyak orang mengandalkan kombinasi Vitamin C, Vitamin B Kompleks dan Zat Besi. Namun ada tiga komponen lain yang dapat meningkatkan imunitas serta menjaga daya tahan tubuh. Mereka adalah Vitamen E, Astaxanthin dan Glutathione.

1 dari 3 halaman

Vitamin E

Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa Vitamin E dapat meningkatkan respon imunitas tubuh, sehingga membantu kondisi tubuh seiring dengan bertambahnya usia. Zat Tocopherols yang terdapat di Vitamin E diketahui sebagai zat yang bersifat antioksidan.

Zat ini berfungsi mencegah perkembangan proses oksidasi dari asam lemak tak jenuh dengan menangkap radikal bebas peroxyl.

 Vitamin E© Foto: Shutterstock

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang penting dalam mengawal sistem pertahanan antioksidan dengan cara melindungi dari peroksidasi lipid. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat fungsi kekebalan tubuh berfungsi dengan normal.

Vitamin E, bersama dengan zat esensial lainnya berfungsi meningkatkan sel-sel darah putih, serta membantu menangkap radikal bebas yang menyebabkan hancurnya sel-sel kekebalan tubuh.

2 dari 3 halaman

Astaxanthin

Astaxanthin merupakan zat carotenoid yang dapat ditemukan dalam pada ganggang, udang, lobster, kepiting dan salmon. Dalam konteks jangkauan antioksidan, astaxanthin dikategorikan sangat istimewa karena dapat meresap ke dalam setiap sel dalam tubuh.

 Astaxanthin© Foto: Shutterstock

 

Sifatnya yang molekular lipophilic dan hydrophilic mampu menyebar ke seluruh sel, dengan satu bagiannya melindungi sel yang larut lemak dan molekul yang lain melindungi sel larut air.

Uji kilnis membuktikan bahwa konsumsi Astaxanthine dapat meningkatkan sub populasi Sel Limfosit T dan Limfosit B yang merupakan sel tubuh yang bertanggung jawab terhadap imunitas tubuh. Oleh sebab itu sangat bermanfaat apabila kita mengkonsumsi suplemen yang mengandung Astaxanthine.

3 dari 3 halaman

Glutathione

Sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi dengan optimal ketika sel iymphoid mempunyai kadar keseimbangan glutathione yang cukup. Sedikit saja perubahan pada kadar glutathione dapat memberikan efek yang signifikan dalam fungsi kerja Limfosit.

Oleh karena itu, glutathione sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk dua alasan utama. Yaitu melindungi sel-sel imunitas melalui mekanisme antioksidan, serta memberikan fungsi yang optimal pada Limfosit dan sel-sel kekebalan tubuh yang lain.

Sumber makanan alami yang kaya akan glutathione dapat ditemukan antara lain pada asparagus, alpukat, bayam, brokoli, tomat, kacang almond dan walnut.

 Glutathione© Foto: Shutterstock

Kecukupan asupan vitamin E serta zat-zat pendukung lainnya seperti astaxanthine dan glutathione mungkin saja didapatkan dengan mengkonsumsi dari sumber makanan alami. Jika kadarnya tidak mencukupi, Sahabaat Dream dapat ditambah dengan konsumsi suplemen.

Beri Komentar