4 Cara Aneh Menangkal Virus Corona yang Tidak Masuk Akal

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 14 Maret 2020 12:00
4 Cara Aneh Menangkal Virus Corona yang Tidak Masuk Akal
Beberapa pengobatan aneh dari berbagai belahan dunia untuk mengatasi virus COVID-19 yang sempat viral di dunia maya.

Dream - Melihat dampak wabah virus corona baru atau Covid-19 yang menelan korban hingga puluhan ribu nyawa di seluruh dunia, para ilmuwan bertaruh dengan waktu untuk segera menemukan vaksin atau obat yang bisa menangkal penyebarannya.

Bagi sebagian orang yang tidak mau menunggu ditemukannya vaksin atau obat, mereka mencoba berbagai cara untuk mengobati COVID-19 dengan kreasi mereka sendiri.

Meski belum terbukti secara klinis, pengobatan tersebut dianggap sebagai alternatif sementara untuk mengatasi penyakit yang mirip dengan flu itu.

Dilansir dari Times of India, inilah beberapa pengobatan aneh dari berbagai belahan dunia untuk mengatasi virus COVID-19 yang sempat viral di dunia maya.

Bawang Cipollini

Seasing namanya, pemilik hotel di India menggunakan bawang Cipollini sebagai obat untuk mengatasi Covid-19. Dia menyuguhkan hidangan Uthappam yang diisi bawang Cipollini kepada pelanggannya.

Alasannya di balik klaim aneh ini adalah bawang Cipollini meningkatkan imunitas dan memberikan resistensi terhadap penyakit berbasis flu.

 

1 dari 4 halaman

Kamperfuli

Akademi Ilmu Pengetahuan China mengklaim bahwa obat yang dibuat dari tanaman Honeysuckle (Kamperfuli) dapat menghambat virus Cobid-19. Akibat klaim ini, warga langsung memborong Kamperfuli dari toko obat tradisional yang banyak tersebar di China.

Kamperfuli adalah sejenis tanaman perdu dan tumbuhan merambat yang banyak terdapat di belahan Bumi utara. Tanaman ini umumnya digunakan sebagai tanaman pagar dan pekarangan karena kemampuannya untuk tumbuh menjalar dengan cepat.

Urine Sapi

Obat aneh lainnya yang diklaim bisa mengatasi Covid-19 adalah urine sapi. Klaim ini dibuat oleh seorang pemuka agama di India bernama Swami Chakrapani Maharaj. Katanya, seseorang yang minum urine sapi sambil membaca mantra tertentu akan diselamatkan dari virus corona.

2 dari 4 halaman

Bawang Putih

Obat tradisional lainnya untuk melawan virus corona dan menjadi viral di media sosial adalah bawang putih yang dimasak di dalam air matang. Meskipun tidak terbukti efektif, tetapi banyak orang yang mencobanya. Padahal WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah menerbitkan di salah satu artikelnya, bahwa tidak ada bukti bahwa makan bawang putih akan menyembuhkan virus corona.

Di tengah wabah virus corona, kita sebaiknya selalu berhati-hati dengan berbagai informasi cara mengatasi penyakit ini. Jangan langsung percaya begitu saja dengan informasi yang ada.

Langkah paling tepat dalam mencegah tertular virus corona adalah menjaga kebersihan diri dan sekitar. Selain itu, selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktivitas yang mengharuskan kita menyentuh sesuatu.

3 dari 4 halaman

Viral Penampakan Tangan Sebelum dan Sesudah Dicuci dengan Sabun

Dream - Kasus penularan virus corona (Covid-19) membuat banyak orang jadi waspada. Salah satu pencegahan virus yang paling mudah sangat dianjurkan adalah dengan cuci tangan pakai sabun.

Proses cuci tangan ini memiliki aturan tersendiri agar tangan benar-benar bersih dari kuman dan bakteri. Seperti cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir selama lebih dari 20 detik. Jika kurang, dikhawatirkan kuman dan bakteri tak hilang sepenuhnya.

Sebuah foto yang beredar di Reddit menunjukkan perbandingan apabila kamu mencuci tangan dengan waktu yang kurang dari 20 detik. Dalam foto tersebut, terdapat foto tangan seseorang yang terlihat bercahaya di dalam kegelapan.

Disebutkan bahwa foto pertama bagian yang bercahaya merupakan tangan yang kotor oleh kuman dan bakteri. Kemudian terdapat beberapa foto perbandingan setelah mencuci tangan. Foto kedua menunjukkan hasil dari membilas tangan dengan air secara terburu-buru. Tampak jelas bahwa hanya sedikit bagian yang bersih oleh kuman dan bakteri.

4 dari 4 halaman

Lihat Detail Fotonya

Foto ketiga menampilkan hasil dari mencuci tangan tanpa sabun selama 6 detik. Hasilnya adalah sedikit bagian dari tangan tampak bersih tapi sebagian masih kotor.

Foto keempat memperlihatkan hasil dari mencuci tangan dengan sabun selama enam detik. Ini merupakan waktu rata-rata seseorang yang mencuci tangan secara buru-buru. Hasilnya adalah tangan terlihat bersih tapi beberapa bagian tangan masih kotor dan berselimut bakteri/kuman.

  Cuci tangan © Reddit

(Foto: Reddit)

Foto kelima menunjukkan hasil dari mencuci tangan dengan sabun selama 15 detik. Hasilnya adalah tangan sudah cukup bersih, tapi sela-sela tangan masih penuh kotor.

Foto yang terakhir memaparkan hasil dari mencuci tangan selama 30 detik dengan sabun. Tampak jelas bahwa tangan terlihat bersih hingga ke sela-sela jari. Bagian kuku masih terlihat bercahaya karena bagian tangan tersebut tertutup lapisan kuku.

Dari foto-foto tersebut, jelas sudah manfaat dari mencuci tangan dengan sabun secara benar. Jadi, pastikan cuci tangan demi mengurangi risiko penularan corona.

Laporan Sulung Lahitani/ Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar