4 Cara Mencegah Kelelahan Akibat Keseringan Video Conference Saat WFH

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 30 November 2020 13:12
4 Cara Mencegah Kelelahan Akibat Keseringan Video Conference Saat WFH
Cegah zoom fatigue dengan cara ini.

Dream - Bekerja di rumah membuat kita hampit setiap hari mengerjakan tugas kantor menggunakan perangkat telepon seluler atau komputer jinjing (Notebook). Bekerja di depan layar monitor dan Ponsel bisa memicu Zoom Fatigue atau kelelahan.

Apalagi, jika kamu sering melakukan panggilan video yang memerlukan fokus dalam waktu lama. Sebuah penelitian melaporkan panggilan video bisa menurunkan produktivitas sebanyak 40 persen.

Zoom Fatigue tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga mental. Kamu yang merasa mengalami masalah ini perlu segera mengatasinya agar tidak semakin parah dan menurunkan produktivitasmu.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut cara mencegah Zoom Fatigue akibat terlalu sering melakukan panggilan video.

1 dari 2 halaman

Istirahatkan mata dari layar gawai

Ini sangat penting dilakukan saat bekerja atau menggunakan gawai. Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dan lihatlah objek berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik.

Lakukan juga peregangan agar otot tubuhmu rileks. Jika sering menggunakan gawai ketika bekerja, kurangi pemakaiannya di saat senggang untuk mencegah kelelahan maupun gangguan penglihatan.

Rutin berolahraga

Berolahraga© Shutterstock.com
Olahraga bisa meredakan pegal akibat panggilan video. Berolahraga secara rutin juga membantu mengatasi stres. Lakukan olahraga yang sesuai dengan kebutuhanmu selama 30-60 menit setiap hari.

2 dari 2 halaman

Ganti metode komunikasi

Panggilan yang menggunakan atau tanpa video memiliki perbedaan bagi tubuh. Melakukan panggilan video akan lebih melelahkan. Sebaiknya, sesekali lakukan panggilan tanpa video agar kamu tidak kelelahan berada di depan layar.

Melakukan panggilan video hanya jika sangat dibutuhkan

Lakukan panggilan video hanya jika sangat dibutuhkan untuk mencegah kelelahan dan stres. Kamu bisa meminta melakukan opsi komunikasi lainnya untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis.

(Sumber: Sehatq.com)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar