4 Cara Mengecilkan Pori-pori yang Mudah Dilakukan di Rumah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 27 Agustus 2019 08:12
4 Cara Mengecilkan Pori-pori yang Mudah Dilakukan di Rumah
Pori-pori kulit yang besar membuat kulit menjadi rentan jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya. Berikut cara mengecilkan pori-pori kulit yang mudah dilakukan di rumah.

Dream - Pori-pori kulit merupakan folikel rambut yang dapat membesar dan mengecil. Ukuran pori-pori dapat membesar apabila sel-sel kulit mati berkumpul di dasar pori-pori, begitu pula sebaliknya.

Dengan pori-pori yang besar, maka debu dan kotoran lain akan lebih mudah masuk dalam kulit. Inilah yang menjadi penyebab utama jerawat dan komedo tumbuh subur di kulit, terutama kulit wajah. Sebaliknya, apabila pori-pori mengecil, maka kemungkinan hal tersebut terjadi juga kecil.

Membersihkan wajah dengan benar menjadi kunci utama agar sel-sel kulit mati tidak menumpuk dan menyebabkan pori-pori membesar. Untuk mengecilkan pori-pori, kita bisa melakukan perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Selain itu, cara mengecilkan pori-pori juga bisa dilakukan di rumah dengan beberapa cara sederhana, seperti 4 cara berikut ini.

1 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Steam Bath

 Perawatan kulit

Cara mengecilkan pori-pori yang paling sederhana ialah dengan menggunakan metode steam bath atau mandi uap. Cara ini sangat baik untuk membuka pori-pori supaya kita bisa membersihkannya secara menyeluruh dan maksimal.

Kita bisa menggunakan air biasa atau bisa juga dengan menambahkan tumbuhan herbal, bunga, atau minyak alami. Cara mengecilkan pori-pori ini baik dilakukan sebelum kita membersihkan kulit dengan sabun pembersih wajah.

Langkah pertama, siapkan air dan tumbuhan herbal atau minyak alami sesuai dengan selera. Setelah itu, didihkan air dan tambahkan tumbuhan herbal. Lalu, apabila sudah mendidih, matikan kompor dan tutup wadah air dengan menggunakan handuk. Baru setelah itu, buka handuk dan dekatkan kulit ke uap.

Tunggu beberapa saat, lalu cuci wajah dengan air hangat. Keringkan wajah sesegera mungkin dan segera aplikasikan pembersih wajah.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Toner

 Perawatan kulit

Cara mengecilkan pori-pori selanjutnya ialah dengan menggunakan toner. Dalam memilih produk toner, pilihlah toner yang tidak mengandung alkohol, atau lebih baik menggunakan toner dari bahan-bahan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Salah satu toner rumahan yang bisa dicoba ialah toner dari cuka apel dan toner dari lemon. Cara membuatnya sangat mudah, campurkan satu sendok cuka apel dengan dua sendok air, lalu rendam kapas di dalamnya selama beberapa menit, setelah itu aplikasikan ke kulit wajah secara merata.


Penggunaan toner secara teratur, dapat membuat kulit lebih bersih, karena toner mampu membersihkan minyak, kotoran dan sel kulit mati lebih dalam. Dengan pembersihan yang mendalam ini, pori-pori akan mengecil secara bertahap.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Baking Soda

 Perawatan kulit

Selain menggunakan toner alami, baking soda juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Baking soda dipercaya ampuh mengangkat sel kulit mati dan mampu berperan sebagai antiseptik dalam membantu meredakan luka atau kerusakan di kulit.

Cara pembuatan dan pemakaian baking soda untuk mengecilkan pori-pori sangat mudah. Pertama, buat adonan baking soda dengan mencampurnya dengan air, pebandingannya 4:1. Setelah itu aduk rata sampai berbentuk pasta. Biarkan selama kurang lebih 2 menit.

Setelah itu, usapkan wajah yang sudah bersih. Gosokkan pelan-pelan adonan baking soda ke seluruh bagian kulit wajah hingga ke leher. Lalu diamkan selama tiga menit. Bilas dengan air dan lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Produk Perawatan Kulit

Selain tiga cara mengecilkan pori-pori dengan bahan yang mudah ditemui di rumah, ada lagi satu cara mengecilkan pori-pori dengan menggunakan produk perawatan kulit khusus untuk mengecilkan pori-pori.

 Perawatan kulit

Namun, perlu diperhatikan dalam pemilihan produknya. Pemilihan produk perawatan kulit untuk mengecilkan pori-pori yang baik ialah dengan memperhatikan kandungan yang ada di dalam produk tersebut. Salah satu bahan dalam produk perawatan untuk mengecilkan pori-pori ialah AHA dan BHA.

Kandungan AHA dan BHA sangat penting untuk menetralisir dan membersihkan pori-pori secara maksimal. Selain itu, produk perawatan kulit yang wajib dikenakan untuk mengecilkan pori-pori ialah tabir surya atau sunscreen.

Penggunaan tabir surya sangat penting untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Dengan rutin membersihkan wajah dan memakai salah satu cara mengecilkan pori-pori di atas, dijamin akan membuat pori-pori menjadi lebih kecil dan kulit tampak lebih sehat. (mut)

Sumber: Wiki How

5 dari 5 halaman

Masker Bahan Alami Ini Mampu Kecilkan Pori-pori

Dream - Pori-pori bisa menjadi sumber masalah pada kulit wajah. Jerawat dan komedo misalnya, bisa muncul karena pori-pori yang terbuka terlalu lebar.

Kondisi itu menyebabkan kotoran dan bakteri dapat mudah masuk ke dalam pori-pori. Tak heran, akan timbul masalah selanjutnya seperti kusam dan berminyak.

Untungnya, ada banyak bahan dapur yang mujarab untuk mengecilkan pori-pori. Selain mudah didapatkan, cara membuatnya pun mudah. Sahabat Dream bisa meniru beberapa tips yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

1. Telur & Jus Lemon

 Boldsky

Untuk dapat mengecilkan pori-pori, kamu hanya perlu mengambil bagian putih telur. Campurkan dengan satu sendok air perasan lemon di dalam mangkuk, aduk dengan merata. Oleskan sebagai masker pada wajah selama 20 menit sebelum dibasuh dengan air hangat.

2. Baking Soda & Aloe Vera

 Boldsky

Tak hanya sebagai bahan baku pembuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Campurkan 1/2 sendok teh baking soda dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan pada seluruh wajah. Diamkan hingga 10 menit sebelum dibasuh dengan air hangat. Kemudian pakaikan toner khusus wajah.

3. Oatmeal & Minyak Kelapa

 Boldsky

Tak hanya sehat, oatmeal juga sangat bagus sebagai bahan merawat wajah. Campurkan 1 sendok makan oatmeal yang sudah direbus dengan 2 sendok teh minyak kelapa. Oleskan pada wajah selama 20 menit sebelum dibilas dengan sabun cuci muka dan air hangat.

4. Yogurt & Gula

 Boldsky

Campurkan 2 sendok makan yogurt dengan 1 sendok teh gula pasir. Kamu bisa gunakan gula putih ataupun brown sugar. Oleskan pada wajah selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Kunyit & Susu

 Boldsky

Campurkan sejumput bubuk kunyit ke dalam 1 sendok makan susu polos. Oleskan pada seluruh wajah, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. (ism)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting