4 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Dengan Buah dan Tanaman

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 12 Juni 2019 15:36
4 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Dengan Buah dan Tanaman
Siapa sih yang gak terganggu dengan nyamuk? Serangga terbang ini banyak dijumpai di tempat yang lembab. Bagaimana cara mengusirnya?

Dream - Dari ribuan spesies serangka, nyamuk pasti jadi musuh paling menjengkelkan nomor satu. Dengan kondisi alam Indonesia yang tropi, dan lembab, nyamuk betah untuk tinggal dan berkembang biak.

Namun kita tentu tidak bisa menyalahkan kondisi geografis negeri kita tercinta ini hanya gara-gara nyamuk.

Sudah banyak teknologi yang dibuat untuk mempermudah manusia mengusir nyamuk. Seperti obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, lotion anti nyamuk, raket nyamuk elektrik, hingga program pemerintah berupa pengasapan atau fogging.

 Bahan Alami Untuk Usir Nyamuk

Namun tak semua kemudahaan dalam penggunaan teknologi mengusir nyamuk bisa kita gunakan. Ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan.

Obat nyamuk bakar disebut bisa mempengaruhi kualitas udara yang kita hirup dan dapat mengganggu pernapasan kita. Sementara lotion anti nyamuk bisa membuat kulit iritasi dan raket nyamuk elektrik yang tidak ramah anak.

Permasalahan-permasalahan seperti ini yang terkadang membuat kita bingung, bagaimana cara mengusir nyamuk yang tepat dan aman?

Dari sekian banyak kemudahan dan kepraktisan dalam mengusir nyamuk, masih ada sebagian orang yang memilih jalur alami yang minim risiko. Cara ini dirasa lebih aman dan ekonomis, selain itu juga menambah nilai-nilai lain, seperti minim sampah plastik, lebih ramah lingkungan dan bahan yang mudah didapatkan.

Ada banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengusir si nyamuk, di antaranya:

1 dari 5 halaman

Kulit Jeruk Kering

Siapa yang tak tahu buah jeruk? Buah yang mayoritas berbentuk bulat dan berwarna orange ini, ternyata punya manfaat lebih. Selain sebagai sumber vitamin C, jeruk juga bisa dimanfaatkan kulitnya untuk mengusir nyamuk.

 Bahan Alami Untuk Usir Nyamuk

Kandungan senyawa limonen yang ada di dalam kulit jeruk tidak disukai oleh nyamuk karena dapat merusak zat pelindung pernapasan pada si nyamuk.

Nah dengan kelemahan itu, kita dapat memanfaatkan kulit jeruk ini dengan cara menaruhnya di tempat-tempat rawan nyamuk. Seperti di kolong tempat tidur, di balik pintu, atau di letakkan di tempat-tempat yang banyak nyamuk.

2 dari 5 halaman

Daun Serai

Cara alami lain mengusir nyamuk adalah dengan daun serai. Tumbuhan yang masih termasuk dalam golongan rumput-rumputan ini dikenal sebagai bumbu dapur yang berfungsi memberikan aroma pada makanan.

 Bahan Alami Untuk Usir Nyamuk

Selain sebagai pengharum masakan, daun serai dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan kandungan atsiri dan sitronela di dalam daun serai yang mampu mengusir si nyamuk. 

Cara memanfaatkan daun serai ini, adalah dengan memotong kasar batang serai dan meletakkannya di wadah terbuka. Selain berfungsi sebagai pengusir nyamuk, bisa jadi tambahan hiasan di meja ruang tamu atau di kamar.

3 dari 5 halaman

Daun Kemangi

Kalau makan penyetan, lalapan yang satu ini tak pernah ketinggalan. Ya, daun kemangi. Daun yang aromanya khas ini ternyata juga mampu jadi cara mengusir nyamuk.

Kemangi mengandung senyawa zat geraniol yang mampu membuat nyamuk mabuk dengan aromanya.

 Bahan Alami Untuk Usir Nyamuk

Penggunaannyapun juga mudah, cukup dengan menggosok-gosokkan daun kemangi ke bagian tubuh yang terbuka, seperti tangan dan kaki. Walhasil, nyamuk tidak berani mendekat.

4 dari 5 halaman

Menanam Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Selain dengan bahan-bahan alami, ada juga cara lain yang lebih ramah lingkungan. Yaitu dengan menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk, seperti Tanaman Akar Wangi, Tanaman Rosemary, Tanaman Suren, Tanaman Kecombrang, dan masih banyak lagi jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan.

 Bahan Alami Untuk Usir Nyamuk

Kelebihan lain dari cara mengusir nyamuk ini adalah, nilai keindahan yang bertambah seiring dengan berkurangnya jumlah nyamuk. Seru ya bisa bertanam, tapi juga bisa mengusir nyamuk.

5 dari 5 halaman

Urusan nyamuk ini tidak bisa kita kesampingkan, karena tentunya akan berdampak buruk bagi diri kita dan lingkungan sekitar. Selain dapat menimbulkan penyakit, seperti Demam Berdarah, dan Malaria, lingkungan yang menjadi tempat tinggal nyamuk bisa jadi tidak layak huni bagi manusia.

Oleh sebab itu, sebelum terlanjur sibuk mengusir nyamuk, alangkah baiknya kita mencegah kehadiran nyamuk dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita, menutup penampungan air, mengubur sampah-sampah yang bisa menampung air dan juga menerapkan cara ke empat, yaitu dengan menanam tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk.

Apabila lingkungan kita bersih, asri, dan mendapat sinar matahari yang cukup, nyamuk dengan sendirinya tidak akan mampir, apalagi sampai memutuskan tinggal dan berkembang biak di dekat kita. Musuh utama nyamuk adalah kebersihan. Jadi, mari kita jaga kebersihan lingkungan kita dari serangan serangga terbang yang berisik ini.


(Sah, Sumber: Health Line)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen