4 Kondisi yang Menyebabkan Ukuran Payudara Tiba-Tiba Berubah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 18 Januari 2021 13:33
4 Kondisi yang Menyebabkan Ukuran Payudara Tiba-Tiba Berubah
Apakah ukuran payudara bisa berubah dengan rutin diremas?

Dream - Sebagian wanita pada prinsipnya sudah dikaruniakan penampilan yang sempurna oleh Sang Pencipta. Namun ada kalanya mereka merasa ada bagian-bagian tubuh yang membuat kepercayaan diri luntur. Salah satunya adalah ukuran payudara.  

Ketidakpercayaan diri ini membuat muncul berbagai mitos seputar cara memperbesar ukuran payudara. Salah satu yang banyak diyakini masyarakat adalah dengan sering meremas payudara.

Padahal kebiasaan tersebut tidak efektif untuk memperbesar payudaramu. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi ukuran payudara. Salah satunya adalah perubahan berat badan.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut hal lainnya yang bisa mempengaruhi besar kecilnya payudara.

Kehamilan

Selain mengalami kenaikan berat badan, hormon juga berubah saat hamil. Perubahan hormon akan menyebabkan jumlah cairan serta darah pada payudara meningkat.

Inilah yang menyebabkan payudaramu membesar saat kehamilan. Apalagi, kondisi payudara juga akan mengalami masa transisi untuk menyusui.

1 dari 2 halaman

Menyusui

Jika sudah pernah menyusui, mungkin kamu tahu bila ukuran payudara tergantung pada jumlah ASI di dalamnya. Sehingga ketika produksi ASI melimpah, payudara juga akan membesar dan sebaliknya.

Menstruasi

Menstruasi© Shutterstock.com
Perubahan ukuran payudara saat menstruasi sangat wajar dialami. Hal ini disebabkan oleh pengaruh hormonal.

Meningkatnya kadar hormon estrogen maupun progesteron bisa mengubah ukuran payudara, menyebabkan pembengkakan serta rasa nyeri saat menstruasi.

2 dari 2 halaman

Konsumsi obat tertentu

Minum Obat© Shutterstock.com
Penyebab ini juga masih berkaitan dengan perubahan hormonal. Konsumsi obat yang bisa mengubah ukuran payudara secara hormonal adalah pil KB.

Pil KB akan merangsang hormon estrogen dan progesteron. Sehingga, penyebabnya sama dengan yang dialami ketika menstruasi.

Ketika dikonsumsi, pengaruh hormonal dari pil KB akan meningkatkan volume air pada payudara. Sehingga, payudaramu akan membesar selama sementara hingga tubuh terbiasa dengan efeknya.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar