Kebiasaan yang Merusak Mata, Nomor 2 Paling Banyak Dilakukan

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 19 Desember 2018 18:16
Kebiasaan yang Merusak Mata, Nomor 2 Paling Banyak Dilakukan
Ada yang pernah kamu lakukan?

Dream - Mata menjadi salah satu organ tubuh yang paling penting. Dengan mata, kita bisa melihat dunia. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan merawatnya agar tetap sehat.

Memeriksakan mata ke dokter tidak kalah penting dengan perawatan organ penting di tubuh kita. Selain alasan kesehatan, perawatan mata bisa untuk menunjang penampilan.

Namun terkadang kitab sering lupa, melakukan kebiasaan yang justru membuat mata sakit, bahkan menimbulkan kerusakan. Padahal, kita menganggap sepele kebiasaan-kebiasaan itu.

 

 shutterstock

Misal saja bagi kita yang sering menggunakan lensa kontak. Kita terkadang malas membersihkan lensa. Padahal bila tidak dibersihkan, lensa kontak bisa terkontaminasi bakteri yang jelas akan membahayakan mata.

Atau, kita terus-menerus memaku mata pada layar televisi, ponsel, maupun laptop. Radiasi layar elektronik itu juga bisa berpengaruh buruk. Mata perlu beristirahat.

Meski demikian, sampai saat ini masih banyak di antara kita yang menyepelekan perawatan mata, sehingga membuat kondisi mata menjadi buruk.

Berikut adalah beberapa perilaku yang dapat membahayakan mata:

1 dari 4 halaman

1. Tidur menggunakan kontak lensa

Menggunakan lensa kontak pada saat tidur bukanlah hal yang dibenarkan. Bahkan, sebuah studi American Academy of Ophthalmology mengungkapkan bahwa risiko mengembangkan ulkus kornea adalah 10 hingga 15 kali lebih besar pada pengguna lensa kontak lebih dari siang hari.

Kontak lensa yang digunakan dapat merampas oksigen yang ada di kornea dan dapat menyebabkan infeksi dan mendorong tumbuhnya bakteri.

 shutterstock

Menggunakan kontak lensa saat tidur siang selama 20 menit bukan menjadi masalah tetapi lebih baik dilepaskan terlebih dahulu.

Jika sudah terlanjur, usahakan ketika terbangun jangan langsung melepas kontak lensa karena akan mengakibatkan lapisan kornea ikut tertarik karena kondisi mata kering.

Tunggu 20-30 menit, teteskan air mata yang tersedia dan lepaskan kontak lensa.

2 dari 4 halaman

2. Menyentuh dan menggosok mata

Ketika sedang menggunakan kontak lensa ataupun tidak, mata terkadang terasa gatal sehingga membuat kita ingin menggosoknya, tetapi lebih baik jangan dilakukan.

Tutuplah mata dan sentuh bagian luar atau kelopak mata saja, jangan menggosoknya terlalu keras karena akan membuat pembuluh darah rusak dan peradangan.

Alasan lain untuk tidak menggosok mata karena tangan kita merupakan tempat tumbuh kembang kuman dan bakteri.

3 dari 4 halaman

3. Tidak memeriksakan mata ke dokter secara rutin

Mata harus diperiksakan secara rutin setiap tahunnya. Pada mata, tidak terdapat reseptor rasa sakit, jadi jika memiliki pembuluh darah yang rusak atau tumor pada mata tidak akan diketahui sebelum hal itu mengganggu penglihatan.

 shutterstock

Oleh karena itu sangat penting memeriksakan mata secara rutin agar kesehatan mata tetap terjaga.

4 dari 4 halaman

4. Menggunakan perangkat sepanjang hari

Layar elektronik, seperti yang ada di komputer, tablet, dan smartphone, memancarkan cahaya biru, yang diyakini beberapa dokter mata sama berbahayanya dengan sinar ultraviolet matahari.

 shutterstock

Jika digunakan berjam-jam akan menyebabkan sakit kepala. Ikuti aturan 20-20 yang berartiuUntuk setiap 20 menit melihat layar, ambil waktu 20 detik untuk menjauhinya, fokuskan kembali mata pada sesuatu yang lain dengan berkedip-kedip. (Sumber: Health.com)

Laporan: Ava Haprin

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri