4 Kondisi Penyebab Kista Berbagai Jenis

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 16 Juli 2019 16:48
4 Kondisi Penyebab Kista Berbagai Jenis
Muncul benjolan berair di kulit? Bisa jadi itu adalah kista.

Dream - Saat mendengar kista, kita mungkin akan langsung membayangkan kondisi wanita yang sulit memiliki keturunan. Padahal tak selamanya kista bersifat ganas. Dengan penanganan yang tepat kista bisa disembuhkan. 

Kista yang bersarang di bawah kulit bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja. Umumnya kista berupa kantung yang mirip jaringan selaput dan mengandung cairan, udara, atau zat-zat lain.  

Penanganan terhadap kista yang bersarang ditubuh tergantung dengan jenisnya. Letak dan posisi kista juga menjadi pertimbangan dokter saat akan memutuskan langkah medis.

Walau sebagian besar kista bersifat jinak, tetap saja akan menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit. Belum lagi kalau kista mulai terinfeksi.

Dilansir dari laman Health Line, kemunculan kista bisa dalam beragam bentuk benjolan dan lokasinya tidak dapat muncul di mana saja. Ada 13 jenis kista yang disebabkan oleh 4 kondisi berikut ini:

1 dari 5 halaman

Infeksi

 Infeksi

Infeksi bisa menjadi salah satu kondisi penyebab kista. Infeksi bisa terjadi ketika ada organisme asing yang memasuki tubuh dan menyebabkan kerusakan.

Organisme asing tersebut bisa menjadi parasit yang menggunakan tubuh manusia sebagai rumah saat berkembang biak. Dari perkembangan organisme inilah bisa membuat kista muncul, tergantung di bagian mana tubuh terinfeksi.

Penyebab kista karena infeksi bisa muncul di bagian tubuh mana saja, bisa bagian luar tepat di bawah kulit, atau bisa juga menginfeksi bagian dalam tubuh.

Dilansir dari laman Medical News Today, sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu faktor yang bisa menghalangi terjadinya infeksi.

2 dari 5 halaman

Penyakit Bawaan atau Genetik

 

Selain kondisi infeksi yang jadi penyebab kista, penyakit bawaan juga bisa menyebabkan kemunculan kista. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan susunan genetik seseorang. Dan, ukuran kelainan susunan genetik ini bisa dalam jumlah yang besar maupun sedikit.

Apabila orang tua pernah atau sedang mengidap kista, besar kemungkinan hal tersebut terjadi pada keturunannya.

Tidak hanya jadi penyebab kista saja, mutasi akibat penyakit genetik ini juga bisa menyebabkan penyakit genetik lainnya, dan terjadi secara acak. Selain itu, paparan lingkungan juga berpengaruh pada mutasi penyakit bawaan ini.

Dilansir dari laman Medicine Net, ada 4 jenis penyakit bawaan, yaitu penyakit genetik tunggal, multifaktorial, penyakit genetik kromosom, dan penyakit genetik mitokondria.

 

3 dari 5 halaman

Peradangan Kronis

Kondisi peradangan yang parah bisa menjadi penyebab kista lainnya. Peradangan ini biasanya berlangsung panjang dan melibatkan perubahan progresif pada jenis sel tertentu.

Peradangan kronis ditandai dengan penghancuran dan perbaikan jaringan dari proses peradangan sebelumnya. Selanjutnya akan diikuti peradangan yang berkepanjangan dan kronis.

Kondisi ini biasanya terjadi karena gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, obesitas, konsumsi alkohol, dan kondisi stres yang parah. Buntut panjang dari peradangan kronis ini adalah kemunculan kista.

Tidak hanya jadi penyebab kista, peradangan kronis bisa memicu kemunculan penyakit kronis lainnya, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, asma, hingga Alzheimer.

4 dari 5 halaman

Penyumbatan

 Konsultasi dokter

Terjadi penyumbatan di beberapa saluran tubuh, seperti penyumbatan pada saluran empedu bisa jadi penyebab kista. Jenis kista yang disebabkan penyumbatan adalah Choledochal.

Jenis kista akibat penyumbatan di saluran empedu ini juga bersifat bawaan dari lahir atau termasuk dalam penyakit genetik. Penyumbatan ini menyebabkan saluran empedu menjadi membesar dan menimbulkan kemunculan kantung kista. Namun, kasus ini jarang terjadi.

Tidak hanya jadi penyebab kemunculan kista saja, penyumbatan yang di berbagai saluran tubuh bisa menyebabkan kemunculan berbagai jenis penyakit. Seperti penyakit jantung, kanker, hingga stroke.

5 dari 5 halaman

Berbagai Jenis Kista

Dari keempat kondisi penyebab kista tersebut, bisa memicu kemunculan berbagai jenis kista. Dan, jenis kista sangat beragam, bahkan ada ratusan. Dilansir dari laman Health Line, ada beberapa jenis kista yang umum, seperti:

- Kista Epidermoid
Kista jenis ini termasuk kista yang bersifat jinak dan kantung kista tersebut berisi protein keratin. Kista epidermoid ini disebabkan oleh penyakit genetik yang disebut dengan sindrom Gardner.

- Kista Sebasea
Kista yang satu ini sering muncul dalam kelenjar sebaceous, bagian dari folikel kulit da rambut. Penyebab kista jenis ini adalah penyumbatan yang terjadi karena pecahnya kelenjar sebaceous.

- Kista Ganglion
KIsta jenis ini biasa muncul di area sendi pergelangan tangan, dan di tangan. Namun, terkadang kista ini juga bisa ditemui di pergelangan kaki.

Penyebab kista jinak ini masih belum diketahui secara pasti. Dan, kista jenis ini cenderung lebih sering terjadi pada perempuan.

 Konsultasi dokter

- Kista Ovarium
Kista jenis ini bisa terbentuk karena folikel yang biasa melepaskan telur tidak terbuka. Tidak terbukanya folikel ini, menyebabkan penumpukan cairan dan membentuk kista di ovarium.

Kista jenis ini, biasanya dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker dan menopause dini. Selain itu, masih banyak jenis kista lainnya. Apabila muncul benjolan pada tubuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosa yang jelas.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary