Asupan yang Bisa Tingkatkan Fungsi Otak, Konsumsi Teratur Yuk!

Reporter :
Senin, 30 Agustus 2021 14:48
Asupan yang Bisa Tingkatkan Fungsi Otak, Konsumsi Teratur Yuk!
Jangan sampai diet yang kamu pilih justru bikin sulit mikir.

Dream - Punya bobot serta bentuk tubuh ideal, pastinya jadi impian banyak kaum Hawa.  Bukan hanya bisa membuat penampilan jadi menarik, tapi lebih penting menjaga tubuh lebih sehat.

Saat diet, biasanya kita mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi. Tubuh lemas, bahkan sampai sulit untuk berpikir.

Ilustrasi© shutterstock

Jika demikian yang dirasakan, tandanya menu diet kamu kurang tepat. Kurang protein tinggi, terutama untuk kebutuhan otak.

Banyak orang memilih diet rendah lemak untuk mendapatkan tubuh ideal. Padahal, diet rendah lemak dapat membuat fungsi otak menurun, untuk itu kamu harus tetap konsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Dilansir dari British Muslim berikut deretan makanan yang dapat meningkatkan fungsi otak:

1 dari 5 halaman

Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Minyak ikan memiliki peran penting untuk fungsi dan mengembangan otak.

Minyak ikan juga diketahui bisa meningkatkan fungsi otak untuk kamu yang memiliki masalah mengingat. Seperti orang-orang yang terkena alzhemair dan pikun.

Ilustrasi© shutterstock

Blueberry

Blueberry dan buah beri lainnya dapat menghasilkan anthocyanin atau senyawa tanaman yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Kandungan antioksidan berfungsi untuk melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Beberapa antioksidan dalam blueberry dapat membantu meningkatkan koneksi antara sel-sel otak.

© Dream
2 dari 5 halaman

Kacang kenari

Kacang kenari memiliki kandungan asam alpha linolenic atau omega-3 yang berasal dari tanaman. Di dalamnya kacang kenari memiliki kandungan senyawa polifenel yang lebih banyak dari jenis kacang lainnya.

Asam lemak omega-3 dan polifenol dianggap sebagai makanan otak yang dapat membantu melawan stres oksidatif dan peradangan, dua pendorong penurunan kognitif.

Cokelat hitam

Ilustrasi© shutterstock

Di dalam coklat hitam, terdapat senyawa yang sangat bagus membantu meningkatkan fungsi otak. Di antaranya ada, flavonoid, kafein dan antioksidan. Flavonoid merupakan senyawa tumbuhan yang bersifat antioksidan dan berkaitan dengan pembelajaran dan memori. (mut)

3 dari 5 halaman

4 Asupan yang Lebih Nikmat dan Bergizi Jika Disantap Mentah

Dream – Bahan makanan biasanya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Alasan lainnya adalah untuk menghilangkan virus dan bakteri yang mungkin ada di dalamnya.

Tahukah Sahabat Dream sebenarnya ada beberapa makanan yang lebih baik disantap mentah. Terutama jika bahannya diolah secara organik, tanpa menggunakan pestisida atau mengalami rekayasa genetika.

Oatmeal dan Kentang, Dua Bahan Waffle Sehat ala Nicky Tirta

Kini tren mengonsumsi makanan segar organik dalam keadaan mentah sedang sangat diminati atau dikenal dengan 'raw foodism'. Mungkin kamu juga ingin mencobanya di rumah.

Bukan hanya lebih sehat, tapi juga kita bisa mencicipi makanan dengan rasa aslinya dan bonusnya bisa membantu menurunkan berat badan. Mulai dari mana? Coba saja konsumsi empat makanan ini dalam keadaan mentah. Pastikan membeli yang organik.

1. Bawang Bombay

Dihindari Karena Bau Mulut, Begini Manfaat Ajaib Bawang Bombay untuk Kesehatan© MEN

Bawang Bombay digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak sayuran bersama dengan tomat dan rempah-rempah. Saat dimakan mentah, bawang bombay memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena mengandung nutrisi dan antioksidan yang baik untuk hati. Allicin (bau bawang) dapat mengurangi penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah agregasi trombosit, dan memiliki sifat anti inflamasi. Bawang juga membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengandung antibakteri.

© Dream
4 dari 5 halaman

2. Brokoli


Brokoli© Pexels.com

Sayuran ini mengandung vitamin C, kalsium, potassium, protein, dan sulforaphane (senyawa yang ditemukan untuk melawan sel kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, memberikan antioksidan yang membantu anti penuaan dan kekebalan tubuh). Kamu dapat menambah irisan brokoli dalam salad atau sup yang hangat.

Ada Warung Mi Instan 'Next Level', Pakai Etalase

3. Tomat

 

Yuk Bikin Masker Tomat, Agar Wajah Bebas Jerawat© MEN

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol dan penurunan berat badan. Buah ini juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan mengurangi risiko terbakar sinar matahari. Akan lebih baik dikonsumsi langsung.

Ingin Pensiun, Penjual Hidangan Laris Singapura Berikan Resep Gratis

5 dari 5 halaman

4. Kacang

Edamame, Bahan Kaya Gizi untuk MPASI Bayi© MEN

Kacang memang paling enak dinikmati jika sudah diolah dengan digoreng/ dipanggang dan diberi garam. Ternyata hal itu mengurangi nilai gizi, menyebabkan hilangnya zat besi dan magnesium. Selain itu, minyak yang digunakan dalam proses pemanggangan menambah kalori dan lemak ekstra. Kacang mentah dapat menjadi camilan instan yang rendah kalori.

Orang RI Terkenal Doyan Nyemil, Pernah Coba Camil Keripik Tempe?


Laporan: Angela Irena Mihardja

© Dream
Beri Komentar