4 Manfaat Daging bagi Kesehatan Tubuh, Penting untuk Dipahami

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 14 Agustus 2019 19:12
4 Manfaat Daging bagi Kesehatan Tubuh, Penting untuk Dipahami
Daging yang diolah secara tepat dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dream - Ada begitu banyak jenis daging ternak yang biasa kita konsumsi. Di Indonesia, mungkin kita lebih banyak memakan daging sapi, kambing, dan ayam. Selain rasanya yang nikmat karena mengandung lemak, daging juga dibutuhkan buat tubuh karena kandungan vitaminnya.

Saat momen Idul Adha seperti akhir pekan lalu, hampir setiap keluarga akan menyajikan makanan berbahan dasar daging.

Makanan dari daging memang dikenal enak dan kaya akan protein yang baik. Namun hindangan nikmat itu bisa berubah menjadi tak enak jika proses memasaknya kurang tepat. Siapa coba yang mau memasak daging gosong karena memasak terlalu lama di api yang cukup besar.

Selain rasanya hilang, daging yang terlalu matang bisa membuat nutrisi didalamnya berubah menjadi senyawa yang berbahaya bagi tubuh.

Namun jika kamu ahli memasak atau membakar daging dengan terampil, kandungan nutrisi dan manfaat daging bagi kesehatan akan sangat melimpah.

Yuk tengok apa saja kandungan zat dalam daging?

1 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi pada Daging

 Manfaat Daging

Seperti sudah banyak diketahui daging menjadi salah satu sumber protein utama, dan sangat baik untuk pertumbuhan. Dalam 100 gram daging terkandung lemak 10 persen, 217 kalori, 61 persen air, dan 26,1 gram protein.

Protein yang berasal dari hewan atau protein hewani mengandung 9 asam amino alami yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh. Konsumsi daging sangat disarankan buat mereka yang baru menjalani operasi. Kandungan protein dalam daging mampu mempercepat memulihkan bagian tubuh yang terluka akibat operasi.

Tidak hanya protein, daging juga mengandung lemak yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti asam lemak Stearic, asam Oleic, dan asam Palmitic. Juga kandungan CLA (conjungated linoleic acid) yang banyak ditemukan pada daging sapi dan domba, sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Daging hewan ternak juga mengandung vitamin B12, zinc, selenium, zat besi, niasin, vitamin B6 dan phosphorus yang memiliki fungsi dan peran masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh.

2 dari 5 halaman

Manfaat Daging untuk Mempertahankan Massa Otot

 Manfaat Daging

Dengan kandungan protein yang melimpah didukung dengan nutrisi lain, daging sangat baik dikonsumsi untuk mempertahankan massa otot. Manfaat daging ini sangat berguna bagi orang dewasa yang melakukan latihan rutin seperti atlet.

Tidak hanya bagi atlet, manfaat daging akan sangat baik untuk mempertahankan massa otot orang dewasa yang semakin menua. Semakin bertambahnya usia, masalah otot menjadi penting untuk diperhatikan, seperti sarcopenia.

Sarcopenia ialah masalah kesehatan yang kerap terjadi pada orang dewasa yang mengalami masalah ketika melakukan olahraga. Masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daging secara rutin.

Selain mengonsumsi daging, pola hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi lainnya juga akan mempengaruhi massa otot.

3 dari 5 halaman

Manfaat Daging untuk Menambah Energi untuk Olahraga

 Manfaat Daging

Masih berkaitan dengan massa otot, manfaat daging yang lain adalah menambah energi untuk berolahraga. Konsumsi daging akan mempengaruhi Carnosine, yaitu kandungan penting dalam otot. Kondisi Carnosine yang baik dalam otot akan meningkatkan energi manusia.

Dalam Carnosine terdapat Beta-Alanine yang berperan penting untuk mengatur kadar Carnosine. Zat ini banyak ditemui di daging ternak terutama daging sapi dan ikan.

Tidak hanya mempengaruhi energi tubuh saja, kandungan Beta-Alanine yang tinggi juga dapat meningkatkan kekuatan dan kecepatan berlari.

Tak salah jika mengonsumsi daging secara rutin akan sangat baik terlebih bila diiringi dengan olahraga yang teratur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Daging untuk Mencegah Anemia

 Ilustrasi

Manfaat daging bagi kesehatan yang selanjutnya ialah mencegah seseorang terserang penyakit anemia. Tubuh seseorang yang terserang anemia biasanya mengalami penurunan jumlah sel darah merah dan menurunnya kemampuan darah untuk mengalirkan oksigen.

Saat terserang anemia, tubuh akan terasa lemah, lesu, letih, lemas, dan lunglai. Kondisi ini akan sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara yang dapat mencegah terjadinya anemia adalah asupan zat besi yang cukup. Daging menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi yang tinggi.

Konsumsi daging secara teratur diiringi dengan pola hidup sehat, diyakini mampu mencegah anemia.

5 dari 5 halaman

Manfaat Daging bagi Kesehatan Jantung dan Kanker

 Manfaat Daging

Penyakit jantung dan kanker menjadi jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Dua jenis penyakit ini bisa menyebabkan kematian bagi para penderitanya. Dan, daging kerap dikaitkan dengan dua jenis penyakit kronis ini.

Manfaat daging yang telah disebutkan sebelumnya bisa menjadi bumerang bagi para penderita penyakit ini. Bahkan cara pengolahan daging yang salah juga dapat menjadi pemicu penyakit jantung dan kanker.

Pengolahan daging yang terlalu matang, gosong dan menggunakan api yang besar, akan membuat nutrisi dalam daging berubah menjadi senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Begitu pula dengan terlalu banyak memakan daging mentah, kurang matang atau setengah matang.

Pengolahan yang tepat menjadi kunci utama untuk memperoleh manfaat daging bagi kesehatan tubuh. Memasak daging dengan cara memasak yang sehat bisa dilihat pada artikel “ Cara Memasak Daging secara Sehat” sebelumnya.

(Sah, Sumber: Healthline)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary