4 Manfaat Pentingnya Memantau Siklus Menstruasi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Kamis, 26 November 2020 18:12
4 Manfaat Pentingnya Memantau Siklus Menstruasi
Begini penjelasan ahli.

Dream - Memonitor siklus menstruasi seringkali terlupakan, padahal aktivitas ini berperan sangat esensial dalam seluruh tahapan hidup perempuan sejak konsepsi sampai usia lanjut, termasuk untuk perencanaan keluarga.

Menurut dr. Kartika Cory, SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi, kesadaran individu untuk memahami konsep kesehatan reproduksi, dengan memonitor siklus menstruasinya secara berkala dan intensif dapat menjaga kualitas sistem reproduksi sedari dini, mengantisipasi risiko penyakit reproduksi hingga usia lanjut, serta perencanaan keluarga yang lebih matang.

“ Monitor siklus menstruasi memang terkesan mudah, namun berdampak sangat besar, tidak hanya bagi individu itu sendiri, tapi juga mendukung kesejahteraan perempuan pada umumnya serta memastikan generasi yang sehat dan berkualitas.,"  paparnya dalam Webinar HaloTalks Vol 4: Mencatat Periode Menstruasi, Hal Mudah Berdampak Besar pada Rabu 25 November 2020. 

" Sering kali banyak isu terkait kesehatan reproduksi yang akar permasalahannya dapat lebih mudah teridentifikasi jika pasien mengetahui masa menstruasi mereka,” lanjut dokter Kartika.

1 dari 6 halaman

Menurut dokter Kartika, setidaknya ada empat manfaat penting yang bisa didapatkan ketika perempuan mencatat siklus menstruasinya. Pertama adalah untuk mengetahui masa subur sehingga meningkatkan peluang kehamilan.

" Pertama bisa untuk peluang hamil, ini kaya kapan masa suburnya yang kedua kalau sudah tahu masa subur, maka bisa jadi alat KB alamiah ini biar enggak terjadi pembuahan," ujar dokter Kartika.

Tak hanya itu, maanfaat kedua yakni menghindari adanya penyakit reproduksi sejak dini.

" Sangat penting mendeteksi anomali untuk menghindari penyakit reproduksi sejak dini," lanjutnya.

 

2 dari 6 halaman

Manfaat ketiga menurut dokter Kartika adalah untuk mengantisipasi Premenstrual Syndrome atau PMS.

" Nah biasanya kan ada PMS ini untuk menangani gejala PMS, sebab 75 perempuan subur di dunia mengaalami PMS, kalau di Indonesia 80 hingga 90 persen. Jadi kita bisamengerti atau mengantisipasi gejala berat (jika sudah tahu siklusnya)," tambah dokter Kartika.

Sementara manfaat yang keempat adalah untuk deteksi dini masalah yang berhubungan dengan menstruasi, seperti darah berlebih, darah terlalu sedikit, menstruasi telat, hingga terlalu cepat.

" Mendeteksi masalah yang berhubungan menstruasi kaya terlalu cepat terlalu lama," ujar dokter Kartika.

 

3 dari 6 halaman

Cara Mudah Mempercepat Siklus Menstruasi

Dream - Terkadang, kita perlu mempercepat siklus menstruasi karena alasan tertentu. Biasanya, hal tersebut dilakukan ketika ingin beribadah ke tanah suci atau melakukan program kehamilan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat siklus haid. Dilansir dari Sehatq.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat siklus haid.

Menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi bisa memperngaruhi tubuh secara hormonal. Sehingga, kamu bisa haid lebih cepat dari biasanya. Kamu bisa menggunakan alat kontrasepsi berbentuk cincin maupun pil.

 

 

4 dari 6 halaman

Mengonsumsi Vitamin C

Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, vitamin C diklaim dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dalam tubuh. Sehingga, dinding rahim akan luruh dan terjadi menstruasi.

 

5 dari 6 halaman

Olahraga

Berolahraga secara teratur dapat memperlancar peredaran darah dan menenangkan otot tubuh, sehingga bisa mempercepat datang bulan.

Namun jika siklus haid sudah cukup teratur, olahraga tidak akan membuat menstruasi datang lebih cepat secara signifikan.

 

6 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan

Ketika berat badan ideal, siklus menstruasi juga akan lebih teratur. Terlalu kurus akan menghambat, bahkan menghentikan siklus menstruasi.

Sedangkan, terlalu gemuk juga bisa menghambat siklus menstruasi. Jadi, jagalah berat badan agar tetap ideal.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar