4 Mitos yang Dipercaya Bisa Memengaruhi Potensi Kehamilan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 19 Oktober 2020 14:12
4 Mitos yang Dipercaya Bisa Memengaruhi Potensi Kehamilan
Cek faktanya.

Dream - Pasangan suami istri akan melakukan berbagai usaha ketika merencanakan kehamilan. Mulai menjaga pola hidup, melakukan berbagai perawatan, hingga menghindari hal yang bisa menggagalkan kehamilan.

Sayangnya, tidak semua hal seputar kehamilan merupakan fakta. Sebagian di antaranya hanyalah mitos. Dilansir oleh Sehatq.com, berikut mitos seputar hal yang memengaruhi kehamilan.

1 dari 3 halaman

Keluarnya sperma setelah berhubungan

Banyak yang percaya hal ini bisa menggagalkan kehamilan. Padahal, keluarnya sperma setelah berhubungan merupakan hal yang wajar terjadi.

Menurut WHO, terdapat 23-928 sel sperma dalam air mani pria setiap ejakulasi. Atau dapat dikatakan bahwa terdapat 9-259 juta sel sperma dalam 1 mililiter air mani.

Jadi, keluarnya air mani setelah berhubungan tidak selamanya akan memengaruhi kehamilan karena hanya diperlukan satu sel sperma untuk melakukan pembuahan.

2 dari 3 halaman

Buang air kecil setelah berhubungan bisa menghilangkan sperma

Tempat keluarnya urine dan sperma berbeda. Urine dikeluarkan melalui uretra dan sperma diejakulasi melalui saluran miss V, sehingga hal ini merupakan mitos.

Buang air kecil setelah berhubungan tidak akan memengaruhi jumlah sperma yang ada dalam tuba falopi dan menggagalkan kehamilan.

3 dari 3 halaman

Berbaring setelah berhubungan akan meningkatkan potensi kehamilan

Penelitian pada 2017 melibatkan 500 wanita yang mengalami inseminasi intrauterine (IUI) membuktikan hal ini merupakan mitos.

Sebanyak 40 persen responden yang segera bangun setelah berhubungan justru hamil. Sedangkan 32 persen yang berbaring tidak hamil.

Douching setelah berhubungan bisa menggagalkan kehamilan

Douching tidak disarankan ketika ingin mencegah kehamilan. Cara ini dapat menyebabkan infeksi, sehingga kamu perlu mencari alternatif yang lebih aman dan sehat untuk miss V.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar