4 Penyebab Haid Cenderung Datang Lebih Cepat

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 11 November 2021 18:48
4 Penyebab Haid Cenderung Datang Lebih Cepat
Beberapa perempuan ada yang mengalami siklus haid kurang dari 21 hari.

Dream - Silus menstruasi setiap perempuan berbeda-beda. Untuk siklus biasanya antara 21 hingga 35 hari, sementara durasinya 2 hingga 7 hari. Hal ini dalam kondisi yang normal.

Beberapa perempuan kerap mengalami siklus haid yang lebih cepat, yaitu kurang dari 21 hari. Banyak faktor yang menyebabkan siklus hadi jadi lebih cepat, berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari KlikDokter.com.

1. Sedang Pubertas
Pubertas wanita ditandai dengan menstruasi yang terjadi di usia 8 hingga 13 tahun. Pubertas dipicu oleh hormon yang ada di dalam tubuh, yaitu hormon reproduksi. Hormon-hormon reproduksi ini nantinya akan memengaruhi siklus menstruasi.

Pada tahun-tahun pertama menstruasi, sangat mungkin terjadi ketidakseimbangan hormon reproduksi. Dampaknya, periode menstruasi wanita dapat menjadi lebih cepat atau lebih lama.

2. Perimenopause
Perimenopause adalah transisi yang terjadi sebelum wanita memasuki masa menopause. Dokter Dyah Novita Anggraini mengungkap kalau perimenopause bisa menyebabkan menstruasi datang lebih cepat.

" Sebab saat perimenopause, hormon reproduksi jadi tidak seimbang dan mulai ada penurunan hormon estrogen," ujar dr. Dyah.

Pada saat perimenopause, hormon di dalam tubuh akan naik dan turun. Akibatnya, menstruasi bisa datang lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya.

 

1 dari 4 halaman

3. Olahraga Terlalu Intens
Olahraga terlalu intens dapat menjadi penyebab haid datang lebih cepat. Biasanya, kondisi ini dapat dialami oleh atlet yang sedang fokus mengatur berat badan.

Saat olahraga terlalu intens, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Kalori adalah bahan bakar tubuh untuk menghasilkan energi. Ketika olahraga intens, cadangan kalori akan dibakar dalam jumlah lebih banyak.

Tanpa energi yang cukup, tubuh tidak akan menghasilkan jumlah hormon reproduksi yang dibutuhkan untuk ovulasi secara normal. Ketika ovulasi terganggu, siklus haid bisa datang lebih cepat atau lambat.

Menstruasi© Shutterstock

4. Endometriosis
Endometriosis terjadi ketika jaringan mirip endometrium (lapisan terdalam rahim) tumbuh di luar rahim. Kondisi ini mengakibatkan perdarahan vagina dan terjadi di luar jadwal menstruasi.

Beberapa wanita yang mengalami endometriosis di luar jadwal haid dapat mengira bahwa menstruasi mereka datang lebih cepat. Endometriosis juga dapat menyebabkan kram menstruasi hebat, nyeri punggung bawah, dan rasa sakit selama atau setelah hubungan seks.

Selengkapnya baca di sini.

2 dari 4 halaman

Haid 2 Kali dalam Sebulan, Ketahui Pemicunya

Dream - Siklus haid biasanya terjadi dalam 21 hingga 35 hari. Sahabat Dream pernah dua kali haid dalam siklus tersebut? Jika iya, mungkin akan merasa bingung mengapa bisa terjadi.

Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, haid biasanya berlangsung selama 2–7 hari, dengan siklus 21–35 hari. Lamanya siklus tersebut dihitung dari hari pertama haid hingga terjadinya haid berikutnya.

" Lamanya siklus haid pada tahun-tahun awal mengalami kondisi ini biasanya akan berlangsung lama. Semakin bertambah usia, siklus haid akan semakin pendek,” kata dr. Jessica.

Bila terjadi dua kali haid dalam satu bulan atau satu siklus, bisa jadi pertanda ada yang tak beres dengan kondisi tubuh. Tak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter obstetri dan ginekologi.

 

3 dari 4 halaman

Untuk penyebabnya, bisa jadi banyak hal. Berikut beberapa di antaranya.

Stres
Masalah rumah tangga, pekerjaan, kondisi jalan raya membuat seseorang menjadi banyak pikiran. Kondisi ini penting untuk dikontrol karena jika tidak, level stres menjadi sangat tinggi.

Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuat sederet keluhan. Salah satunya gangguan siklus haid, saat haid pun nyeri jadi lebih hebat dari biasanya serta bisa menurunkan sistem imunitas.

Gawat, Sebagian Besar Pasien Covid-19 Alami Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur© MEN

Perubahan berat badan yang ekstrem
Naik atau turunnya berat badan secara signifikan tidak hanya memengaruhi bentuk tubuh, tapi juga berpotensi mengganggu fungsi organ-organ penting. Jika hal tersebut terjadi pada wanita, salah satu kondisi yang mungkin terjadi padanya adalah gangguan siklus haid.

 

4 dari 4 halaman

Penyakit radang panggul
Penyakit radang panggul alias pelvic inflammatory disease (PID) merupakan kondisi akibat bakteri yang menyerang sistem reproduksi wanita. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya penyakit menular seksual, seperti gonore atau kencing nanah.

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit radang panggul yang tidak teratasi adalah gangguan siklus haid. Oleh karena itu, wanita yang mengalami penyakit ini memiliki kemungkinan untuk mengalami dua kali haid dalam satu bulan.

Cara Meredakan Kembung Saat Menstruasi© MEN

PCOS
Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, PCOS atau sering disebut kista indung telur adalah kondisi yang terjadi akibat kadar hormon yang tidak seimbang sehingga pematangan sel telur mengalami gangguan.

PCOS adalah kondisi yang sering dianggap sebagai penyebab utama siklus haid tidak teratur. Pada kasus ini, wanita yang mengalaminya bisa tidak haid sama sekali, atau mengalami durasi haid yang sangat panjang.

Selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar