4 Penyebab Kulit di Sekitar Area Organ Vital Menghitam

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 1 September 2021 15:12
4 Penyebab Kulit di Sekitar Area Organ Vital Menghitam
Bisakah kulit di area tersebut kembali cerah?

Dream - Mungkin, kamu sering mengeluh seputar warna kulit di sekitar alat kelamin yang menghitam dari waktu ke waktu. Ternyata kondisi tersebut wajar dialami.

Kulit di area tersebut akan menggelap seiring dengan bertambahnya usia. Bagi pemilik warna kulit terang, kulit di area kelamin akan tampak memucat.

Sedangkan bagi pemilik warna kulit gelap, kulit di area tersebut akan terlihat lebih kecokelatan. Terlepas dari faktor usia, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang dilansir dari Sehatq berikut ini.

1 dari 2 halaman

Hormon

Sel melanosit yang berperan untuk menentukan warna kulit bersifat lebih sensitif di area kelamin. Akhirnya, perubahan warna kulit pun terjadi ketika usia bertambah, mengalami pubertas, hamil, atau penuaan.

Perubahan warna kulit di area kelamin juga dipengaruhi oleh hormon estrogen yang meningkat saat hamil dan masa pubertas. Sayangnya, perubahan tersebut bersifat permanen dan area kelamin tidak akan kembali cerah.

Gesekan

Masalah Pada Miss V© Shutterstock

Gesekan pada area kelamin dapat menyebabkan perubahan warna kulit di area kelamin. Biasanya, gesekan terjadi saat melakukan hubungan seksual, berjalan, atau berolahraga. Terutama, jika kamu mengalami obesitas.

2 dari 2 halaman

Peradangan

Peradangan di area kelamin bisa berujung pada hiperpigmentasi. Hal tersebut bisa terjadi saat terdapat jerawat di area kelamin yang rentan gesekan. Jika mengalami infeksi jamur, ingrown hairs, atau folikulitis, area kelamin juga bisa mengalami hiperpigmentasi.

Penuaan

Penuaan merupakan penyebab hiperpigmentasi yang sangat natural. Apalagi, area tersebut cukup sensitif dan sering bergesekan. Sehingga, sangat wajar untuk mengalami hiperpigmentasi.

Jika ingin mencegah penggelapan di area kelamin, hindari pemakaian pakaian ketat, jaga kelembapan pada area kelamin, berhati-hatilah ketika ingin mencukur area tersebut, serta jangan memakai pakaian yang menyerap keringat

Beri Komentar