4 Tips Berolahraga di Bulan Ramadan Agar Tubuh Tetap Segar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 9 April 2022 16:00
4 Tips Berolahraga di Bulan Ramadan Agar Tubuh Tetap Segar
Jaga rutinitas berolahraga agar tetap segar dan bugar selama bulan Ramadan.

Dream - Meski berpuasa, kamu tetap harus berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. Tentunya, kamu harus menyesuaikan intensitas berolahraga dengan kalori yang dikonsumsi agar tidak merasa lemas ketika beraktivitas.

Kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga agar tidak mudah lelah dan mendapatkan manfaat maksimal dari rutinitas tersebut. Jika ingin lebih nyaman berolahraga ketika berpuasa, kamu bisa mengikuti beberapa tips dari akun TikTok @luthfigo.

1. Berolahraga di Siang atau Malam Hari

Berolahraga© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Berolahragalah di siang atau malam hari agar lebih nyaman ketika berolahraga. Namun, sebaiknya sesuaikan jadwal berolahraga dengan kegiatanmu sehari-hari, seperti sekolah, kuliah, atau bekerja.

Luthfi sendiri menyarankan 30-45 menit sebelum berbuka puasa sebagai waktu terbaik untuk berolahraga. Kamu tidak akan merasa terlalu lapar dan bisa langsung mengisi energi kembali.

1 dari 4 halaman

2. Beristirahat atau Beribadah di Malam Hari

Berolahraga© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Meski bisa berolahraga di malam hari, namun sebaiknya kamu menggunakan waktu di penghujung hari untuk beristirahat atau beribadah agar lebih tenang. Jika perasaan dan tubuh lebih tenang, kamu pun akan lebih mudah mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang dibutuhkan di malam hari.

2 dari 4 halaman

3. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Berolahraga© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pilihlah jenis olahraga yang tepat dan berintensitas ringan. Kamu tetap bisa melakukan bodyweight training, seperti squat, plank, push up, atau lunges dan dilanjutkan dengan olahraga kardio intensitas sedang selama 5-10 menit. Dengan begitu, olahraga akan lebih efektif. Terutama, jika ingin menurunkan berat badan selama bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

4. Mandi Air Hangat Setelah Berolahraga

Berolahraga© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Jika ingin berolahraga di malam hari, pastikan tubuhmu tidak kesulitan tertidur. Mandilah segera setelah berolahraga dan sebelum tidur untuk mencegah kuman serta bakteri bersarang pada tubuhmu. Tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, kuman dan bakteri tersebut juga bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Jadi, mandilah dengan air hangat segera setelah berolahraga menggunakan sampo dan sabun berformula ringan serta melembapkan.

4 dari 4 halaman
Beri Komentar