4 Tips Memantau Suhu Tubuh Selama Pandemi Virus Corona

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 7 April 2020 16:47
4 Tips Memantau Suhu Tubuh Selama Pandemi Virus Corona
Dokter menyarankan untuk semua orang mengukur suhu tubuh mereka dua kali dalam sehari untuk memonitor kesehatan kita.

Dream – Virus corona sepeti api yang sedang menjalar ke banyak negara di dunia. Gejala infeksi virus corona Covid-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan sesak napas.

Saat ini, 95 persen kasus positif corona dengan gejala ringan diimbau menjalani karantina mandiri di rumah. Tindakan pencegahan dan karantina yang tepat bisa membebaskan tubuh dari virus corona.

Sebelum tertular virus corona, dokter menyarankan semua orang untuk rutin mengecek suhu tubuh mereka dua kali dalam sehari untuk memonitor kesehatan kita. Nah di bawah ini Dream akan mengulas beberapa tips memantau suhu tubuh selama pandemi virus corona yang sudah diverifikasi oleh dokter.

Melansir dari Times of India, mari simak ulasannya berikut ini:

1 dari 4 halaman

Variasi Suhu Tubuh Normal

 Ilustrasi© Pexels

Suhu tubuh normal manusia itu beragam, akan tetapi suhu tubuh yang paling normal adalah 37 derajat celcius. Namun tergantung usia, jenis kelamin, dan pekerjaan juga. Penelitian menunjukkan ternyata suhu tubuh normal bisa lebih rendah yaitu 36,6 derajat celcius

Banyak faktor yang memengaruhi variasi suhu tubuh normal setiap orang. Maka dari itu untuk mengukur apakah anda mengalami demam atau tidak, carilah pembacaan dengan thermometer 100,5 derajat Fahrenheit atau lebih.

2 dari 4 halaman

Cek Suhu Tubuh Secara Rutin

 Ilustrasi© unsplash.com

Sebagian besar kondisi demam mencapai puncaknya pada pukul 16.00 hingga 21.00. jika kamu mengukur suhu tubuh secara rutin dua kali sehari dalam waktu yang sama, maka kamu dapat mengukur fluktuasi kondisi suhu tubuh. Ingatlah jika kondisi demam seseorang berbeda-beda tergantung beberapa faktor yang telah disebutkan di atas.

3 dari 4 halaman

Peralatan Cek Suhu Tubuh

 Ilustrasi© Pexels

Alat yang perlu kamu miliki ketika hendak mengukur suhu tubuh adalah dengan menggunakan thermometer medis sederhana. Thermometer sudah cukup bagi untuk melakukan pembacaan secara akurat.

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendeteksi suhu tubuh. Cukup meletakkannya di dahi dan alat akan menunjukan suhu tubuhmu. Oh iya Sahabat Dream, jangan lupa untuk membersihkan thermometer dengan disinfektan secara menyeluruh setelah digunakan. Dan juga jangan menggunakan thermometer secara bersamaan dengan orang lain selama pandemi virus corona covid-19.

4 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Demam Lainnya

 Ilustrasi© Pixabay

Seringkali masyarakat menggunakan thermometer untuk mengetahui mereka demam atau tidak. Sebenarnya terdapat tanda-tanda lain di tubuh kita yang juga menunjukkan kondisi demam selain dari suhu tubuh.

Tanda-tanda lain itu adalah menggigil kedinginan, berkeringat, dan nyeri tubuh. Tanda ini adalah tanda paling umum dari gejala demam. Sehingga, apabila Sahabat Dream memantau demam selama beberapa hari dan mendapati demam anda belum turun, sudah saatnya anda memeriksakan diri ke dokter terdekat.

Selain itu, anda juga perlu melakukan isolasi diri dari orang-orang terdekat anda seperti keluarga dan kerabat. Karantina mandiri ini merupakan upaya untuk menyelamatkan mereka dari kemungkinan terinfeksi virus.

Beri Komentar