4 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari `From Survivor to Healer`

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 18 Juli 2019 18:12
4 Tips Menjaga Kesehatan Mental dari `From Survivor to Healer`
Lewat drama China ini, kita bisa belajar tentang penyakit mental dan bagaimana cara mengatasinya.

Dream - Drama asal negeri Tirai Bambu ini memberikan banyak pelajaran tentang kesehatan mental, penyakit mental, dan bagaimana cara mengatasinya.

Drama yang tayang pada bulan April 2019 lalu ini, membuka mata penonton tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

Drama yang dibintangi oleh Shawn Dou dan Vivi Miao ini berkisah tentang seorang psikiater yang jatuh cinta dengan seorang psikolog.

Tidak hanya soal kisah cinta dua praktisi kesehatan mental saja, drama ini juga menceritakan tentang kisah para pasien penyakit mental dan gangguan-gangguan mental lainnya.

Dilansir dari laman Soompi, drama ini tidak selalu serius. From Survivor to Healer juga diberi bumbu komedi ringan yang mampu membuat penonton tidak terlalu serius ketika menonton.

Dari drama ini, kisah pasien penyakit mental dan orang yang sehat mentalnya tidak bisa dibedakan. Pihak produksi drama ingin mengatakan, masalah psikologis sekecil apapun pasti pernah dialami oleh siapa saja lewat drama ini.

Apa saja tips menjaga kesehatan mental yang bisa diambil para penonton?

1 dari 4 halaman

Meluapkan Emosi

 Drama From Survivor to Healer

Tips menjaga kesehatan mental dari drama ini ada di sebuah kutipan menarik dari drama China ini.

Mental setiap manusia sama seperti kaleng. Beberapa orang punya kapasitas yang besar, namun ada beberapa yang kapasitasnya kecil. Setiap hari, berbagai hal terjadi, dan suasana hati yang dialami akan berbeda-beda.

Semua kejadian yang dialami akan di masukkan dalam kaleng itu. Semakin hari semakin banyak isinya. Jadi, harus dibersihkan secara teratur. Kalau tidak kaleng itu bisa pecah.”

Kalimat itu diucapkan oleh mentor dan bos-nya Shu Ren, Chen Yuan Geng. Pesan yang disampaikan melalui dialog ini ialah untuk mengatakan bahwa sudah sewajarnya manusia untuk meluapkan emosinya.

Menyimpan emosi terlalu lama dan bertumpuk-tumpuk justru akan memicu resiko penyakit atau gangguan-gangguan mental. Tips menjaga kesehatan mental yang bisa diambil adalah jangan memendam emosi dan luapkan emosi yang dirasakan.

2 dari 4 halaman

Mencari Pertolongan

Memiliki orang-orang dekat yang selalu ada pada saat kita merasa down secara mental menjadi sesuatu yang berharga. Biasanya, orang yang sedang mengalami masalah cenderung menjauhkan diri dan memperbanyak merenung.

Mungkin untuk saat-saat tertentu cara itu baik untuk menyembuhkan stres dan meringankan masalah yang dialami. Namun, bagi sebagian orang bisa jadi itu awal sebuah bencana.

Tidak memiliki orang terdekat untuk berbagi cerita, akan membuat pikiran bertambah stres dan bisa meningkatkan resiko gangguan pada penyakit mental. From Survivor to Healer ini memberi tahu, bahwa mencari pertolongan ketika merasa tertekan dan stres itu sangat penting.

 Drama From Survivor to Healer


Bahkan seorang praktisi kesehatan mental juga harus meminta pertolongan ketika mengalami hal serupa. Seperti yang dialami oleh Shu Ren yang diperankan oleh Shawn Dou.

Film ini juga memberi tips menjaga kesehatan mental dengan mencari pertolongan dari orang asing untuk berbagi cerita, seperti psikolog atau psikiater, ketika merasa stres atau mengalami masalah yang serius.

3 dari 4 halaman

Memulai dengan Langkah Kecil

 Drama From Survivor to Healer

Di salah satu episodenya, Shu Ren memiliki pasien yang merupakan pecandu alkohol yang berniat untuk berhenti minum alkohol selamanya. Dan, Shu Ren mengatakan, “ Apa gunanya bersumpah? Anda harus punya keberanian untuk melakukannya…

Mulailah dari tujuan kecil. Jangan minum (alkohol) selama sehari, misalnya. Kesuksesan kecil lebih baik daripada kegagalan yang berasal dari kata-kata inspirasi yang membual.”

Apa yang dikatakan Shu Ren membawa dampak besar bagi pasiennya. Tidak hanya itu, apa yang dikatakan Shu Ren sebenarnya adalah tips menjaga kesehatan mental yang disisipkan melalui dialog.

Jangan terlalu muluk membuat tujuan pribadi yang terlalu tinggi, tapi mulailah dari langkah kecil namun akan menghasilkan suatu kebanggaan yang berarti.


Langkah kecil yang berhasil, biasanya meninggalkan kesan yang sangat mendalam dalam diri, dan bisa menjadi motivasi terkuat di saat diri merasa tertekan dan menyerah.

4 dari 4 halaman

Berpikir Positif

 Drama From Survivor to Healer

Tips menjaga kesehatan mental dari drama ini yang terakhir ialah, terus mencoba berpikir positif. Setiap orang memiliki ‘pengganggu’-nya masing-masing yang akan terus membuat kita berpikir bahwa kita sendiri dan menderita. Itu adalah pikiran yang salah.

Drama ini berulang kali menunjukkan bahwa kita tidak sendiri, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk keluar dari masalah yang sedang dihadapi, seberat apapun. Syaratnya satu, asalkan kita mau terus berpikir positif.

“ Kita tidak bisa memilih seperti apa keluarga yang kita inginkan saat lahir. Tapi, tidak peduli keluarga macam apa yang kamu miliki, kaya atau miskin, tidak bisa menentukan kebahagiaan ataupun kesedihan kita. Dalam hal emosi, semua manusia itu sama.”

Sebuah kutipan yang sangat menyejukan dari Shu Shu dan Shu Ren. Penasaran dengan drama yang satu ini? Lihat dulu trailer-nya di sini. (ism)

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting