4 Tips dan Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa, Gak Bikin Haus!

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 11 April 2022 18:35
4 Tips dan Waktu Terbaik Berolahraga Saat Puasa, Gak Bikin Haus!
Sebenarnya olahraga saat berpuasa tetap bisa dilakukan loh Sahabat Dream. Tinggal memilih waktu yang pas dan jenis aktivitas yang bisa dilakukan.

Dream - Bulan suci Ramadan menjadi momen yang tepat untuk memulai banyak hal positif untuk kesehatan jasmani maupun rohani. Apabila kesehatan rohani dipenuhi dengan ibadah, menjaga kesehatan jasmani bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat, salah satunya dengan olahraga.

“ Olahraga yang teratur membantu tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang membantu mood kita lebih bagus, buat yang insomnia juga bisa mulai olahraga agar tidur bisa lebih nyenyak,” jelas dr. Elsye, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Halodoc, pada acara virtual Halotalks, baru-baru ini.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Menjalani olahraga di tengah bulan puasa tentu punya tantangan tersendiri. Belum lagi harus menyesuaikan dengan padatnya pekerjaan atau aktivitas di luar rumah lainnya.

Selain itu, masyarakat cenderung mengabaikan olahraga karena belum mengetahui harus mulai dari mana, termasuk menjaga asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengimbangi olahraga yang ideal.

1 dari 4 halaman

Olahraga dengan Gerakan Sederhana

Sebenarnya olahraga saat berpuasa tetap bisa dilakukan dengan gerakan yang sederhana. Sahabat Dream tidak perlu melakukan olah tubuh yang ekstrem jika merasa tidak kuat.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Olahraga sebenarnya bisa dimulai dari gerakan yang sederhana, misalnya lakukan minimal 10.000 langkah setiap hari atau bisa juga dilakukan minimal 10 menit setiap 2 jam,”
jelas dr. Elsye.

Dr. Elsye menambahkan bahwa jalan di tempat atau peregangan ringan yang penting dilakukan secara teratur.

2 dari 4 halaman

Intensitas Olahraga Saat Puasa

Tidak adanya asupan makanan dan minuman di pagi hari hingga waktu maghrib tentu membuat tubuh terasa lebih lemas dibanding hari-hari biasanya.

Maka dari itu intensitas olahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh saat puasa.

“ Saat berpuasa, olahraga bisa dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun, kalau masih memiliki cadangan energi, 1 jam sebelum buka puasa atau 1 jam setelah sahur bisa dilakukan dengan intensitas ringan saja,” jelas dr. Elsye.

 

3 dari 4 halaman

Waktu Olahraga Saat Puasa

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Mungkin Sahabat Dream bertanya-tanya kapan waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Sebenarnya, bisa dilakukan kapan saja sesuai kondisi tubuh setiap orang.

Namun, dr Elsye merekomendasikan waktu yang paling tepat adalah 1-2 jam setelah berbuka puasa. Karena pada waktu ini makanan sudah mulai diserap tubuh dan menjadi energi untuk tubuh lebih efektif melakukan olahraga.

 

4 dari 4 halaman

Konsultasi Tentang Olahraga ke Dokter

Sahabat Dream juga bisa konsultasikan ke dokter tentang kondisi tubuh dan pola olahraga yang cocok selama berpuasa.

“ Kuncinya adalah konsistensi dan tidak ragu mengkonsultasikan kondisi kesehatan apapun ke dokter yang kini sangat dipermudah oleh Halodoc,” tambah dr. Elsye.

Selama bulan Ramadan, Halodoc menghadirkan program Sajadah atau Sehat Jadi Mudah dengan penawaran spesial untuk pengguna Halodoc. Masyarakat bisa menjalani puasa tanpa perlu khawatir karena layanan konsultasi dokter di Halodoc bisa dilakukan 24/7. Layanan ini bisa dimanfaatkan dari Rp15 ribu.

“ Halodoc mengajak masyarakat untuk ‘sedia payung sebelum hujan’ agar terhindar dari berbagai risiko penyakit. Hal sederhana yang bisa dilakukan, misalnya mulai berolahraga dan yang paling penting mengetahui risiko penyakit agar bisa diantisipasi sejak awal. Di sinilah Halodoc menjalankan peran untuk memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi agar masyarakat senantiasa sehat, termasuk ketika sedang berpuasa,” Felicia Kawilarang, Chief Marketing Officer Halodoc pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar