Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Trik Aman Belanja Bulanan Saat Pandemi

4 Trik Aman Belanja Bulanan Saat Pandemi Belanja Bulanan/ Foto: Shutterstock

Dream – Kebutuhan bulanan di rumah sudah mulai menipis. Tentunya kita harus menyetok lagi dengan belanja bulanan. Dalam situasi pandemi seperti sekarang beberapa orang memilih untuk belanja secara online.

Jika Sahabat Dream sudah vaksin, dan ingin berbelanja bulanan secara langsung, sebenarnya tidak masalah. Kuncinya adalah menjalani protokol kesehatan dengan ketat. Pastikan Saja menerapkan empat hal berikut demi kesehatan dan mengurangi penularan Covid-19

Jaga jarak
Menjaga jarak adalah hal penting dan harus diterapkan setiap keluar rumah. Termasuk saat belanja bulanan atau ketika berdampingan dengan pembeli lain. Pastikan jarak minimal dua meter. Dengan menjaga garak, risiko terkena droplet bisa diminimalisir.

“Mungkin ini tampak sepele, namun masih banyak yang tak melakukannya,” ujar Dr. Larkin, dari Ms. Medicine, dikutip dari Reader Digest.

Hindari jam sibuk
Pilih-pilih waktu yang paling sepi. Bisa juga order dulu barang belanjaan kemudian mengambilnya. Hindari belanja di awal bulan dan akhir pekan. Akan lebih baik belanja malam hari sepulang kerja ketika kondisi toko agak sepi.

“Menghindari keramaian dapat mengurangi interaksi kontak dekat dengan orang lain, dan risiko penularan covid-19 bisa ditekan,” kata Jonas Nilsen, seorang dokter.

 

Hindari pembayaran tunai
Jika memungkinkan selalu gunakan kartu debit atau bentuk pembayaran elektronik lainnya. Ini akan mengurangi sentuhan pada uang kertas atau koin, yang berpotensi membawa virus maupun bakteri. Uang seperti kita tahu dipegang banyak orang dan kondisinya sangat tidak steril.

Jangan lupa bersihkan tas belanja
Jika menggunakan tas yang digunakan berulang kali, pastikan mencucinya dengan sabun. Rendam di air hangat berisi sabun. Cara ini akan mematikan virus dan bakteri yang menempel. Sehingga saat dipakai kembali tas belanjaan sudah dalam keadaan bersih dan aman digunakan.

Laporan Delfina Rahmadhani

Sakit Telinga Termasuk Gejala COVID-19? Simak Penjelasan Ahli

Dream – Sudah nyaris dua tahun kita hidup bersama Covid-19. Sahabat Dream mungkin sudah hafal dengan gejala khas penyakit yang disebabkan virus corona ini. Seperti demam, nyeri tubuh, kehilangan kemampuan indera perasa atau penciuman (anosmia)

Beberapa penderita Covid-19 juga diketahui memiliki gejala pada sistem pernapasan seperti pilek dan sakit tenggorokan. Bahkan, virus ini juga menyebabkan gangguan gastrointestinal seperti diare, mual, dan sembelit.

Sakit Telinga Termasuk Gejala COVID-19? Simak Penjelasan Ahli

Varian delta yang menginfeksi seluruh dunia menyebabkan peningkatan kasus akhir-akhir ini. Beberapa orang melaporkan gejala yang berbeda seperti sakit telinga.

Dilansir dari Health, pelatih tim football Tennessee Titans, Mike Vrabel mengungkapkan bahwa ia mengalami sakit telinga ketika terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkinkan sakit telinga merupakan gejala baru? Atau hanya efek pernapasan?

 

Apa gejala umum pasien COVID-19?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memberikan daftar gejala paling umum yang biasa dirasakan oleh pasien:

- Demam atau kedinginan
- Batuk
- Sesak napas
- Kelelahan
- Nyeri otot atau tubuh
- Sakit kepala
- Kehilangan kemampuan indera perasa dan penciuman
- Sakit tenggorokan
- Pilek
- Mual atau muntah
- Diare

Sakit

CDC kemudian mengklarifikasi bahwa daftar ini bukanlah yang terlengkap. Artinya, tidak semua orang merasakan gejala yang sama, hanya saja gejala di atas yang paling sering dilaporkan.

 

Jadi, apakah sakit telinga termasuk gejala? Bisa jadi. Amesh A. Adalja, MD, seorang peneliti senior di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health Center for Health Security mengatakan, dia tidak akan menyebut sakit telinga sebagai gejala umum tapi, bukan berarti tidak pernah terdengar.

“Banyak infeksi pernapasan terutama yang menyebabkan sakit tenggorokan, terkadang juga dapat menyebabkan sakit telinga,” katanya.

Menurut dokter penyakit menular di UWHealth, Ellen Wald, MD, sakit telinga terjadi selama infeksi pernapasan karena hubungan saluran antara hidung dan telinga. Ia menjelaskan, ada lorong yang disebut tabung eustachius yang menghubungkan telinga dan bagian belakang tenggorokan. Tabung ini mengalirkan udara ke telinga dan mengalirkan cairan dari telinga.

"Ketika seseorang mengalami infeksi saluran pernapasan, saluran hidung dapat mengalirkan lendir ke tenggorokan dan tenggorokan dapat mengirim cairan naik ke tabung eustachius. Tabung ini kemudian bisa tersumbat dan mengganggu kemampuan telinga untuk mengalirkan cairan sehingga menyebabkan sakit telinga," ujarnya.

 

Sakit telinga bisa terjadi pada siapa saja, namun dr. Wald mengatakan, sangat umum terjadi pada anak kecil karena saluran eustachiusnya lebih kecil dan mudah tersumbat.

Apakah sakit telinga lebih sering terjadi pada varian delta? Meskipun tidak semua pasien COVID-19 mengalami masalah telinga, namun sakit telinga bisa saja akibat varian Delta yang terus melonjak.

“Sepertinya Delta memiliki lebih banyak gejala saluran pernapasan bagian atas sehingga masuk akal orang dengan varian Delta akan mengalami sakit telinga,” kata Taylor Heald-Sargent, MD, asisten professor pediatri di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Laporan Elyzabeth Yulivia

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Tips Mengisi Waktu Libur Setelah Nyoblos pada Pemilu 2024, 'Enaknya Ngapain Ya?'

8 Tips Mengisi Waktu Libur Setelah Nyoblos pada Pemilu 2024, 'Enaknya Ngapain Ya?'

Setelah mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum 2024, berikut beberapa tips untuk mengisi waktu liburan Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Jangan Kalap, 5 Tips Tetap Makan Seimbang Saat Lebaran

Jangan Kalap, 5 Tips Tetap Makan Seimbang Saat Lebaran

Berikut ini adalah beberapa tips bijak yang dapat membantu Sahabat Dream menikmati hidangan Lebaran dengan lebih terkontrol.

Baca Selengkapnya
5 Tips Tetap Fit Menjalani Hari Kala Puasa, Yuk Mulai Dipersiapkan

5 Tips Tetap Fit Menjalani Hari Kala Puasa, Yuk Mulai Dipersiapkan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sahabat Dream dapat menjalani bulan Ramadhan dengan kesehatan yang baik dan tetap fit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

Ada loh beberapa tips awet kenyang saat puasa, rasa lapar dapat dikendalikan dan tubuh pun tetap berenergi selama puasa.

Baca Selengkapnya
Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Pancarkan cantikmu di momen Lebaran dengan rekomendasi perawatan ini.

Baca Selengkapnya
4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

4 Tips Kurangi Rasa Begah Pada Lambung Saat Buka Puasa

Begah tidak hanya karena terlalu banyak makan tapi bisa jadi karena kebiasaan makan yang kurang tepat dimana memberi beban tambahan pada kerja lambung.

Baca Selengkapnya