5 Cara Agar Pintar dengan Mengasah Kemampuan Berfikir

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 16 Agustus 2019 10:48
5 Cara Agar Pintar dengan Mengasah Kemampuan Berfikir
Mengasah kemampuan ternyata dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar, lho!

Dream - Menjadi pintar dalam waktu singkat memang tidak mudah. Walau begitu, kita masih bisa berusaha untuk meningkatkan kepintaran kita dengan rajin melatih otak dan terus berfikir.

Salah satu faktor yang menjadi tolak ukur dalam kepintaran ialah kemampuan mengingat. Kemampuan mengingat yang baik, diyakini mampu menunjang pembelajaran dan pemahaman seseorang. Dan, untuk mengukur kepintaran seseorang, biasanya ahli akan melakukan tes kepintaran atau yang lebih populer dikenal dengan tes IQ.

Dalam tes tersebut, kita diminta mengerjakan beberapa jenis soal. Seperti soal kemampuan kita berbahasa, kemampuan analisis, dan kemampuan-kemampuan lainnya. Seluruh soal-soal ini akan diakumulasikan dalam satu skor yang akan menunjukkan seberapa pintar kita.

Skor IQ seseorang bisa bertambah atau menurun tergantung pada kondisi kecerdasan seseorang. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kepintaran, otak harus terus dilatih. Latihan otak tidak harus selalu dengan membaca, mengerjakan soal dan lain sebagainya. Namun bisa dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1 dari 5 halaman

Percaya pada Kemampuan Diri Sendiri

 Cara Agar Pintar

Dalam buku Learning Skills Cycle, motivasi disebutkan sebagai langkah pertama dalam memulai sesuatu. Hal ini juga berlaku dalam cara agar pintar dan kecerdasan kita meningkat. Meyakinkan diri sendiri akan kemampuan yang dimiliki menjadi motivasi awal yang harus diterapkan sedari kecil.

Kurangnya rasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki akan sangat mempengaruhi pola pikir. Untuk membuat diri kita menjadi lebih pintar dan untuk meningkatkan kecerdasan, pola pikir kita harus kita ubah dengan lebih percaya pada kemampuan diri sendiri, percaya bahwa sebenarnya diri kita adalah orang yang pintar.

Dengan pola pikir ini, alam bawah sadar kita akan lebih termotivasi dalam melakukan sesuatu. Begitu pula cara agar pintar, yang harus dilakukan pertama kali adalah meyakinkan diri sendiri atas kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu, semangat untuk melakukan sesuatu akan terus tertanam, dan akan membuat otak kita lebih mudah menerima hal baru.

2 dari 5 halaman

Cari Motivasi

 Cara Agar Pintar

Apabila cara agar pintar yang pertama masih kurang memotivasi, cobalah cara kedua ini. Mencari motivasi dari orang lain, misalnya mencari tokoh idola atau sosok yang bisa menjadi sumber motivasi kita dalam mengerjakan sesuatu.

Selain dengan mencari tokoh inspiratif yang bisa membantu memotivasi, Sahabat Dream juga bisa membuat sebuah diagram atau grafik yang menarik tentang tujuan hidup atau pola belajar yang harus dipelajari. Buat semenarik mungkin dan letakkan di tempat-tempat strategis.

Kedua cara ini ampuh untuk menumbuhkan motivasi dalam diri kita untuk terus belajar dan mencapai tujuan. Apabila motivasi dapat terdorong, maka kita akan bersemangat dalam mengerjakan sesuatu, khususnya dalam belajar. Tentu saja, hal ini akan mempengaruhi kemampuan otak dalam bekerja dan memahami sesuatu.

3 dari 5 halaman

Menyederhanakan Pola Pikir

 Cara Agar Pintar

Cara agar pintar selanjutnya ialah menerapkan cara berpikir yang sederhana, atau bisa juga dengan menyederhanakan pola pikir. Fokus pada tujuan, menyaring informasi yang penting dan memilah informasi yang kurang penting, menjadi salah satu cara menyederhanakan pola pikir.

Menyederhanakan pola pikir sangat penting dilakukan dan memiliki kaitan dengan kemampuan mengingat. Berpikir terlalu rumit dengan menelan mentah-mentah segala informasi akan membuat kemampuan menyimpan memori akan berkurang, sehingga akan menurunkan peforma otak.

Mengendalikan informasi yang masuk, pemahami dan memilahnya terlebih dahulu mungkin terdengar sangat rumit. Namun, aslinya kerja ini dapat dilakukan dalam hitungan detik, bahkan tanpa kita sadari. Ketidaksadaran kita dalam menyimpan informasi ternyata sangat berpengaruh dalam upaya meningkatkan kecerdasan.

Semakin banyak informasi yang kita telan mentah-mentah tanpa menganalisisnya terlebih dahulu, maka semakin malas pula otak untuk memahami dan memilah informasi, sehingga akan menurunkan kecerdasan yang kita miliki.

4 dari 5 halaman

Menganalisis Isu

Masih berkaitan dengan cara agar pintar dengan menyederhanakan pola pikir, kemampuan menganalisis isu atau sebuah masalah juga mempengaruhi tingkat kepintaran seseorang. Misalnya saja Albert Einstein yang terkenal sebagai seorang ilmuwan cerdas, ia selalu melakukan analisis masalahnya dan mempraktekkannya dengan eksperimen.

 Cara Agar Pintar


Menganalisis isu seperti yang dilakukan oleh Einstein mungkin terdengar sedikit sulit untuk ditiru. Ada jalan mudah untuk membuat kita mudah untuk menganalisis sebuah isu, yaitu dengan membuat tabel atau diagram kunci informasi.

Mengumpulkan informasi penting terkait masalah yang dihadapi dan menuliskannya dalam sebuah tabel sesuai dengan kategori, kemudian menganalisisnya. Cara tersebut sangat ampuh bagi kita untuk memahami sebuah masalah dan sebagai jalan untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi.


Cara agar pintar ini saling berkaitan dengan cara-cara sebelumnya, seperti menyederhanakan pola pikir, dan memotivasi diri.

5 dari 5 halaman

Mengidentifikasi Detail Penting

 Cara Agar Pintar

Setelah melakukan analisis isu dan memahaminya, kita akan dihadapkan pada kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, mulai dari secara garis besar hingga sampai ke titik terkecilnya. Apabila kemampuan ini bisa kita peroleh, maka dengan sendirinya kepintaran dan kecerdasan kita akan meningkat.

Meningkatnya kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh kinerja otak. Kemampuan otak dalam melakukan analisis dan identifikasi yang terus diasah, akan membuat kecerdasan seseorang meningkat. Kemampuan untuk mengidentifikasi detail permasalahan menjadi salah satunya.

Cara agar pintar ini merupaka cara lanjutan dari cara sebelumnya, setelah kita membuat tabel atau diagram analisis masalah, kita harus bisa melakukan identifikasi pada hal-hal kecil dalam permasalahan tersebut.

Kemampuan pemahaman menjadi kunci dalam meningkatkan kemampuan yang satu ini. Yang terpenting adalah, jangan malas untuk membaca dan melakukan hal-hal baru.

Sumber: Psychology Today

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri