5 Cara Alami Redakan Rasa Nyeri Saat `Tamu Bulanan` Datang

Reporter :
Kamis, 29 Juli 2021 17:35
5 Cara Alami Redakan Rasa Nyeri Saat `Tamu Bulanan` Datang
Bisa kamu terapkan saat si tamu merah datang.

Dream - Saat sedang datang bulan, kamu pasti pernah merasa kurang nyaman karena rasa nyeri di payudara, bagian bawah perut serta kembung yang tak kunjung usai. Belum lagi hadirnya si tamu merah ini bisa bikin suasana hati tidak menentu.

Akibat gejala normal saat datang bulan tersebut, nggak jarang bikin kamu menjadi malas melakukan aktivitas apapun. Sahabat Dream yang sedang bekerja pasti mengalami produktivitas yang berkurang. Celakanya beberapa tugas harus dikejar dan diselesaikan dengan cepat.

Tenang, untuk melawan rasa malas tersebut, kamu nggak perlu khawatir harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Sahabat Dream bisa lakukan beberapa tips untuk meredakan masalah yang timbul kala datang bulan ini dengan cara alami.

1 dari 4 halaman

Kompres panas

Ilustrasi© shutterstock

Saat nyeri menyerang bagian bawah perut, cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan mengompresnya. Kamu bisa menggunakan handuk yang sudah direndam air panas terlebih dulu.

Nyeri atau kram perut bagian bawah disebabkan otot-otot rahim yang tegang, oleh sebab itu dengan mengompresnya dapat melancarkan sirkulasi darah pada bagian tersebut.

2 dari 4 halaman

Mengoleskan essential oil

Mengoleskan essential oil pada bagian bawah perut dapat meredakan rasa nyeri yang terjadi. Kamu dapat menggunakan essential oil lavender atau bisa juga dicampur dengan minyak kelapa.

Ilustrasi© shutterstock

3 dari 4 halaman

Teh herbal

Meminum teh herbal bisa memberikan ketenangan untuk diri kita. Walau belum ada penelitihan yang mengatakan teh herbal dapat membantu meredakan sakit saat haid, kamu tetap bisa minum teh herbal untuk memberikan sensasi tenang.

Kamu bisa memilih minum teh chamomile ataupun peppermint saat sedang sakit datang bulan.

Berendam air hangat

Untuk membuat otot rahim tidak tegang, kamu juga dapat berendam dalam air hangat. Tidak hanya membuat badan menjadi lebih rileks, berendam air hangat bisa membuat kamu merasa tenang.

Ilustrasi© shutterstock

Berendam air hangat dengan suhu panas yang pas dan berikan beberapa tetes essetial oil lavender ke dalam air rendaman, jangan lupa nyalakan lilin aromaterapi agar lebih rileks.

4 dari 4 halaman

Yoga

Ilustrasi© shutterstock

Yoga adalah salah satu olahraga yang dapat melepaskan hormon endorpin dan membantu meredakan sakit saat datang bulan. Mulailah berlatih yoga saat pagi hari, untuk membuat tubuh lebih kuat.

Sumber: Fustany

Beri Komentar