5 Cara Atasi Bibir Kering Selama Berpuasa

Reporter : Dwi Ratih
Sabtu, 17 April 2021 15:00
5 Cara Atasi Bibir Kering Selama Berpuasa
Kurangnya cairan dalam tubuh bikin bibir mengelupas.

Dream - Bukan cuma masalah nahan lapar, haus, dan emosi saja yang harus dikendalikan kala puasa. Setelah beberapa hari berpuasa di tengah cuaca yang cukup terik dari pagi sampai menjelang sore, masalah bibir kering atau pecah-pecah sering kali timbul dan butuh perawatan ekstra.

Kita tahu bahwa selama Ramadan, kita diwajibkan menjalankan puasa selama lebih dari 12 jam setiap harinya. Selama itu, metabolisme di dalam tubuh akan berubah karena tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman.

Hal itu menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan sehingga memicu bibir menjadi pecah-pecah terkadang bisa sampai berdarah.

Tapi jangan khawatir Sahabat Dream, kamu bisa cegah serta mengatasi masalah bibir kering dengan mudah, kok!

Berikut deretannya!

1 dari 3 halaman

Gunakan lip scrub

Tidak harus setiap hari, kamu bisa gunakan scrub melakukannya setidaknya satu kali dalam seminggu.

Jika kamu tidak memiliki scrub, kamu bisa menggunakan sikat gigi sebagai salah satu alternatifnya.

Caranya dengan membasahi bibir menggunakan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut, lakukan secara perlahan agar tidak melukai bibir.

Ilustrasi© Shutterstock

Pakai pelembap

Pelembap bibir selalu menjadi solusi andalan jika bibir kering saat puasa. Namun, tahukah kamu kalau bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam pelembap bibir dapat membuat bibir menjadi lebih kering?

Beberapa kandungan, seperti kamper, mentol, dan fenol dapat mengeringkan bibir membuat bibir jadi lebih kering dari sebelumnya.

Carilah kandungan dalam pelembap bibir yang dapat menenangkan dan melembapkan bibir, seperti lanolin, ceramide, petroleum, dan beeswax.

Oleskan pelembap bibir sebanyak 6-8 kali sehari, jadi bawalah pelembap bibir di mobil, tas, ataupun meja kerja. Sebelum kamu menggunakan lipstik ataupun lip gloss gunakanlah pelembap bibir terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Atur asupan cairan

Kamu memang tidak dapat minum air saat puasa untuk mengatasi dehidrasi, tetapi kamu dapat mengatur asupan cairan sebelum dan sesudah puasa.

Minumlah 8-12 cangkir air setelah berbuka puasa dan sebelum sahur.

Selain mengatur asupan cairan tubuh, kamu juga perlu menjaga asupan garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur yang digunakan saat sahur dan berbuka puasa.

Garam, gula, dan bumbu-bumbu dapur yang berlebih dapat menimbulkan dehidrasi.

Ilustrasi© Shutterstock

Makan Sayur dan Buah Saat Buka

Makan sayur dan buah sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dapat mencegah bibir kering saat puasa.

Apalagi dengan kandungan vitamin C yang ada pada sayur dan buah tersebut akan sangat membantu dalam mencegah bibir kering pada siang hari saat berpuasa.

3 dari 3 halaman

Hindari makan pedas & asin

Memang makanan pedas dan asin sangat lezat apalagi sudah diidam-idamkan sejak 12 jam lalu.

Tapi, sebaiknya pada bulan puasa kamu menghindari makanan ini karena bisa menyebabkan bibir menjadi kering. Jadi jangan sampai makan makanan yang pedas dan asin ketika berbuka maupun ketika sahur.

Ilustrasi© Shutterstock

Nah kalau penampilan sudah oke, buat Sahabat Dream ketinggalan atau ingin menyaksikan kembali program Pingin Sahuran episode 1 bersama Coki Pardede, Tretan Muslim & Habib Husein Ja’far, jangan bersedih hati. Kamu bisa menyaksikannya lagi di link vidio ini

Beri Komentar