5 Cara Dapatkan Tidur Berkualitas dalam Waktu Singkat

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 20 Juni 2018 07:45
5 Cara Dapatkan Tidur Berkualitas dalam Waktu Singkat
Atur cahaya saat kamu tidur dan pastikan bantal yang dipakai nyaman.

Dream - Tidak hanya mengantuk, kurang tidur bisa mengundang berbagai macam penyakit. Karena, pada dasarnya tubuh kita membutuhkan waktu istirahat tujuh hingga delapan jam sehari.

Jika tidak, akan ada risiko terkena pelbagai masalah, seperti berat badan, sakit kepala, badan lelah, dan sebagainya. Karena itu kita harus mengenal cara tidur nyenyak dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dilansir laman Brightside, berikut tip agar bisa mendapatkan tidur berkualitas dalam waktu terbatas.

1. Bangun pada jam yang sama setiap hari

 Sunah Rasulullah SAW Saat Bangun Tidur

Sumber Foto: Shutterstock

Umat Islam seharusnya bersyukur karena ada sholat Subuh dengan waktu yang sama setiap hari. Karena untuk mendapatkan tidur berkualitas, disarankan bangun tidur di jam yang sama setiap hari.

Tubuh harus dibiasakan untuk bangun tidur di jam yang sama. Begitu juga dengan waktu tidur. Hal ini akan memberitahu otak bahwa ada jam-jam tertentu yang digunakan untuk memulihkan kebugaran tubuh.

2.  Jaga kelembapan, temperatur dan cahaya saat tidur

Jika kelembapan tidak cukup, proses pemulihan tubuh melambat dan tidur menjadi lebih buruk. Tingkat kelembapan optimal adalah 45% atau bahkan 70%.

Untuk menjaga tingkat kelembapan, bisa membeli humidifier sederhana dan menyetelnya dalam level kelembapan yang dibutuhkan. Sementara, untuk temperatur optimal agar tidur lebih berkualitas berkisar antara 15-20 derajat Celcius.

Selain itu, semakin sedikit cahaya berada dalam ruangan, semakin cepat otak memproduksi hormon melatonin. Ini adalah hormon tidur yang hanya dilepaskan jika mata menemukan kondisi gelap. Hormon ini baik diproduksi pukul sebelas malam sampai pukul empat pagi.

3. Olahraga pagi hari

 Tips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers

Sumber Foto: Shutterstock

Olah raga meningkatkan suhu dan efisiensi tubuh. Penting untuk melakukan olah raga yang akan membuat kamu berkeringat. Lakukan semuanya dengan cepat selama 10-15 menit.

4. Hindari makanan tertentu

Agar bisa tidur nyenyak, kamu tidak boleh minum alkohol, merokok, minum minuman berenergi, atau makan makanan berat yang berlemak. Bahkan es krim yang dimakan sebelum tidur, dapat mengganggu tahap tidur nyenyak.

5. Bantal berkualitas

 Salah Pilih Bantal Bisa Sebabkan Alzheimer?

Sumber Foto: Shutterstock

Bantal ternyata juga menjadi faktor penting agar tidur singkat berkualitas. Karena berkaitan dengan masalah leher, punggung dan aliran darah. (eko)

Beri Komentar
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak