5 Dampak Buruk Menghindari Karbohidrat Saat Diet

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 21 Februari 2021 15:32
5 Dampak Buruk Menghindari Karbohidrat Saat Diet
Jangan sampai tubuhmu kurang sehat akibat menghindari karbohidrat.

Dream - Karbohidrat seringkali menjadi jenis makanan yang dihindari saat ingin menurunkan berat badan. Padahal, karbohidrat juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali akan berdampak buruk pada kesehatan. Penurunan berat badan pun tidak akan sehat. Dilansir dari Eat This, berikut dampak menghindari karbohidrat bagi tubuh.

Menjadi lebih sensitif

Jika bertemu dengan seseorang yang sensitif dan mudah marah, mungkin lawan bicaramu kekurangan konsumsi karbohidrat.

Karbohidrat berpengaruh besar pada kadar gula darah. Jika gula darah rendah, tubuhmu bisa memproduksi hormon yang menyebabkan stres. Sehingga, kamu pun akan lebih mudah marah, cemas serta sulit fokus.

1 dari 2 halaman

Sering sakit kepala

Selain stres, kadar gula yang rendah juga bisa menyebabkan sakit kepala. Konsumsilah karbohidrat kompleks dalam jumlah yang wajar jika ingin lebih sehat dan nyaman.

Mengalami konstipasi

Hal ini bisa terjadi ketika pola makanmu berubah drastis. Jika tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali dan menggantinya dengan protein maupun lemak, kamu bisa mengalami konstipasi.

Mengonsumsi karbohidrat juga sangat penting untuk menjaga asupan serat yang memperlancar sistem pencernaan. Jadi ketika dihindari sepenuhnya, sistem pencernaanmu bisa terganggu.

2 dari 2 halaman

Merasa lemas

Ketika mulai menghindari karbohidrat, tubuhmu akan terasa lemah dan pusing. Jadi, kamu tetap harus memenuhi kebutuhan harian untuk membuat tubuhmu tetap kuat serta bertenaga.

Mengalami peningkatan nafsu makan

Kurangnya konsumsi satu jenis makanan seperti karbohidrat bisa meningkatkan nafsu makan. Yang membedakan hanyalah pemilihan jenis makanannya.

Sehingga, berat badan pun tidak akan turun karena jumlah kalorinya tetap sama atau lebih tinggi.

Beri Komentar