5 Fakta Unik Seputar Puting Payudara, Wanita Wajib Tahu

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 17 Januari 2020 17:12
5 Fakta Unik Seputar Puting Payudara, Wanita Wajib Tahu
Puting susu merupakan bagian tengah dari areola.

Dream - Banyak hal yang kerap diperbincangkan soal payudara wanita. Mulai dari bentuknya yang normal dan keunikannya.

Di samping memperhatikan kesehatan payudara, wanita juga memperbincangkan seputar puting susu.

Bagian tengah dari areola ini biasanya baru menarik perhatikan jika seorang wanita masuk periode menyusui buah hatinya. Padahal banyak fakta unik yang mungkin tak diketahui banyak orang, terutama wanita.

Dilansir dari Times of India, berikut fakta menarik seputar puting susu.

1 dari 5 halaman

1. Nipple Makeup

Tren ini mulai dilakukan di Jepang agar puting susu terlihat lebih merona dan berwarna merah muda. Hal ini dilakukan karena umumnya wanita Asia memiliki puting susu berwarna kecokelatan.

shutterstock© shutterstock.com

2. Sebagian Orang Memiliki Lebih dari Dua Puting Susu

Ya, sebagian orang memiliki lebih dari dua puting susu yang biasa disebut supernumerary nipples. Puting susu lainnya ini disebut polymastia atau polythelia.

Pada 2012, laki-laki asal India diketahui memiliki 7 puting susu ekstra.

2 dari 5 halaman

3. Nipplegasm

Nipplegasm merupakan orgasme yang terjadi akibat menyentuh puting susu. Hal ini terjadi pada beberapa wanita yang mengalami stimulasi pada puting susunya. Namun, hal ini hanya terjadi ketika puting susu sangat sensitif.

shutterstock© shutterstock.com

4. Puting Susu yang Mengeras Merupakan Tanda Gairah Seksual

Gairah seksual merupakan salah satu penyebab puting susu mengeras. Ini bisa jadi tanda awal seorang wanita bergairah ketika puting susunya membengkak sebesar 25 persen.

3 dari 5 halaman

5. Rambut di Puting Susu Merupakan Normal

Jika khawatir dengan adanya folikel atau rambut di areola, kamu perlu mengetahui bahwa hal ini sangat umum dimiliki oleh wanita.

Mulai dari hormon yang fluktuatif, banyaknya hormon laki-laki, pengobatan dan kondisi medis bisa menjadi penyebabnya.

4 dari 5 halaman

Tidak Pakai Bra Bikin Payudara Kendur, Mitos Atau Fakta?

Dream - Bra merupakan kunci dalam menjaga payudara. Bra menjadi penutup yang baik serta melawan gravitasi di sekitar payudara sehingga buah dada dapat lebih terangkat.

Namun beberapa orang memilih tidak mengenakan bra saat tidur. Ada juga yang tidak memakainya ketika beraktivitas.

Bahkan setiap 13 Oktober diperingati sebagai Hari Tanpa Bra Sedunia. Para wanita diimbau agar tidak memakai bra selama satu hari sebagai simbol penyemangat bagi para penderita kanker payudara.

Tapi apakah payudara berisiko mengendur jika wanita tidak memakai bra?

" Itu enggak benar sih. Yang penting siangnya di-support pakai bra yang benar. Kalau misal mau olahraga pakai sport bra, jangan wired bra. Tapi sehari-hari tidak harus pakai bra kawat, yang penting bra bisa menopang dengan baik," ujar Fafa, Beauty Therapist Eva Beaute Center di Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 15 Oktober 2019.

5 dari 5 halaman

Cara Pakai Bra


Bra© Foto: Shutterstock

Menurut Fafa, payudara kendur disebabkan oleh usia dan perubahan bentuk tubuh yang ekstrem. Seperti kondisi pasca melahirkan dan menyusui serta diet ekstrem.

Pemakaian bra yang salah juga dapat menyebabkan pertumbuhan payudara tidak optimal. Pilih bra ukuran tepat dan pakai dengan cara yang dianjurkan.

" Ukuran huruf itu untuk cup, tapi kalau angka hanya menentukan lingkar badan. Saat memakai bra, angkat sedikit payudara dan lemak di sekitarnya. Pakai bra jangan terlalu ke bawah agar lebih menopang," jelasnya.

Beri Komentar