5 Hal yang Dapat Terjadi Ketika Berhenti Minum Kopi

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 15 Oktober 2021 18:12
5 Hal yang Dapat Terjadi Ketika Berhenti Minum Kopi
Apa saja dampaknya bagi kesehatan tubuh?

Dream - Meski rasanya pahit, kopi menjadi minuman favorit banyak orang di berbagai penjuru dunia. Seseorang bahkan bisa mengonsumsi lebih dari secangkir kopi dalam sehari.

Kebiasaan minum kopi seringkali diklaim dapat memberikan manfaat kesehatan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, kopi juga bisa memberikan dampak buruk.

Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memerhatikan jumlah kopi yang dikonsumsi agar tetap aman untuk tubuh. Dilansir Pure Wow, berikut hal yang dapat dialami jika kamu meminimalisir atau menghentikan kebiasaan minum kopi.

1 dari 4 halaman

1. Mengalami beberapa gejala kesehatan

Merasa Pusing© Shutterstock

Ketika kamu mengurangi jumlah kopi yang dikonsumsi secara drastis, tubuh akan mengalami sejumlah gejala fisik dan psikologis, seperti sakit kepala, kelelahan, atau mudah marah.

Gejala tersebut hanya berlangsung satu sampai tiga hari. Menurut penelitian di Universitas Wake Forest, minum kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit dan dapat memperlambat aliran darah sebanyak 27 persen. Ketika berhenti minum kafein, pembuluh darah tersebut akan kembali ke ukuran semula dan menimbulkan sakit kepala.

2 dari 4 halaman

2. Berkurangnya rasa cemas

Berdasarkan penelitian oleh peneliti di Pusat Psikologi Kerja dan Kesehatan Universitas Cardiff, dibutuhkan sedikitnya 150 miligram kafein (kira-kira satu cangkir kecil) untuk menimbulkan gejala kecemasan.

Secangkir kecil kopi tersebut dapat memicu meningkatnya detak jantung, rasa tidak nyaman, hingga panik. Dengan mengurangi bahkan berhenti minum kopi, perasaan cemas akan menghilang tanpa disadari.

3. Tidak merasa kelelahan

Salah satu tujuan utama seseorang minum kopi adalah untuk lebih merasa segar dan tidak mengantuk. Namun ternyata, kelebihan kafein sebenarnya dapat memiliki efek sebaliknya.

Vanessa Rissetto, MS, RD, CDN dan salah satu pendiri Culina Health mengungkapkan bahwa minum kafein tiga cangkir atau lebih dalam sehari bisa membuat seseorang lebih sering ke kamar mandi, menyebabkan dehidrasi, pusing, dan mengantuk.

3 dari 4 halaman

4. Bisa mengalami penurunan berat badan

Mengukur Berat Badan© Shutterstock

Hal ini berlaku jika kamu sering mengonsumsi kopi yang mengandung gula, susu, dan krimer. Kopi tanpa campuran apapun memiliki 5 kalori. Sedangkan ketika ditambah gula dan kandungan lainnya, kalorinya akan meningkat. Sehingga, bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Jadi jika kamu mengurangi atau menghentikan konsumsi kopi yang mengandung banyak gula, susu, atau krimer, berat badanmu bisa menurun.

4 dari 4 halaman

5. Kualitas tidur lebih baik

Tidur Nyenyak© Shutterstock

Kafein pada kopi dapat menyebabkan seseorang kesulitan tidur atau insomnia. Agar kualitas dan kuantitas tidur meningkat, kamu perlu mengurangi atau menghindari konsumsi kopi. Terutama, mendekati waktu tidur.

Laporan : Syifa Putri Naomi

Beri Komentar