5 Kebiasaan Sehat yang Tidak Boleh Dilakukan Berlebihan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Minggu, 16 Februari 2020 11:01
5 Kebiasaan Sehat yang Tidak Boleh Dilakukan Berlebihan
Apa saja?

Dream - Tren hidup sehat berhasil membuat banyak orang terdorong untuk menjadikannya sebagai kebiasaan. Tapi seperti hal lainnya, kebiasaan sehat yang berlebihan juga bisa membahayakan kondisi tubuh.

Gaya hidup sehat memang membuat kita jadi sedikit selektif dalam urusan asupan. Tentunya hidup sehat juga dibarengi dengan olahraga rutin.

Agar tak bertanya-tanya apakah gaya hidup sehat kamu berlebihan, mengutip Times of India, berikut 5 kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh jika dilakukan berlebihan.

Mengonsumsi Vitamin Dosis Tinggi

Pentingnya mengonsumsi multivitamin setiap hari masih menjadi perdebatan. Tapi, vitamin dosis tinggi bisa membahayakan kesehatan.

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin 4 kali lipat dari takaran harian, bisa menyebabkan kanker. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel normal bisa terganggu akibat konsumsi vitamin berlebih.

1 dari 4 halaman

Sering Menyikat Gigi

Sering menyikat gigi atau terlalu kasar saat melakukannya, bisa merusak enamel (lapisan terluar) gigi. Ini akan menyebabkan beberapa masalah gigi.

 Sikat gigi© shutterstock.com

Menurut sebuah penelitian, 10 atau 20 persen orang dewasa berpotensi mengalami kerusakan gigi akibat terlalu sering menyikatnya. Gunakan sikat gigi yang lembut dan gosok perlahan gigimu satu persatu.

2 dari 4 halaman

Makan Terlalu Banyak Serat

 

Meskipun tidak sampai 5 persen orang mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup per hari, tapi terlalu banyak serat bisa menyebabkan perut kembung.

 Makan© shutterstock.com

 

Jika ingin menambah asupan serat, mulailah dengan menambahkan 1 atau 2 porsi per hari. Kamu bisa memulai perubahan kecil seperti mengganti roti putih dengan gandum.

 

3 dari 4 halaman

Tidur Berlebihan

 Tidur © shutterstock.com

Mungkin, bisa tidur 7-8 jam bagimu adalah hal yang diimpikan dan sulit dicapai. Tapi, sebagian orang yang terlalu lama tidur justru berpotensi Alzheimer lebih besar 2 kali lipat.

Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah penelitian pada orang yang tidur selama 9 jam per hari, dan dibandingkan dengan yang tidur 7-8 jam.

4 dari 4 halaman

Olahraga

Tidak sedikit orang yang olahraga berlebihan. Padahal, olahraga berlebihan dan kurang istirahat bisa menyebabkan cedera atau bahkan kenaikan berat badan.

 Olahraga© shutterstock.com

Oleh karena itu, sisakan 1-2 hari untuk beristirahat dan kombinasikan olahragamu.

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup