5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Kerap Dilakukan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 23 Januari 2020 16:14
5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Kerap Dilakukan
Kamu suka lakukan yang mana, hayo...

Dream - Kondisi rambut seringkali memburuk saat musim hujan. Kerontokan, bercabang, kusut, hingga kering merupakan kondisi yang kerap terjadi.

Mungkin Sahabat Dream telah merawat rambut lebih ekstra. Tapi, tak jarang kita melakukan hal yang sebenarnya tidak dianjurkan dan bisa merusak rambut.

Dilansir Boldsky.com, berikut beberapa hal yang tidak seharusnya dilakukan dan bisa merusak rambut.

1 dari 6 halaman

Menyisir Rambut Basah

Rambut akan lebih lama mengering di musim hujan. Oleh karena itu, beberapa orang tidak bisa menunggunya dan menyisir rambut ketika basah.

Padahal, hal ini bisa membuat rambut patah dan rontok karena kulit kepala lebih rentan saat basah. Jadi sebelum menyisir, pastikan rambutmu telah mengering dan gunakan sisir yang tidak terlalu rapat.

shutterstock© shutterstock.com

Menggerai Rambut

Menggerai rambut akan membuatnya lebih banyak terkena cuaca dingin dan mengering. Akibatnya, rambutmu akan lebih mudah kusut. Tata rambutmu dengan cara diikat atau dikepang.

2 dari 6 halaman

Keluar Rumah dengan Rambut Basah

Keluar rumah saat rambut basah sama berbahaya dengan menyisirnya. Rambutmu akan mudah patah ketika terpapar udara dingin. Jadi, pastikan rambut telah mengering dan terikat ketika keluar rumah.

shutterstock© shutterstock.com

Terlalu Banyak Menggunakan Alat Penata Rambut

Alat penata rambut seperti hair dryer dan catokan akan membuatnya lebih cepat kering serta indah. Tapi, tampilan rambut yang indah tidak akan bertahan lama.

Kedua proses penataan rambut ini akan membuatnya kering dan rusak. Jadi, hindari penggunaan alat penata rambut dan keringkan atau tata rambutmu secara alami.

3 dari 6 halaman

Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat atau panas sangat berbahaya bagi kulit. Ini akan membuat kelembapan kulit kepala berkurang dan rambutmu akan mengering serta kusut.

shutterstock© shutterstock.com

4 dari 6 halaman

Tips Jitu Atasi Anak Rambut yang Mengganggu Penampilan

Dream - Menata rambut memang butuh perjuangan. Kamu tidak hanya sekadar mengubah bentuk atau memotongnya saja. Sahabat Dream juga perlu merapikan anak rambut yang seringkali muncul dan mengganggu penampilan.

Merapikan anak rambut ini tidak mudah. Perlu ketelatenan sekaligus kesiapan untuk merawatnyanya. 

Nah, berikut ini tips dan trik oleh penata rambut Justine Marjan yang dilansir dari Makeup.com, yuk simak!

Menjaga Kelembapan dan Kesehatan Rambut

Jika anak rambutmu mulai muncul dan rambut terasa kusut, mungkin hal tersebut disebabkan oleh cuaca dingin serta kering.

Menjaga kelembapan rambut adalah solusinya. " Cara mencegah munculnya anak rambut bergantung pada tipe dan tekstur, tapi secara keseluruhan, produk yang dapat melembapkan dapat memenuhi kebutuhanmu," katanya.

Gunakan sampo, conditioner dan masker rambut yang mampu melembapkan. Atau bersihkan rambutmu dengan cuka apel dan bilas menggunakan air dingin.

" Ini akan menutup lapisan kutikula dan mengatasi rambut patah" .

5 dari 6 halaman

Berhati-Hati Menggunakan Alat Penata Rambut

" Semakin panas alat penata rambut, semakin bagus hasilnya. Teori ini adalah mitos," ujar Marjan.

Rambut© shutterstock.com

 

Jika terlalu palas, alat penata rambut bisa menyebabkan kerusakan. Gunakan alat penata rambut yang tidak terlalu panas dan bisa mempertahankan gaya rambutmu.

6 dari 6 halaman

Memakai Hairspray


Hairspray© shutterstock.com

Jika sudah melakukan tips dan trik di atas namun anak rambutmu masih bermunculan, gunakan hairspray. Sisir rambut hingga rapi dan anak rambutmu tidak akan mengganggu penampilan.

Memilih Bahan Bantal dan Handuk

" Sarung bantal berbahan katun bisa menyebabkan rambut kusut dan bercabang ketika tidur," ungkap Marjan. Ia menyarankan memakai sarung bantal berbahan sutra agar kelembapan rambut tidak terserap dan menjaga gaya rambutmu.

Manfaat Sarung Bantal Berbahan Sutera untuk Kecantikan Rambut© MEN

Sedangkan untuk handuk, ia merekomendasikan bahan mikrofiber atau memakai bekas pakaian berbahan katun agar tidak terlalu kasar untuk mengeringkan rambut.

Beri Komentar