5 Manfaat Dark Chocolate bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Rabu, 10 Juli 2019 15:12
5 Manfaat Dark Chocolate bagi Kesehatan Tubuh
Hai pecinta coklat! Apakah kalian tahu dark chocolate sangat bermanfaat bagi tubuh? Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Coklat menjadi kudapan kesukaan banyak orang. Mulai anak kecil hingga orang dewasa, bahkan lanjut usia, suka camilan ini.

Coklat berasal dari biji kakao. Terdapat berbagai jenis coklat yang telah beredar di masyarakat. Namun, ada salah satu jenis coklat yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh loh Sahabat Dream.

Para ahli dalam penelitian menemukan bahwa dark chocolate mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Dr Norman Swan dari Unversitas Aberdeen dalam penelitiannya mengatakan bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat membantu menurunkan tekanan darah tanpa mengubah kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Penasaran kan dengan manfaat dark chocolate? Dream akan memberikan informasi mengenai manfaat dark chocolate bagi kesehatan tubuh. Yuk simak informasinya berikut ini:

1 dari 5 halaman

Manfaat Dark Chocolate: Mencegah Stres

Penelitian yang dilakukan oleh ACS’ Journal of Proteome Research menyatakan bahwa dengan mengonsumsi 1 ons dark chocolate per hari selama dua minggu bisa membantu meredakan stres yang sedang kalian alami.

Kandungan polyphenol yang ada di dalam dark chocolate itulah yang bisa meredakan stres yang sedang kalian alami. Bahkan, ada beberapa kandungan yang dapat membantu mencegah kalian untuk mengalami depresi. Kandungan tersebut meliputi sumber protein dari serotine, dopamine, dan phenylethylamine yang biasa disebut dengan neurotransmitter.

2 dari 5 halaman

Manfaat Dark Chocolate: Mengurangi Tekanan darah dan Kolestrol

Salah satu antioksidan yang terdapat di dalam dark chocolate mampu untuk mencegah stress loh Sahabat Dream. Kandungan antioksidan tersebut yaitu flavonoid yang dimana dapat membantu menghindari plak di dalam darah sehingga mampu mencegah tekanan darah menjadi meningkat.

Selain itu, flavonoid ini juga membantu untuk mencegah radikal bebas di dalam darah dengan menonaktifkannya. Dengan mencegah radikal bebas, bisa membantu menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam tubuh kalian loh.

Bahkan flavonoid mampu membantu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dengan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) yang dimana bisa melindungi kesehatan jantung kalian.

3 dari 5 halaman

Manfaat Dark Chocolate: Antioksidan dan Anti-Aging

Dark chocolate memang memiliki antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk membantu membebaskan radikal bebas dari dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel di dalam tubuh kalian. Selain itu, radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dalam proses penuaan dan penyebab utama penyakit kanker.

Kandungan vitamin A, B, dan E yang ada di dalam dark chocolate juga memiliki manfaat bagi kulit. Dengan kandungan tersebut mampu membantu memperlanjar aliran darah ke seluruh tubuh terutama di kulit. Mengkonsumsi dark chocolate secara teratur akan membantu memperlambat proses penuaan dan bisa membuat kulit tampak lebih bercahaya loh Sahabat Dream.

4 dari 5 halaman

Manfaat Dark Chocolate: Menjaga Berat Badan

Siapa sih yang inigin memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan keinginan? Hampir setiap orang pasti tidak ingin memiliki berat badan yang tidak ideal. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi makanan manis terutama coklat. Kalian salah satunya kan?

Eits tunggu dulu, dark chocolate itu mampu menjaga berat badan tetap stabil loh. Tidak percaya? Dark chocolate termasuk ke dalam golongan camilan sehat dengan tidak mempengaruhi jumlah kalori dan berat badan kalian. Namun harus diperhatikan ya, konsumsilah coklat yang berjenis dark chocolate yang dimana cenderung memiliki rasa pahit di dalamnya dan jangan terlalu berlebihan ya dalam mengkonsumsinya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Dark Chocolate: Memperbaiki Suasana Hati

Tahukah kalian bahwa dark chocolate bisa membalikkan suasana hati menjadi baik? Pasti sudah pernah membuktikannya kan? Dengan mengonsumsi dark chocolate bisa merangsang produksi endorphin di dalam tubuh.

Endorfin sendiri merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh secara alami dan mampu memberikan transmisi perasaan baik untuk otak. Selain itu, endorphin juga mampu membantu memperbaiki suasana hati kalian loh.

(Sumber: brilio.net)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara