5 Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 21 November 2020 06:05
5 Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kesehatan Fisik dan Psikis
Cukup mudah dipelihara dan bermanfaat bagi kesehatan.

Dream - Memelihara hewan merupakan salah satu kegiatan yang dianggap bisa mengatasi stres. Biasanya, hewan peliharaan yang diklaim dapat mengatasi stres adalah kucing dan anjing.

Namun sebenarnya hal itu berlaku bagi semua jenis hewan, termasuk ikan. Untuk mengetahui dampak baik memelihara ikan bagi kesehatan mental, berikut penjelasan yang dilansir dari Sehatq.com.

Menenangkan perasaan

Berdasarkan penelitian, melihat akuarium yang berisi air, batu karang dan ikan hias dapat menenangkan perasaan. Semakin banyak ikan yang terdapat di akuarium, efeknya akan semakin menenangkan.

Mengalihkan perhatian dari sumber stres

Kamu bisa melihat hewan peliharaan sebagai pengalih stres. Sehingga, kamu bisa menenangkan diri sejenak ketika bersama hewan peliharaan.

1 dari 6 halaman

Meningkatkan kualitas tidur

Tertidur© Shutterstock.com


Ketika merasa tenang berada di dekat hewan peliharaan seperti ikan, kamu juga akan lebih mudah tertidur nyenyak. Oleh karena itu, kamu sangat berpotensi mengalami peningkatan kualitas tidur ketika  memelihara ikan.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah dapat meningkat akibat produksi hormon kortisol yang terjadi saat stres. Ketika bersama hewan peliharaan, kamu bisa lebih tenang dan hormon kortisol pun menurun.

Sebaliknya, peredaran darahmu bisa lebih lancar akibat produksi endorfin yang disebabkan oleh perasaan bahagia ketika melihat ikan.

Simulasi visual dengan efek terapeutik

Melihat ikan di dalam akuarium dan mendengar suara air dapat mengalihkan stres, menenangkan, meningkatkan fokus maupun kreativitas. Sehingga, kemampuan otak pun meningkat.

(Sumber: Sehatq.com)

2 dari 6 halaman

Bu Guru Cantik Sukses Bisnis Ikan Cupang di Bekasi

Bu Guru Cantik Sukses Bisnis Ikan Cupang di Bekasi© Dream

Dewi memiliki pekerjaan sampingan menjadi pengusaha ikan cupang.

 

Dream - Menjajal dunia bisnis ikan menjadi salah satu hal yang menjanjikan, salah satunya bisnis ikan cupang.

Hal ini dibuktikan secara langsung oleh salah seorang perempuan cantik yang berprofesi sebagai guru. Bukan hanya menjadi guru, Dewi memiliki pekerjaan sampingan menjadi pengusaha ikan cupang.

Berkat ketekunan dan kerja kerasnya tersebut, ia pun berhasil mengembangkan bisnisnya hingga memiliki omset dengan nilai yang cukup fantastis.

Rupanya, ia memiliki strategi khusus yang dilakukan agar bisnis ikan cupang tersebut menjadi laku keras di pasaran. Berikut ulasannya:

3 dari 6 halaman

Ikan Dipajang Rapih

Dirangkum dari sebuah video berjudul ‘Ibu Guru Cantik Peternak Ikan Cupang di Babelan Bekasi’ yang tayang pada kanal YouTube Deeway Gembel, Dewi tampak memperlihatkan koleksi ikan cupang yang dijualnya kepada sang pemilik video.

Bu Guru Dew© Merdeka.com

Ditempatkan pada sebuah ruangan khusus di kediamannya di Bekasi, berbagai jenis ikan cupang yang kini banyak digemari oleh orang tersebut terlihat berjajar rapi dalam rak kayu yang cantik.

Bukan hanya itu, satu ekor ikan cupang pun juga mendapatkan akuariumnya masing-masing. 

 

4 dari 6 halaman

Harga Bervariasi

Tak heran perempuan cantik ini semakin getol mengembangkan bisnisnya untuk menjual ikan cupang. Sebab, harga dari berbagai jenis ikan cupang miliknya tersebut dapat mencapai hingga jutaan rupiah.

Meskipun demikian, ia juga tetap menjual ikan cupang dengan harga yang cukup murah yakni Rp50 ribu.

Bu Guru Dewi© Merdeka.com

“ Paling murah Rp50 ribu, paling mahal Rp7 jutaan. Nah memang di sini ada ikan cupangnya jenis apa saja?” tanya sang pemilik video.

“ Kebanyakan sih multicolor saja sih,” jawabnya.

5 dari 6 halaman

Dijual Hingga Tembus Rp8 Juta

Berbeda jenis dengan ikan cupang yang ia pajang rapi, kali ini ikan cupang berukuran kecil tersebut memiliki harga yang cukup fantastis. Untuk setiap 200 ekor, ikan cupang tersebut dapat bernilai hingga Rp8 juta.

Bu Guru Dewi© Merdeka.com

“ Nah, kalau yang di sini dijual enggak?” tanyanya.

“ Dijual. Untuk partai ini kalau mengangkut itu misal satu kolamnya ada 200 ekor, itu kita kasih harga Rp8 juta,” kata Dewi.

 

6 dari 6 halaman

Strategi Bisnis

Rupanya, Dewi memiliki strategi khusus untuk menjual ikan-ikan cupang tersebut. Meski dapat berkunjung ke tokonya, pelanggan juga dapat mendapatkan ikan cupang secara online.

Dewi menjelaskan bahwa ia juga berjualan di media sosial seperti Instagram.

Bu Guru Dewi© Merdeka.com

“ Beli offline orang datang bisa, tapi Instagram sih biasanya,” jelasnya.

Beri Komentar