5 Masalah Emosi yang Bisa Timbulkan Penyakit, Kontrol yuk!

Reporter :
Kamis, 12 September 2019 06:48
5 Masalah Emosi yang Bisa Timbulkan Penyakit, Kontrol yuk!
Beberapa penyakit fisik yang kerap kambuh, bisa jadi penyebab utamanya adalah masalah emosi.

Dream - Tubuh kita sangat mudah bereaksi dalam hal apapun, termasuk ketika berhubungan dengan emosi. Saat kita tidak dapat melepaskan energi negatif, kondisi tersebut dapat berujung kepada masalah fisik.

Semakin sering kita mengekspresikan emosi, akan semakin jarang pula terkena penyakit. Untuk itu, kesehatan mental adalah hal utama. Bahkan, beberapa penyakit fisik yang kerap kambuh, bisa jadi penyebab utamanya adalah masalah emosi.

Simak penjelasan di bawah ini agar Sahabat terhindar dari masalah kesehatan akibat emosi yang terpendam.

1 dari 5 halaman

Takut Sebabkan Alergi dan Infeksi Kulit

Beberapa penelitian menyatakan alergi berhubungan dengan kesehatan mental. Eczema, demam tinggi, dan asma dapat disebabkan dari gangguan mental. Seseorang mungkin menderita alergi selama bertahun-tahun dan tidak tahu penyebabnya, dan ternyata karena rasa takut dan gelisah yang begitu tinggi.

 Saat Anak Mengeluh Gatal, Jangan Digaruk!

Gejala asma dan infeksi kulit dapat disembuhkan dengan mengurangi faktor psikososial. Psikososial sendiri adalah perkembangan yang berkaitan dengan emosi atau mental seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

2 dari 5 halaman

Obsesi Bisa Sebabkan Masalah Berat Badan

Masalah dengan berat badan dapat dipengaruhi dari obsesi atau kekhawatiran kita terhadap kekurangan yang kita miliki.

 Menurunkan Berat Badan

Banyak hal dalam diri kita yang seringkali membuat khawatir. Seperti kerutan wajah, payudara kecil, dan kekurangan lainnya.

3 dari 5 halaman

Stres Picu Masalah Pencernaan

Lambung kita dikontrol oleh sistem yang kompleks. Stres dalam hidup dapat memodulasi rangsangan dan menyebakan reaksi yang tak diinginkan. Peradangan di lambung dapat terjadi karena adanya pertarungan pada perasaan.

 Mengenal PCOS, Penyebab Sulit Hamil Hingga Depresi

Ketika kita menolak mengatasi masalah emosi dalam diri, makaterjadilah permasalahan fisik. Hal tersebut merupakan reaksi agar otak menyadari bahwa kita memiliki permasalahan yang harus diselesaikan.

4 dari 5 halaman

Tak Menghargai Diri Sendiri Sebabkan Migrain

 Stres Dapat Picu Stroke dan Serangan Jantung


Mengkiritik diri sendiri, rendahnya kepercayaan diri, dan rasa takut di dalam diri adalah faktor yang dapat menyebabkan kekhawatiran dan stres bersamaan. Akibatnya, memunculkan perasaan dipermalukan dan terkucilkan.

5 dari 5 halaman

Depresi Bisa Datangkan Penyakit Jantung

Depresi dan kecemasan yang berkelanjutan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Gangguan depresi juga dapat memicu terjadinya masalah jantung kronis.

Jantung yang berpicu cepat akibat kecemasan dapat menyebabkan masalah jantung.

 Studi: Orang yang Kerja saat Akhir Pekan Lebih Rentan Depresi

Cara mengatasinya adalah cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog. Temukan akar permasalahan emosi yang sedang dihadapi. Lakukan meditasi, memaafkan diri sendiri dan lepaskan stres.

Perlu diingat bahwa kita tidak boleh menghakimi diri sendiri dan orang lain untuk menghindari stres berlebih. Ada baiknya juga untuk sesekali tidak peduli kepada urusan orang lain.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila/ Sumber: Brightside

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen