5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satunya

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Jumat, 5 Juli 2019 13:13
5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satunya
Siapa sih yang tidak pernah mengalami masalah jerawat? Yuk kenali penyebab jerawat yang harus kalian ketahui.

Dream Jerawat merupakan salah satu masalah kullit yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak?

Jerawat mampu membuat penampilan menjadi kurang menarik. Apalagi dengan kemunculan jerawat yang berulang kali, tentu saja itu membuat kulit wajah kalian menjadi tidak halus.

Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Folikel rambut sendiri merupakan tempat tumbuhnya rambut.

Kondisi ini akan memunculkan bintik-bintik merah pada bagian tubuh seperti misalnya di bagian wajah, leher, punggung, bahkan hingga dada sekalipun.

Mengatasi jerawat tentu saja tidak mudah. Butuh beberapa waktu, tenaga bahkan uang untuk bisa mengatasi jerawat itu.

Namun, dengan membeli produk perawatan wajah yang mahal belum tentu bisa mengatasi jerawat dengan cepat. Itu bisa dikarenakan kebiasaan kalian yang menjadi faktor munculnya jerawat.

 Ilustrasi Komedo dan Jerawat

Untuk itu, dalam mengatasi dan mencegah jerawat kalian harus mengetahui beberapa penyebab jerawat itu sendiri.

Dengan mengetahui penyebab jerawat, kalian bisa mengubah pola kebiasaan menjadi lebih baik. Berikut informasi mengenai penyebab jerawat. Simak informasinya berikut ini:

1 dari 5 halaman

Sering Menyentuh Wajah

 5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satu Faktornya Loh!

Penyebab jerawat yang pertama adalah terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kalian. Ini merupakan faktor penyebab jerawat yang sering dialami oleh sebagian besar orang.

Perlu diingat dan diketahui, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi sumber bakteri dan kuman.

Dengan menyentuh wajah secara langsung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu membuat bakteri dan kuman yang ada ditangan menempel di wajah.

Bakteri dan kuman itu nantinya akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

Selain menyentuh wajah dengan tangan, terdapat beberapa benda yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Benda-benda ini pun juga sering bersentuhan dengan wajah kalian seperti handphone dan alat make up loh Sahabat Dream. Bahkan keringat bisa menjadi penyebab jerawat pada wajah kalian.

Untuk mengatasinya, jangan biasakan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Sahabat Dream harus selalu rajin membersihkan tangan menggunakan tisu basah, menggunting kuku, serta mencuci tangan secara teratur.

Selain itu, sebaiknya kalian juga harus memperhatikan kebersihan benda-benda berkontak fisik dengan wajah seperti handphone, alat make up, lap wajah serta handuk yang kalian pakai.

2 dari 5 halaman

Rambut yang Kotor

 5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satu Faktornya Loh!

Apakah kalian tahu bahwa rambut yang kotor juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat? Rambut yang bau dan lepek mampu menyalurkan kotoran yang ada di kepala pada wajah kalian.

Dengan kotoran yang menempel di kulit wajah tersebut mampu membuat timbulnya jerawat pada wajah.

Sebaiknya lakukan secara rutin membersihkan rambut. Sahabat Dream bebas ingin membersihkan rambut dengan keramas dalam waktu setiap hari, dua hari sekali ataupun satu minggu sekali.

Terlepas dari berapa sering kalian keramas, yang paling penting adalah tetap menjaga rambut selalu bersih.

Bagi kalian yang memiliki rambut tipis, panjang dan berponi sebaiknya melakukan keramas secara rutin agar kotoran di kepala tidak menumpuk. Jangan pernah menggunakan produk khusus rambut untuk membersihkan dahi kalian juga.

3 dari 5 halaman

Cara Mencuci Wajah Salah

 5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satu Faktornya Loh!

Berbagai macam produk pembersih wajah yang telah beredar sebenarnya bukan jaminan untuk mendapatkan kulit yang bersih.

Mengapa demikian? Produk pembersih mungkin memang bisa mengangkat kotoran pada wajah, namun ada beberapa hal yang bisa kotoran tersebut tetap dan tidak hilang dari wajah kalian.

Salah satu penyebab jerawat adalah cara mencuci wajah yang salah. Pastikan selalu untuk mencuci tangan sebelum kalian mencuci wajah.

Bagi yang menggunakan make up dalam kegiatan sehari-hari, pastikan juga untuk membersihakn make up terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

Untuk mengetahui cara mencuci wajah yang baik dan benar, kalian bisa lihat informasinya di Dream.co.id.

Selain menjaga kebersihan tangan, pastikan juga untuk emmperhatikan kebersihan handuk atau kain yang digunakan untuk mengeringkan wajah.

Ingat, jangan pernah mengeringkan wajah dengan cara menggosok wajah terlalu kuat. Kalian cukup mengusap wajah secara pelan dan lembut.

4 dari 5 halaman

Terlalu Sering Mencuci Wajah

 5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satu Faktornya Loh!

Salah satu cara mencegah timbulnya jerawat adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah.

Sebagian besar wanita memilih untuk membersihkan wajah dengan mencuci muka terlalu sering. Eits tunggu dulu, Tahukah kalian bahwa sering mencuci wajah bisa menyebabkan jerawat?

Nah, dengan terlalu sering mencuci wajah juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat loh Sahabat Dream.

Hal itu dikarenakan kulit wajah menjadi mudah iritasi dan akan semakin sensitive sebab dengan mencuci wajah terlalu sering nantinya akan mengganggu produksi minyak alami pada wajah.

Minyak alami itu sangat bermanfaat bagi kulit wajah sebab mampu melindungi dan melembapkan wajah.

Sahabat Dream hanya perlu mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari. Kalian bisa menggunakan segala macam sabun khusus wajah yang dimana harus disesuaikan juga dengan jenis kulit kalian.

Tentu saja kalian juga harus menggunakna air yang benar-benar bersih untuk membilas sabun wajah tersebut. Bagi kalian yang memiliki jenis kulit berjerawat, hindari sabun wajah yang mengandung scrub di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Stress

 5 Penyebab Jerawat, Tangan Salah Satu Faktornya Loh!

Stress juga merupakan salah satu penyebab jerawat yang sering kali kalian alami. Tanpa kalian sadari, banyaknya pikiran yang membuat kalian stress bisa memicu timbulnya jerawat loh.

Sebuat studi menunjukkan bahwa stress dapat memicu jerawat untuk menjadi lebih buruk atau parah dari sebelumnya.

Pada saat kalian mengalami stress, sebagian besar orang akan melakukan kebiasaan buruk yang dimana hal itu bisa menjadi penyebab jerawat.

Kebiasaan buruk tersebut seperti misalnya merokok, minum alkohol, konsumsi makanan manis terlalu banyak serta makan terlalu banyak juga.

(ism, Sumber: hellosehat.com)

Beri Komentar
Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa