5 Tips Agar Badan Tetap Fit Saat Puasa

Reporter : Putu Monik Arindasari
Selasa, 6 April 2021 06:45
5 Tips Agar Badan Tetap Fit Saat Puasa
Terkadang tubuh terasa lemas dan tidak fit saat sedang berpuasa. Kondisi ini menyebabkan ibadah kita jadi tak maksimal.

Dream - Bulan Ramadan datang sebentar lagi. Berpuasa jadi ibadah wajib yang harus dijalankan oleh umat Muslim saat bulan suci ini.

Namun terkadang tubuh terasa lemas dan tidak fit saat sedang berpuasa. Kondisi ini menyebabkan ibadah kita jadi tak maksimal.

Agar tubuh tetap fit saat berpuasa, ada 5 tips singkat yang bisa kamu lakukan.

Menyambut Ramadan 2021© Shutterstock

Hindari Makanan Ini Saat Sahur

Kondisi begah serta dehidrasi yang terjadi saat menjalankan ibadah puasa tentu sangat mengganggu.

Agar terhindar dari dua kondisi ini kamu disarankan untuk tsk memghidangkan makanan asin, makanan berminyak, dan junk food sebagai hidangan saat sahur.

Menyambut Ramadan 2021© Shutterstock

Kafein ternyata jadi zat yang harus dihindari saat sahur. Zat ini berpotensi membuat tubuhmu mengalami dehidrasi dan kelehana saat menjalankan ibadah puasa.

1 dari 1 halaman

Agar Tetap Fit Saat Puasa

Konsumsi Banyak Air Putih

Mengonsumsi banyak air putih harus dilakukan saat menjalankan ibadah di bulan suci ini. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi delapan gelas air putih saat sudah berbuka puasa.

Menyambut Ramadan 2021© Shutterstock

Waktu Tidur dan Istirahat yang Cukup

Rasa sakit kepala sering menyerang saat menjalankan ibadah puasa. Untuk mencegah sakit kepala yang memberikan rasa tak nyaman pada tubuhmu, kamu harus memiliki waktu tidur serta istirahat yang cukup.

Menyambut Ramadan 2021© Shutterstock

Makan yang Cukup Saat Berbuka

Berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu. Setelah menahan lapar dan haus seharian kamu tentu ingin menikmati banyak hidangan lezat saat berbuka, namun mengonsumsi terlalu banyak makanan berpotensi membuat perutmu begah.

Agar terhindar dari rasa begah dan dapat beristirahat dengan nyaman, konsumsilah makanan secukupnya serta jangan terlalu cepat kekika mengunyah makanan.

(Sumber: fustany.com)

Beri Komentar