6 Cara Mencegah Kebotakan Rambut Secara Alami

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 11 November 2019 18:47
6 Cara Mencegah Kebotakan Rambut Secara Alami
Yuk ikuti caranya berikut ini!

Dream - Masalah kepala yang paling ditakuti kaum Adam dan Hawa adalah kebotakan. Apalagi banyak orang menganggap rambut sebagai mahkota. Penampilan terasa lebih cantik atau tampan jika memiliki rambut. 

Namun seiring usia, rambut akan mengalami kerontokan. Perlahan-lahan kepala kita menjadi botak. Namun apa jadiny ajika rambut botak sebelum waktunya. Apakah kebotakan rambut bisa diobati?

Selain dengan bahan-bahan alami, masalah kebotakan juga bisa diatasi dengan bantuan teknologi. Seperti terapi PRP (Platelet-Rich Plasma), transplantasi rambut dan micro-needling.

shutterstock© shutterstock.com

Karena itu, kamu perlu tahu tanda-tanda kebotakan sebelum mengalaminya sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Kamu juga perlu tahu cara mencegah kebotakan secara alami agar tidak makin kehilangan banyak rambut.

Perlu kamu ketahui, kebotakan tidak datang secara tiba-tiba. Kebotakan bisa dikendalikan selama itu masih dalam tahap awal.

1 dari 7 halaman

Beberapa Tanda Kebotakan yang Perlu Diwaspadai

Kebotakan memang jadi masalah yang sangat dihindari, terutama kaum pria yang selalu menjaga penampilannya. Masalah kebotakan ini bahkan bisa mengganggu kondisi psikologis seorang pria jika tidak segera ditangani.

Dr Gaurang Krishna, ahli bedah transplantasi rambut di Medlinks, mengatakan ada beberapa tanda kebotakan yang perlu diwaspadai.

Tanda-tanda kebotakan itu di antaranya garis rambut yang makin mundur ke belakang, menipisnya helai rambut dan munculnya petak-petak botak di kepala.

2 dari 7 halaman

Cara Mencegah Kebotakan Secara Alami

Dilansir dari Times of India, Dr Gaurang Krishna membagikan tips cara mencegah kebotakan secara alami.

Menurutnya, ada 6 cara mencegah kebotakan secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Mengetahui Tanda Awal Kebotakan

Salah satu tanda-tanda awal kebotakan adalah menipisnya helai rambut secara berkala. Ketika rambut mulai terlihat jarang dan tidak lebat seperti dua atau tiga minggu belakangan, maka saatnya kamu mulai khawatir.

Segera datang dan konsultasi ke dokter ahli terdekat.

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Asupan Gizi

Ingatlah jika apapun yang kamu makan bisa berdampak pada kesehatan rambut. Karena itu sertakan selalu makanan yang kaya protein dan nutrisi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kekurangan vitamin A, C, D serta zat besi dan biotin bisa memperlambat proses pertumbuhan rambut. Jika tidak menjaga asupan gizi dalam makanan, bisa mengakibatkan kebotakan di kemudian hari.

shutterstock© shutterstock.com

4 dari 7 halaman

3. Mengonsumsi Suplemen

" Diet kita biasanya kurang banyak mengandung nutrisi dan protein. Menambahkan beberapa suplemen dapat membantu memperkuat rambut yang sudah ada," kata Dr Gaurang.

shutterstock© shutterstock.com

Suplemen seperti biotin, seng, kalsium, vitamin D, serta asam lemak Omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Namun ingat, tiap orang memiliki nutrisi dan proteinnya berbeda. Karena itu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi berbagai macam suplemen untuk mengatasi penipisan rambut.

5 dari 7 halaman

4. Jangan Tertipu dengan Obat Penumbuh Rambut

Jauhi produk penumbuh rambut seperti minyak dan serum yang mengklaim bisa menumbuhkan, menebalkan serta memperkuat rambut.

" Molekul minyak terlalu besar untuk menembus kulit kepala. Minyak dan serum ini hanya mengondisikan batang rambut dan malah membuat kulit kepala terlihat makin mengkilap," katanya.

“ Tapi minyak pijat bisa membantu meningkatkan aliran darah sampai batas tertentu, yang mungkin dapat menyehatkan kulit kepala," tambahnya lebih lanjut.

6 dari 7 halaman

5. Mengurangi Stres

Percaya atau tidak, stres bisa menjadi faktor utama terjadinya kebotakan. Hormon yang dilepaskan oleh tubuh di bawah tekanan dapat merusak siklus pertumbuhan rambut.

Cobalah untuk meminimalkan stres dengan bermeditasi, berolahraga dan mempertahankan pola makan yang baik.

shutterstock© shutterstock.com

7 dari 7 halaman

6. Mengganti Produk Perawatan Rambut

Jika rambut rontok lebih dari biasanya, kamu mungkin perlu mengganti sampo. Ada banyak produk obat rambut, yang bisa mencegah masalah kerontokan.

Juga, pastikan kamu keramas secara teratur tapi tidak terlalu sering. " Tergantung pada jenis rambutnya, seseorang harus membatasi keramasnya hingga 2-3 kali seminggu," pungkasnya.

shutterstock© shutterstock.com

Beri Komentar