6 Cara Mengelola Stres Karena Pandemik Covid-19

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 1 Oktober 2020 19:12
6 Cara Mengelola Stres Karena Pandemik Covid-19
Stres menghadapi pandemik Covid-19 hal wajar. Kamu bisa mengatasinya dengan menerapkan 6 langkah ini

Dream - Pandemik Covid-19 tak hanya jadi cobaan bagi para pasien atau keluarga yang terpapar. Masyarakat yang terpaksa menjalani aktivitas dari rumah juga bisa rentan stres.

Menjalani masa pandemik Covid-19 memang membutuhkan kekuatan lahir dan batin. Mengikuti anjuran pemerintah, kita senantias disiplin menjalankan program 3M berupa memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak saat berada di luar ruangan.

Tiga sikap disiplin diri itu sudah terbukti mengurangi potensi tertular Covid-19. Masker minimal dua lapis bisa membantu kita terhindar dari paparan droplet dari orang lain yang mungkin terpapar Covid-19 namun tanpa gejala.

Dengan mencuci tangan di air mengalir dengan sabun, kita bisa memastikan jika partikel kecil yang menempel di tangan bisa ikut mati sehingga tak terbawa ke dalam rumah.

Setelah disiplin menjalani 3M, kini saatnya kita mempelajari stres di tengah kehidupan baru ini. Kesehatan mental ini turut menjadi perhatian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lewat kampanyenya melalui sosial media, WHO memberikan lima tips bagaimana menghadapi stres selama wabah Covid-19 sedang melanda. Yuk kita pelajari agar hati tetap tenang dan pastinya jauh dari stres.

 

1 dari 2 halaman

1. Hal Normal Merasa Cemas

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah meyakinkan pada diri sendiri jika perasaan sedih, stres, bingung, takut atau marah saat pandemik Covid-19 adalah hal normal dan lumrah.

Berbicaralah dengan teman yang kamu percaya untuk membantu melalui cobaan ini. Hubungi teman atau kerabat kamu.

2. Tetap terapkan gaya hidup sehat

3 Cara Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Tapi Sering Diabaikan!© MEN

Jika kamu harus tinggal di rumah, usahakan untuk tetap menjalani gya hidup sehat dengan cara melakukan diet sehat, tisur yang cukup, berolahraga.

Kamu juga masih bisa berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau orang terkasih menggunakan email atau telepon.

3. Cara Jalan Keluar yang Benar

Jangan pernah berpikir untuk meminum alkohol, merokok, atau obat-obatan untuk mengatasi masalah emosionalmu.

Jika sedang merasa tak nyama, berkonsultasilah dengan tenaga medis atau psikolog. Buat rencana kemana kamu akan pergi dan bagaimana mencari bantuan penanganan kesehatan fisik dan mental jika dibutuhkan.

2 dari 2 halaman

4. Cari Fakta yang Benar

Selama Pandemik Covid-19 banyak informasi hoaks yang menyebar lewat sosial media atau aplikasi pesan WhatsApp. Berita itu terkadang bisa membuatmu stres.

Untuk menghindari dari korban hoaks, mulailah mencari sumber informasi terpercaya dari WHO atau instansi kesehatan setempat

5. Cari Hiburan

Batasi kekhawatiran dan kecemasan dengan berkumpul bersama keluarga. Kmau bisa menonton film bareng atau mendengarkan media yang bisa membangkitkan mood dan semangatmu.

6. Latih Lagi Skill yang Sempat Tertunda

Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Tanpa Menjahit© MEN

Dengan waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah, kamu bisa mulai membuka lagi alat menjahit, menggambar, ataupun peralatan lain yang bisa melatih kembali keahlian kamu. Aktivitas ini diharapkan bisa membuat kamu bisa mengelola emosi semasa pandemik Covid-19.

Nah, kalau kamu mulai merasa stres dengan kondisi saat ini, tak ada salahnya kan mencoba salah satu resep di atas tadi. Semoga bermanfaat.

(Sah, Sumber: WHO)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar